Bagaimana cara mengatasi error 0xc000007b atau "The application was unable to start correctly (0xc00007b)." pada windows 7/8/8.1/10 dengan mudah.
Bagaimana cara mengatasi error 0xc000007b "Application was unable to start correctly” pada Windows 7/8/8.1/10 ? baiklah hal ini seringkali ditanyakan bagi pengguna Windows dikarenakan tidak dapat membuka sebuah aplikasi atau menjalankan sebuah game. Sekarang jika Anda sedang membaca tulisan ini maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena pada artikel ini akan dibahas tuntas sampai masalah tersebut dapat diselesaikan.

Sebenarnya hal ini umum terjadi dan Anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena tidak akan terlalu berdampak pada komputer Anda. Hanya saja beberapa program kemungkinan tidak bisa dibuka. Lalu kira-kira apa sih penyebabnya ?

Penyebab Error 0xc000007b

Error kode 0xc000007b umum terjadi pada semua versi Windows dan hal ini biasanya disebabkan oleh :
  • Driver yang tidak lengkap
  • Bit program / komputer yang tidak cocok
  • Masalah pada .NET Framework
  • Aplikasi atau program yang tidak kompatibel
  • Beberapa files penting yang terhapus oleh virus
5 hal diatas merupakan penyebab-penyebab utama yang membuat pesan "The application was unable to start correctly (0xc00007b)." Click OK to close the application" muncul. Sebetulnya masih banyak lagi penyebabnya hanya saja tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

Berikut adalah cara mengatasi error 0xc000007b "Application was unable to start correctly” di Windows 7, 8, 8.1, dan 10:


1. Perbaiki File yang Rusak

Anda bisa coba untuk memindai aplikasi atau program yang akan dijalankan menggunakan antivirus. Virus yang ada pada program dapat merusak tatanan file di dalamnya. Saya sarankan Anda untuk menggunakan antivirus yang memiliki fitur sangat lengkap seperti Kaspersky, Avast, dan MalwareBytes. 

Selain itu, saya sarankan juga Anda untuk membaca dokumentasi lengkap yang dibuat oleh Microsoft di sini.

2. Jalankan Program Dalam Mode Administrator

Terkadang, error seperti ini muncul dikarenakan tidak tersedianya hak akses untuk aplikasi yang sedang dijalankan. Dalam hal ini, silakan Anda jalankan aplikasi dalam mode administrator. Lebih lengkapnya perhatikan urutannya di bawah:
  1. Klik kanan pada aplikasi yang akan dijalankan.
  2. Kemudian klik Run as Administrator.
  3. Nanti akan muncul jendela baru silakan klik Yes.
Apabila metode ini belum berhasil lanjut ke metode selanjutnya.

3. Perbarui .NET Framework

.NET Framework juga bisa menjadi penyebab pesan error ini muncul pada Windows. Oleh karena itu, memperbarui .NET Framework ke versi terbaru mungkin dapat menyelesaikan masalah ini.

Anda bisa ikuti langkah di bawah ini untuk menginstall .NET Framework ke versi terbaru:
  1. Pergi ke Control Panel.
  2. Masuk ke Program and Features.
  3. Kemudian klik Turn Windows features on or off yang ada di sebelah kiri.
  4. Silakan klik kotak kecil pada .NET Framework 3.5 kemudian klik OK.
  5. Perbarui .NET Framework
Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu proses pembaruan .NET Framework selesai. Apabila sudah, Anda bisa coba menjalankan program Anda kembali dan lihat apakah error masih muncul atau tidak.

4. Perbarui File System Dengan AIO Driver Package

  1. Anda harus mengunduh sebuah Driver Package yang bernama AIO Driver Package. Anda bisa mendapatkannya dengan mengklik link ini → Download AIO Driver Package
  2. Silakan ekstrak file tersebut.
  3. Jalankan aplikasi yang bernama aio-runtimes.exe (jangan lupa jalankan sebagai administrator)
  4. Ceklis semua komponen yang terdapat pada aplikasi tersebut lalu klik install.
  5. Perbarui File System Dengan AIO Driver Package
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan coba jalankan program Anda kembali kemudian coba lihat hasilnya.

5. Update File DLL

Memperbarui file DLL untuk memperbaiki error 0xc000007b sebenarnya agak sedikit rumit. Metode ini juga dapat mengganti file bernama xinput1_3.dll di dalam drive C. File ini bisa saja menjadi rusak atau ditimpa dengan versi yang lain hingga akhirnya menyebabkan error ini terjadi. Untuk memperbaiki masalah tersebut, ikuti instruksi di bawah ini.
  1. Unduh DLL Files pada link ini → Download DLL Files dan jangan lupa untuk ekstrak file-nya terlebih dahulu.
  2. Setelah file berhasil diekstrak, copy semua file di dalamnya dan paste ke lokasi C:\Windows\System32.
  3. Coba jalankan kembali program Anda dalam mode administrator.

6. Perbarui atau Instal Ulang DirectX

Jika beberapa metode di atas tidak berfungsi, memperbarui / menginstal ulang DirectX adalah pilihan yang tepat untuk Anda coba setelahnya. Silakan merujuk pada tuatan berikut untuk menginstal ulang DirectX: http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=35.

Silakan Anda unduh file-nya kemudian jalankan dan instal seperti biasa. Apabila proses instalasi sudah selesai, Anda bisa reboot PC/komputer Anda.

