MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Hardisk Penuh Ampuh

Cara Mengatasi Hardisk Yang Penuh Dengan Ampuh

Pernahkah anda mengalami yang namanya "Hardisk Penuh" entah kenapa tiba-tiba hardisk anda penuh dengan sendirinya ? Jika anda pernah mengalami itu maka hal itu wajar-wajar saja. Karena hardisk bisa penuh diakibatkan oleh file-file sampah, atau cache aplikasi yang ada pada device anda. Lalu bagaimana caranya mengatasi hal tersebut ?

1. Hapus Cache dan Kosongkan Recycle Bin

Anda harus menghapus cache yang ada pada device anda sendiri, setelah itu kosongkan recycle bin agar semuanya terhapus. Untuk lebih jelas perhatikan langkah-langkah berikut :
  • Tekan tombol Windows + R / masuk ke menu search lalu ketikkan "run" dan setelah itu ketikkan lagi pada run "%temp%.
  • Setelah mengetikkan perintah diatas, anda akan dibawa ke menu Library / File Explorer dan akan tertera file-file cache yang tidak berguna. Tugas anda sekarang adalah hanya menghapus semua file-file tersebut lalu kosongkan recycle bin. Namun jika ada file yang tidak bisa dihapus maka biarkan saja / skip.
  • Lakukanlah hal yang sama seperti langkah-langkah diatas namun ubah perintah yang tadinya "%temp%" menjadi "temp" saja dan hapus kembali file-file yang terdapat pada device anda.

2. Gunakan Advanced System Setting

Cara diatas mungkin hanya bisa mengkosongkan beberapa GB / ratusan MB saja. Maka dari itu, cobalah gunakan Advanced System Setting dengan cara :
  • Masuk ke tampilan hardisk anda pada library / file explorer. Setelah itu, klik kanan This PC / My Computer lalu klik properties.
  • Lalu anda akan menuju Control Panel, dan klik pada Advanced System Setting. Maka akan muncul kembali jendela "System Properties" setelah itu, klik pada bagian menu / tab "System Protection" - pilih hardisk yang ingin dikosongkan - klik configure.
  • Jika cara diatas sudah dilakukan, maka anda hanya perlu menghapus / delete saja sesuai yang anda butuhkan. Namun, untuk hati-hati anda bisa menghapus sesuai yang tertera pada sistem saja.

3. Gunakan Aplikasi Pembersih Seperti CCleaner

Cara alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi untuk pembersih memori seperti "CClenaer". Caranya cukup mudah anda hanya perlu memindai / scan menggunakan aplikasi tersebut lalu setelah itu, anda hapus semua file yang sudah terpindai.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi hardisk yang penuh, semoga bermanfaat !. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini atau baca artikel yang lain untuk menambah pengetahuan anda.
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 2 komentar:

4571795084962316914