MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Inilah Cara Install Ulang Windows Tanpa Kehilangan Data dan Tidak Perlu Backup

Cara Install Ulang Windows Tanpa Kehilangan Data

Cara install ulang Windows tanpa menghapus atau kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi.

Cara install ulang Windows tanpa menghapus data-data penting dan tidak perlu backup. Mungkin banyak yang berpikir bahwa hal ini tidak bisa dilakukan karena yang namanya install ulang itu memulai atau mereset semuanya dari awal. Namun, hal itu merupakan pemikiran yang salah. Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Bahkan dalam hal ini kita tidak perlu masuk ke BIOS terlebih dahulu untuk melakukan konfigurasi dan proses ini biasanya hanya berlangsung sekitar 15-25 menit saja tidak seperti install ulang biasa yang memakan waktu cukup lama.

Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi. Namun, sayang sekali bahwa fitur ini hanya tersedia pada Windows 7, 8, 8.1, dan 10 dan tidak mendukung di bawah versi Windows tersebut.

Harap dipahami bahwa di sini saya menggunakan Windows dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, langkah-langkah dibawah akan menggunakan bahasa Inggris juga.


Bagaimana Caranya ?

Cara install ulang tanpa menghapus data-data penting dan tidak perlu backup bisa dilakukan dengan cara :
  1. Pertama, masuk ke menu PC Settings → Update and recovery → Recovery untuk anda pengguna Windows 7 anda bisa masuk langsung ke Control Panel → All control panel items → Recovery
  2. Cara install ulang Windows tanpa menghapus atau kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi.
    Menu untuk Windows 8/8.1/10
    Cara install ulang Windows tanpa menghapus atau kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi.
    Menu untuk Windows 7


  3. Kedua, anda bisa klik Get Started pada fitur Refresh / Refresh your PC without affecting your files. Baca Juga : Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Mudah
  4. Ketiga, maka akan muncul pesan seperti berikut 
  5. Cara install ulang Windows tanpa menghapus atau kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi.
  6. Keempat, jika yang muncul adalah pesan "Insert Media : Some Files Are Missing. Your Windows Installation or recovery media will provide these files." Anda bisa kunjungi link ini → Cara Mengatasi "Insert Media : Some Files Are Missing..." Pada Windows 7/8/8.1/10
  7. Kelima, setelah klik Next anda bisa klik Refresh dan tunggu sampai proses selesai. 
  8. Cara install ulang Windows tanpa menghapus atau kehilangan data-data penting dan tidak perlu backup. Hal ini bisa dilakukan karena Microsoft sudah menyediakan fitur yang namanya "Refresh your PC without affecting your files". Pada fitur ini kita bisa melakukan install ulang tanpa menghapus data-data penting. Seperti, projek kerja, dokumen, musik, video dan masih banyak lagi.
  9. Keenam, setelah proses Refresh PC selesai jangan lupa untuk install driver atau perangkat-perangkat menggunakan Driver Pack yang bisa anda dapatkan disini → Download Driver Pack
  10. Selesai

Jika selesai coba anda lihat kembali apakah file seperti dokumen, musik, video, dan data-data lainnya hilang ? Kemungkinan yang hilang hanyalah file-file yang bukan bawaan dari Windows itupun jika anda meletakan file-file tersebut pada lokasi C adapun pada hardisk lain kemungkinan tidak akan hilang hanya saja untuk jaga-jaga anda bisa backup seperlunya saja. Namun, tetap saja untuk berkas-berkas projek tidak akan hilang meskipun disimpan pada lokasi C dan anda tidak usah melakukan backup secara keseluruhan tidak seperti install ulang pada umumnya yang memang benar-benar mengembalikan semuanya tanpa ada yang tersisa.

Pertanyaan  yang sering ditanyakan...

  • Saya mencoba untuk recovery PC setelah restart otomatis yang muncul adalah "There was a problem resetting your PC no changes were made" bagaimana cara mengatasinya ?
  • Apakah file-file downloadan akan hilang ? 
    • Kemungkinan beberapa akan hilang namun sebagian tidak. Pastikkan anda membackup aplikasi-aplikasi yang menurut anda penting saja
  • Akankah pengaturan kembali ke default ?
    • Ya, semua pengaturan Windows akan kembali ke asalnya
  • Apakah semua driver hilang atau hanya sebagian saja ?
    • Semua akan hilang oleh karena itu pastikkan menginstall driver yang lengkap dan tepat

Jangan lupa untuk berkomentar jika ada hal yang tidak dipahami. Semoga bermanfaat...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 11 komentar:

  1. Infonya sangat jelas dan mudah dimengerti, ane jd paham hehe, walaupun sebelumny lupa, tp setelah baca ini jd paham:)

    ReplyDelete
  2. Wah pas banget nih , pc udh terasa berat banget dan ada niatan pengen install ulang tapi ga ngerti :D

    monggo mampir di blog-asikhd.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo PC udh kerasa lambat bisa pake Cara ini yang lebih efektif. Kecuali kalo emg mau total bersih bisa pake reset PC / install ulang manual. Thanks udh berkunjung...

      Delete
    2. Saya mau tanya mas, kalau install manual (reset) prosesnya 8% terus mas, abis itu blue screen lagi, itu memang ga bisa di install manual ya mas?

      Delete
  3. Ini gk perlu disk/ kaset mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu Karena file iso itu sudah mewakili kaset dalam bentuk fisik.

      Delete
  4. terimakasih caranya mudah dimengerti...

    ReplyDelete
  5. kok di windows 7 ultimate gk ada option buat refresh data ya gan? adanya cuman buat system restore, gk kayak gambar diatas yg ada pilihan refresh or reset?? bisa dibantu gk ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak semua versi Windows 7 bisa melakukan fitur refresh tersebut. Jika boleh tahu apa versi Windows 7 yang Anda gunakan ?

      Delete
4571795084962316914