7. Instal Ulang File yang Rusak

Saya sendiri pernah mencoba hal ini dan ternyata berhasil. File yang saya unduh rusak ketika proses pengunduhan berlangsung. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada instal ulang program ini.
  • Anda bisa coba untuk menghapus file yang bermasalah terlebih dahulu kemudian menginstalnya kembali menggunakan file setup yang sama.
  • Anda harus menghapus file yang error beserta file setup nya juga kemudian Anda unduh file baru dari internet.
Rata-rata poin kedua memiliki persentase keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan yang pertama. Namun saya sarankan Anda untuk mencoba poin pertama terlebih dahulu. Apabila tidak berhasil, barulah melanjutkannya ke poin kedua.

Adapun untuk menghapus program dari laptop/komputer Anda bisa ikuti cara yang dijelaskan berikut:
  1. Pergi ke Control Panel > Programs > Programs and Features > Uninstall a program.
  2. Instal Ulang File yang Rusak
  3. Cari file yang akan dihapus.
  4. Klik Uninstall/Change yang terdapat di bagian atas Control Panel.
  5. Ketika file berhasil dihapus dengan sempurna, silakan restart komputer Anda.
  6. Jika komputer sudah menyala kemali Anda bisa mencoba untuk menginstal file yang error tadi.
  7. Jalankan file untuk memastikan apakah pesan error berhasil diatasi atau tidak.

8. Jalankan Perintah CHKDSK untuk Memindai HDD Komputer

CHKDSK adalah perintah / command line yang berfungsi untuk memindai error pada hard drive komputer Anda dengan mudah. Ketika hard drive sedang bermasalah, maka file yang ada di dalamnya satu atau beberapa juga akan mengalami masalah salah satunya yang dibahas pada artikel ini. 

Solusinya Anda harus segera men-scan harddisk Anda pada command prompt dengan perintah CHKDSK yang bisa dilihat pada artikel ini: Memperbaiki HDD Dengan CHKDSK di poin kedua.

9. Hapus dan Instal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, error ini sering berkaitan dengan Microsoft Visual C ++. Anda hanya perlu menghapus instalan Microsoft Visual C ++ Redistributable yang terpasang pada komputer Anda kemudian Anda dapat menginstalnya kembali. Silakan Anda ikuti caranya di bawah:
  1. Pergi ke Control Panel > Programs > Programs and Features > Uninstall a program.
  2. Hapus dan Instal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable
  3. Hapus file Microsoft Microsoft Visual C ++ Redistributable - x86 (jika komputer Anda 32-bit) dan Microsoft Microsoft Visual C ++ Redistributable - x64 (jika komputer Anda 64-bit).
  4. Jika Anda menghapus kedua versi tersebut Anda bisa mengunduh file lengkapnya di sini.
  5. Jalankan dan pasang Visual C ++ seperti biasa dan jika sudah Anda bisa memulai ulang komputer Anda.

10. Update Windows

Update Windows memang menjadi pilihan yang bisa Anda coba. Bisa saja dengan versi Windows yang sedang Anda gunakan versinya tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi yang bermasalah tersebut.
  1. Silakan masuk ke PC Settings.
  2. Selanjutnya pilih Update and Recovery.
  3. Pilih menu Wndows Update.
  4. Klik Check for Updates untuk memulai pembaruan Windows. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil.
  5. Update Windows
Catatan: Cara yang dijelaskan di atas menggunakan Windows versi 8.1. Pada versi yang lain caranya sama saja hanya mungkin tahapannya yang sedikit berbeda.

11. Jalankan Program Dalam Compatibility Mode

Dalam beberapa kasus, compatibility mode dapat menyelesaikan masalah ini. Jika memang program tidak didukung untuk dijalankan pada Windows 10 maka Anda bisa mengubahnya ke versi yang lebih rendah menggunakan mode ini. Silakan ikuti instruksi di bawah:
  1. Klik kanan pada program yang akan dijalankan.
  2. Klik menu Properties kemudian klik Compatibility.
  3. Jalankan program pada versi Windows selain versi yang sedang digunakan dan jangan lupa untuk menjalankannya dalam mode admin.
  4. Jalankan Program Dalam Compatibility Mode
  5. Selanjutnya cukup klik Apply lalu klik OK.

12. Pasang File Libvlc.dll

Cara ini khusus apabila program yang tidak dapat dijalankan adalah VLC. Jika program yang bermasalah bukan VLC silakan Anda lewati cara ini.
  1. Download file libvlc.dll.
  2. Copy file-nya kemudian paste di C:\Windows\System32.
  3. Restart PC Anda dan jalankan VLC kembali untuk mengecek apakah error masih ada.

13. Install Ulang Windows

Cara ini sangat dijamin ampuh dalam mengatasi berbagai masalah yang ada. Apabila Windows Anda pernah terinfeksi virus atau adanya kerusakan, maka cara ini sangat disarankan untuk dicoba. Sebelum menginstal ulang Windows secara penuh, Anda bisa coba fitur Refresh PC yang mana Windows akan terinstal seperti baru namun tidak menghapus file-file penting alias tidak perlu backup.

Untuk caranya bisa dilihat di sini: Cara Refresh PC.

Itulah cara mengatasi error 0xc000007b yang umum terjadi pada windows 7, 8, 8.1, dan 10. Jangan sungkan untuk berkomentar jika ada hal yang tidak dimengerti dan untuk memberi kritik serta saran agar bisa menulis dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat...