MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Asalnya


Bagaimana caranya memperkecil ukuran video atau bisa disebut juga kompres tapi tanpa menurunkan kualitas aslinya ? Hal ini seringkali ditanyakan oleh banyak orang. Artikel ini membahas masalah tersebut dengan singkat yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Handbrake.

Menurut Wikipedia Handbrake adalah transcoder gratis dan open-source untuk file video digital, awalnya dikembangkan pada tahun 2003 oleh Eric Petit untuk membuat ripping film dari DVD ke perangkat penyimpanan data lebih mudah. Sejak itu, telah mengalami banyak perubahan dan revisi. HandBrake tersedia untuk Linux, macOS, dan Windows.

Nah tahun 2003 Handbrake ini digunakan untuk ripping film namun karena perkembangannya akhirnya dimanfaatkan untuk memperkecil / kompres ukuran video dengan tidak mengubah kualitasnya.


Cara memperkecil ukuran video namun tetap HD

  • Pertama anda harus mengunduh dan menginstall Handbrake terlebih dahulu. Bisa didapatkan disini : Download Handbrake
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan pilih video yang akan diperkecil ukurannya. Dengan cara, klik source → open file
  • Jika sudah memilih video yang akan di kompres maka selanjutnya anda tinggal klik browse → pilih lokasi video kompres → isikan nama video → save
  • Selanjutnya, klik start
  • Tunggu sampai selesai dan terakhir lihat video anda jangan lupa bandingkan dengan ukuran video aslinya
Mudah bukan ? sekarang anda tidak perlu khawatir untuk ukuran video yang besar karena dapat diperkecil dengan Handbrake dan tentunya kualitas videopun tidak menurun. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang lain yang mendukung untuk kompres ukuran video namun menurut saya pribadi Handbrake yang terbaik karena selain ringan Handbrake juga mudah untuk digunakan.

Jangan lupa untuk berkomentar jika terdapat kesulitan. Terimakasih...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 1 komentar:

4571795084962316914