MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Smartphone / HP Yang Lemot Dengan Mudah

Smartphone ( telepon pintar ) merupakan gadget yang wajib di genggam oleh seluruh masyarakat saat ini, kecanggihannya bisa membantu akfititas manusia dalam kegiatan sehari-hari seperti melihat navigasi dalam aplikasi maps, membantu menghitung dalam kalkulator dan masih banyak lagi kecanggihan smartphone masa kini yang bisa membantu aktivitas manusia. 


Namun, ada saatnya dimana sebuah smartphone justru menjadi penyebab kejengkelan karena tidak berjalan seperti biasanya / sebagaimana mestinya, smartphone sendiri saat ini di design bervariasi sesuai dengan spesifikasi masing-masing pabrikannya. 

Yang Terbaru dan popular hadir dari produk Oppo, yaitu Oppo F9 yang bisa juga disebut sebagai smartphone kelas atas dengan kapasitasnya yang luar biasa. 

Pernahkah anda mengalami masalah pada smartphone anda? misalnya bekerja sangat lambat, not responding, dan sebagainya? hal itu sering disebut juga sebagai trouble pada smartphone, dan sebagian besar orang menyebutnya dengan istilah "lemot" karena bekerja sangat lambat dan terkadang tidak bisa diandalkan. 

Lalu apakah ada caranya mengatasi Smartphone / HP yang lemot? 

jawabannya ada, tapi tidak menjamin akan bekerja secara maksimal pada semua smartphone. 

Berdasarkan pengalaman pribadi dan menurut hasil pengamatan ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sebuah smartphone menjadi lambat secara performa diantaranya : 

3 Penyebab Smartphone Lemot


  1. Terlalu Banyak Aplikasi, terlalu banyak aplikasi pada sebuah smartphone, namun tidak seimbang dengan kapasitasnya, membuat smartphone tidak akan bekerja secara maksimal karena setidaknya sebuah smartphone sendiri membutuhkan ruang untuk bisa bekerja, layaknya manusia yang baru saja makan dan kekenyangan, tidak enak bukan rasanya? begitupun dengan smartphone yang butuh ruang untuk bekerja.
  2. Terserang Virus, Virus sendiri bisa saja menyerang sebuah smartphone tanpa disadari, virus pun bisa menyebabkan smartphone kita menjadi lemot bahkan bisa menyebabkan kerusakan. 
  3. Kapasitas RAM yang Kecil, RAM yang kecil pada smartphone membuat smartphone tidak bisa bekerja secara maksimal, bisa diambil contoh jika anda punya android kelas low yang memiliki RAM 512 MB, rasanya akan sangat sulit untuk bisa bekerja secara maksimal

lalu bagaimanakah caranya mengatasi smartphone lemot? setidaknya ada usaha yang perlu dilakukan, bukan? berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi smartphone / hp yang lemot dengan mudah. 

Cara Mengatasi Smartphone / HP Lemot Dengan Mudah

  • Hapus aplikasi tidak penting, pernah mendownload beberapa aplikasi dalam 1 waktu namun jarang digunakan? ada baiknya anda menghapus aplikasi yang sekiranya tidak berguna, karena dengan demikian akan memberikan ruang lebih pada memori internal pada smarpthone anda. 
  • Pasang Antivirus, memasang antivirus adalah langkah yang efektif untuk memproteksi smartphone anda dari ancaman virus-virus jahat yang sewaktu-waktu bisa saja menyebabkan kerusakan pada smarpthone, penyakit lemot adalah salah satunya. 
  • Rajin Membersihkan Cache, layaknya manusia yang setelah makan harus cuci piring begitupun dengan smartphone yang wajib dibersihkan cache nya secara teratur, baik itu 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali, ada manfaatnya dari membersihkan cache tersebut, selain mengirit memori internal, membersihkan cache secara teratur juga akan memberikan kebebasan yang lebih bagi smartphone dan bisa meminimalisir terjadinya "lemot" pada smartphone.
3 Cara diatas adalah cara yang saya lakukan pada smartphone saya ( Lenovo A6000 ) dan terbukti work, namun saya belum berani menjamin bahwa ke 3 cara diatas akan bekerja juga pada smartphone lainnya. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
Share This Article :
Muhammad Pujo Raharjo

Seorang anak muda yang punya hobi menulis, travelling dan berbagi informasi berdasarkan pengalaman pribadi sehingga bermanfaat untuk orang lain

4571795084962316914