MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Yang Hampir Habis di Laptop

Memori penyimpanan atau memori internal yang ada pada laptop lebih dikenal dengan sebutan Harddisk merupakan sebuah media penyimpanan yang abadi yang terdapat di setiap komputer maupun laptop,  Harddisk ( HDD ) ini biasanya berbentuk atau termasuk sebagai hardware atau perangkat keras dimana berposisi di tengah-tengah CPU berdampingan dengan Power Supply, Prosessor dan Headsing ( pendingin ).


Komputer maupun laptop memang membutuhkan ruang atau space yang besar untuk menyimpan berabgai data yang kita simpan didalamnya, tapi terkadang media penyimpanan yang ada bertanda merah atau darurat alias penuh, tidak jarang mau tidak mau kita harus menghapus beberapa aplikasi yang ada didalamnya.

Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Yang Hampir Habis di Laptop tanpa harus kita menghapus aplikasi yang sudah terinstall didalamnya, bagaiamana caranya? ... 

Sebelumnya kita bahas dulu ya apa saja sih yang bikin memori yang ada pada Komputer maupun Laptop itu penuh? 

Penyebab Penuhnya Penyimpanan Memori di Komputer / Laptop.

Ada beberapa hal yang bisa membuat laptop atau komputer kita tidak memiliki ruang ( space ) dalam penyimpanan, faktor utamanya adalah : 

  • Sampah Cache, tidak jauh beda dengan android atau smartphone, laptop ataupun komputer terakadang memiliki sampah cache yang harus rajin dibersihkan, layaknya membersihkan rumah, cache pun minimal harus dibersihkan 1 minggu sekali.
  • FIle Sampah, Pernah menghapus file yang kamu anggap tidak penting lagi?, yakin file itu benar-benar terhapus? nah, jika kamu yakin kamu salah karena kamu sebenarnya belum menghapus file yang tidak terpakai itu secara utuh alias masih menyimpan salinan nya, nanti kita bahas dibawah ya.
2 Faktor utama yang biasanya tidak kita perhatikan ya sobat, selain itu masih ada beberapa hal lainnya seperti Terlalu banyak aplikasi di Laptop ataupun Komputer yang menyebabkan tidak keseimbangan antara penyimpanan dan file besar yang ada di laptop maupun komputer yang kamu punya.

Cara Mengatasi Ruang Memori Penyimpanan Yang Penuh di Laptop atau Komputer

Tenang aja, untuk kamu yang laptop atau komputernya terutama memori penyimpanannya penuh, tips  berikut rasanya bisa diaplikasikan agar bisa sedikit memberikan kebebasan bernafas bagi laptop atau komputer kamu ya. 


Hapus atau Remove Semua File Sampah di Recycle Bin

Recycle Bin? saya yakin tidak semua orang yang punya laptop maupun komputer sering membuka aplikasi ini, silahkan simak ke point nomor 2 diatas tentang file sampah , diatas saya mengatakan kalau file yang kamu hapus itu sebenarnya belum benar-benar terhapus alias masih menyimpan salinannya. 

Nah, salinannya itulah yang masih tersimpan di Rcycle Bin, biasanya file yang kamu hapus tidak langsung hilang tetapi masih tersimpan di Recyle bin , menghapus file-file yang ada di Recycle bin bisa kamu lakukan untuk memberikan ruang lebih banyak untuk memori penyimpanan kamu, kamu bisa 

File diatas merupakan file sampah yang masih menempel di Recylce bin, kamu bisa hapus semuanya ketika dirasa sudah tidak lagi dibutuhkan, dengan demikian bisa memberikan raung lebih banyak untuk laptop maupun komputer kamu. 

Melakukan Disk Cleanup 

Cara kedua, sederhana namun bisa membantu laptop atau komputer mu supaya lebih bebas penyimpanannya dengan melakukan Disk Cleanup bisa setidaknya membantu membersihkan HDD ( Harddisk ) yang penuh. 

Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke Partisi Harddisk yang ingin dibersihkan, kemudian klik kanan , lalu propertis dan kemudian tekan tombol Disk Cleanup.


Setelah menakan tombol Disk Cleanup, silahkan cek memori atau ruang yang ada pada partisi harddisk kamu. 


Cara Ampuh Agar Harddisk Tidak Penuh

Cara terakhir yang tentunya sangat ampuh, kamu harus menghapus beberapa file besar yang dianggap tidak terlalu dibutuhkan, hanya pasang aplikasi yang sesuaai dengan kebutuhan kamu saat ini. 

Gunakan Harddisk Tambahan



Buat kamu yang gak mau pusing otak atik ini itu, tapi kamu punya modal kamu bisa membeli Harddisk tambahan di toko komputer atau laptop terdekat, harga bervariasi tergantung spesifikasi yang kamu butuhkan, Harddisk tambahan ini disebut juga dengan  Harddisk Eksternal , jadi si Harddisk tidak menyatu dengan komponen lainnya di motherboard atau CPU kamu, begitupun pada laptop. 

Karena mekanisme kerja si Harddisk Eksternal ini diluar, jadi kamu hanya perlu memasangkan kabel USB ( Universal Serial Bus ) pada slot USB yang tersedia di laptop atau komputer kamu.


Nah diatas merupakan Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Yang Hampir Habis di Laptop

Semoga apa yang ditulis diatas bisa bermanfaat dan tentunya menjadi referensi buat kamu yang sedang berusaha membersihkan memori di Laptop atau Komputer kamu ya, selamat mencoba :) 


Share This Article :
Muhammad Pujo Raharjo

Seorang anak muda yang punya hobi menulis, travelling dan berbagi informasi berdasarkan pengalaman pribadi sehingga bermanfaat untuk orang lain

4571795084962316914