MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

[Ampuh] Cara Mengatasi Insert Media : Some Files Are Missing... Pada Windows 7/8/8.1/10

Cara Mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing..." Pada Windows 7/8/8.1/10


Apakah anda baru saja mencoba untuk recovery pc / laptop anda ? Namun dalam proses untuk recovery nya malah muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Well, ini bukanlah masalah yang baru untuk pengguna Windows, terutama untuk pengguna Windows 8, 8.1. dan 10.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya media atau bootable untuk melanjutkan proses tersebut. Alhasil proses recovery windows menjadi tidak bisa dilanjutkan. Lalu kira-kira bagaimana cara mengatasinya ?

Baca Juga : Cara Mengatasi Error 0xc00007b Pada Windows 7/8/8.1/10

Cara Mengatasi

Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." adalah dengan cara berikut :

  1. Pastikan anda memiliki OS (Operating System) yang berbentuk ISO atau dalam bentuk CD
  2. Setelah itu, anda bisa mengunduh sebuah aplikasi yang bernama WinCDEmu dan anda bisa mendapatkannya dengan klik link ini → Download WinCDEmu dan jangan lupa untuk install aplikasi tersebut
  3. Lalu lakukan proses mount dengan menggunakan WinCDEmu dengan cara, klik kanan pada file ISO Windows anda → klik Open With → pilih WinCDEmu
  4. Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 8, 8.1 dan 10.
  5. Maka akan muncul sebuah tab baru dan jangan lupa centang kotak "Keep drive after restart" dan klik OK
  6. Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 8, 8.1 dan 10.
  7. Sekarang anda bisa menuju This PC / Device and drivers untuk cek apakah file sudah menjadi virtual drive, jika sudah ada tampilan seperti gambar di bawah maka Windows sudah bisa membaca file Bootable untuk proses recovery 
  8. Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 8, 8.1 dan 10.
  9. Masuk ke menu Update and recovery → Recovery → dan coba kembali untuk memulihkan pc anda. Disini saya sebagai contoh memilih "Refresh your PC without affecting your files"
  10. Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 8, 8.1 dan 10.
  11. Setelah itu, Windows sudah bisa membaca file Bootable maka pesan error tadi sudah tidak akan muncul lagi dan anda bisa kik Next untuk melanjutkan
  12. Cara mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 8, 8.1 dan 10.

Itulah caranya mengatasi error "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Pada Windows 7/8/8.1/10. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar orang lain memiliki pengetahuan yang sama...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

4571795084962316914