MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Perkenalan, Apa Itu Debian ?

Apa Sih Debian Itu ?

Apa itu Debian ?

Mungkin anda sedang dituntut untuk belajar yang namanya debian ? atau mungkin anda sedang belajar mempelajari sistem operasi ini dengan keinginan anda sendiri ? Baiklah hal itu bukanlah masalah. Namun, jika anda ingin mempelajari debian alangkah baiknya anda membaca terlebih dahulu sekilas tentang Apa Sih Debian Itu ?

Menurut Wikipedia debian adalah : sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. 


Saya yakin, pasti anda masih bingung dengan penjelasan seperti itu. Secara singkatnya, Debian itu sebuah sistem operasi F/OSS (Free/Open Source Software) atau  jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Debian biasanya digunakan sebagai server karena memiliki keamanan yang cukup dan dimana didalamnya dapat mengkonfigurasi berbagai macam fitur. Dimulai dari, Samba, SSH, Mail Server, Web Server, Proxy, VPN dsb. Oleh karena itu, debian menjadi sistem operasi terpopuler terutama di kalangan para pelajar Indonesia. Selain tata cara konfigurasi yang mudah debian juga tidak terlalu berat untuk dijalankan dengan spesifikasi komputer / laptop yang rendah.

Debian juga mendukung fitur GUI (Graphic User Interface) dan text mode. Dimana umumnya jika digunakan untuk server lebih disarankan menggunakan text mode agar lebih ringan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan :

  • Sistem yang ringan membuat komputer dengan spesifikasi rendah dapat menjalankannya
  • Proses instalasi yang mudah
  • Open Source / Sumber Terbuka, dimana debian ini dikembangkan oleh para sukarelawan dan dapat dikembangkan lagi dan dapat dimodifikasi lagi tanpa adanya larangan
  • Gratis
  • Cross Platform yang dapat dijalankan oleh hampir semua komputer

Kekurangan :

  • Cukup dalam keamanan, meskipun masih terkalahkan oleh FreeBSD atau Red Hat
  • Update versi debian yang cukup lama dari pihak perilis
  • Sistem operasi yang cukup tua
Meskipun demikian, debian ini tetap menjadi sistem operasi yang "Human Friendly" dan paling populer diantara sistem operasi lainnya terutama di Indonesia.

Nantikan artikel selanjutnya, banyak artikel beredar tentang debian di internet namun pada web ini akan membahas tutorial tentang debian dari awal sampai akhir dengan tuntas. Diiringi penjelasan yang detail dan disertai gambar disetiap langkahnya.

Jangan lupa untuk berlangganan dengan memasukkan email pada kotak widget yang tertera agar tidak ketinggalan informasi dan ilmu terbaru.
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 4 komentar:

  1. Bagus sih cuma satu bagi yang awam bisa2 krg paham tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja, nanti Bakalan dijelasin secara detail jadi pembaca gak akan kebingungan dan tau maksud Dari perintah yang diketik.

      Delete
  2. ditunggu artikel selanjutnya...

    ReplyDelete
  3. cara instal debian dong kakak caranya whhe

    ReplyDelete
4571795084962316914