MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Fitur Wireless atau Wifi yang Mati ( Off ) di Laptop Sony Vaio E Series

Menggunakan Laptop dalam kehidupan sehari-hari memang sangat membantu setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia, menggunakan perangkat yang satu ini bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap pengguna nya, namun ada saatnya dimana laptop tidak berfungsi secara optimal seperti biasanya, sebut saja dengan istilah trouble, namun setiap trouble tentu saja punya solusinya. 


Seperti pada kasus kali ini, dimana saya akan coba membantu sedikit berbagi pengalaman saya tentang Cara Mengatasi Fitur Wireless atau Wifi yang Mati ( Off ) di Laptop Sony Vaio E Series. 

Saya yakin anda saat ini sedang mencari solusi ini bukan?, ketika hendak menghubungkan laptop sony vaio ke sebuah jaringan hotspot tetapi tiba-tiba fitur wireless yang ada tidak berfungsi dan tidak bisa menangkap sinyal. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? , ada beberapa cara yang bisa anda lakukan mulai konfigurasi pada menu-menu tertentu, sampai mengotak-atik pada bagian keyboard yang ada, langsung saja akan saya bahas lengkap disini. 

Pastikan Driver Sudah Terinstal pada Laptop

Faktor paling utama biasanya adalah driver, pastikan driver wireless pada laptop anda sudah terinstall dengan benar ( tidak ada tanda seru kuning ) , setelah itu pastikan juga dalam keadaan enabled , jika kurang jelas mari kita lihat gambar berikut



Pastikan settingan pada lapotp sony vaio e series anda seperti pada gambar diatas ( dalam kondisi turn on / menyala ). 

jika sudah lanjut ke langkah berikutnya ... 

Atur Konfigurasi pada Menu Network and Sharing Center

Disini juga sama, ketika sudah masuk kita harus memastikan kondisi wireless nya juga dalam keadaan enabled / on , agar lebih enak silahkan lihat gambar berikut ya













nah jika sudah mengikuti langkah disamping, dipastikan kondisi Wifi dalam keadaan On ya, lalu apakah sudah selesai? belum masih ada 1 langkah lagi. 









Ketika semua cara sudah dilakukan diatas, ini adalah langkah pamungkas nya ( kunci nya ) , "Kalau ini langkah kunci kenapa tidak langsung dibahas"? karena ada pepatah mengatakan "sedia payung sebelum hujan" , memastikan lebih dahulu tidak salah bukan? 

Nyalakan Tombol Wireless / Wifi pada Hardware Laptop

Jujur, saya pun sempat bingung dan sudah mencoba beberapa cara ketika mencoba memperbaiki masalah ini, sampai akhirnya saya menemukan sebuah tombol "Rahasia" yang menyelesaikan masalah ini, mungkin pada laptop lain saya selalu mencari pada menu antara F1-F12 tetapi tidak ada tanda maupun gambar sinyal yang pada laptop lain bisa dikombinasikan dengan tombol FN. 

Berbeda dengan laptop lain, laptop Sony Vaio E Series memiliki tombol khusus yang menyelesaikan masalah ini, letaknya berada di bawah ( tepat di bawah touchpad laptop ) posisi nya sejajar dengan lampu indikator baterai laptop, silahkan lihat gambar berikut dan perhatikan.

Nah, ini dia ternyata sumber dari masalahnya ... saya yakin pasti ada yang mengalami hal yang sama ketika kita tidak sadar menggeser atau mungkin tergeser tombol kecil ( wireless ) tersebut ketika kita sedang membereskan atau merapihkan laptop kita, ternyata cukup diegeser tombol nya kesebelah kanan agar fitur wireless pada laptop Sony Vaio E Series ini kembali hidup. 

Selamat mencoba :) 

Share This Article :
Muhammad Pujo Raharjo

Seorang anak muda yang punya hobi menulis, travelling dan berbagi informasi berdasarkan pengalaman pribadi sehingga bermanfaat untuk orang lain

Click here for comments 2 komentar:

4571795084962316914