MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Masuk Ke Tampilan BIOS ( Basic Input Output System ) di Laptop Sony Vaio E-Series

BIOS ( Basic Input Output System ) biasa kita gunakan ketika hendak melakukan proses instalasi ulang pada komputer maupun laptop, melalui BIOS kita bisa melakukan konfigurasi yang diinginkan sebelum melakukan proses instal ulang pada komputer maupun laptop kita selain itu BIOS juga bisa memberikan informasi yang bermanfaat tentang keadaan Komputer ataupun laptop kita. 


Jika pada Komputer biasanya kita hanya perlu menekan tombol Del ( delete ) untuk masuk ke tampilan Basic Input Output System ( BIOS ), lalu bagaimana jika hal tersebut ingin kita lakukan pada laptop bermerk seperti Sony Vaio E-Series? , tidak sedikit orang masih kebingungan tentang cara masuk ke tampilan BIOS pada laptop Sony Vaio E-Series ini. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa rekan saya yang menekan tombol delete berkali-kali seperti pada komputer umumnya, ada juga yang menekan tombol F2 , bahkan ada yang menekan tombol F2 dan delete ( Del ) secara bersamaan tanpa berhenti selama 10 menit. 

Padahal sebenarnya tidak serumit itu namun untuk Sony Vaio E Series ini memang memiliki sebuah tombol "khusus" untuk masuk ke tampilan BIOS tersebut.

Sedikit informasi, BIOS sendiri terdapat 3 komponen didalamnya yaitu : 

  • BIOS Setup
  • Driver
  • Bootstraper program
Dan ada beberapa macam BIOS diantaranya : 
  • AMI BIOS
  • Phoenix BIOS
  • AWARD BIOS
Dan yang paling umum digunakan oleh komputer maupun laptop kebanyakan saat ini adalah AMI BIOS. 


Lalu bagaimana sih caranya masuk pada menu BIOS ini di Laptop Sony Vaio E Series? saya yakin bagi sobat yang punya laptop Sony Vaio E Series ini ada yang sudah tahu, bahkan belum tahu kan cara masuk BIOS nya ... sebelum itu saya bahas dulu apa itu manfaat BIOS

Manfaat dari BIOS ( Basic Input Output System )

Bagi sebagian akan TKJ / Teknik Komputer dan Jaringan saya yakin tidak begitu asing mendegar kata BIOS bukan?, Bios sendiri memiliki manfaat salah satunya : 

  1. Agar Bisa masuk ke proses Booting, karena ketika hendak melakukan instal ulang kita harus melakukan setting dulu dengan media apa kita akan melakukan instal ulang, entah itu Flashdisk ataupun dengan CD Drive / DVD Drive. 

Cara Masuk ke Tampilan BIOS di Laptop SONY VAIO E-SERIES

Nah, ini yang paling ditunggu-tunggu sebenarnya sangatlah mudah dan simple untuk masuk ke menu BIOS di laptop Sony Vaio E Series ini, hanya cukup dengan menekan 1 tombol ... yup 1 tombol saja yang perlu ditekan oleh sobat yang hendak melakukan booting / masuk ke menu BIOS pada laptop sobat. 

Caranya adalah dengan menekan tombol "ASSIST" yang terdapat pada bagian keyboard di laptop sobat, tepatnya di pojok kanan atas keyboard atau berdekatan dengan tombol VAIO dan WEB. 

Jika masih kurang jelas sobat bisa melihat foto berikut ini ... 



Dapat dilihat dengan jelas pada gambar diatas menu "ASSIST " bersebelahan dengan tombol WEB dan juga VAIO. 

Cukup menekan tombol tersebut selama beberapa detik, maka akan langsung masuk ke dalam tampilan BIOS dan anda pun bisa melakukan konfigurasi sesuai keinginan 

Nah, bagaimana sobat? mudah bukan untuk bisa masuk ke menu BIOS di Laptop Sony Vaio E Series ini? semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi untuk menambah wawasan sobat seputar ilmu komputer maupun tekonologi :) selamat mencoba :) 


Share This Article :
Muhammad Pujo Raharjo

Seorang anak muda yang punya hobi menulis, travelling dan berbagi informasi berdasarkan pengalaman pribadi sehingga bermanfaat untuk orang lain

4571795084962316914