MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi File exe yang Tidak Bisa Dibuka Pada Windows

Cara Mengatasi File exe yang Tidak Bisa Dibuka Pada Windows 7/8/8.1/10

Bagaimana cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada Windows baik pada Windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri yang menyebabkan shortcut menjadi tidak bisa dibuka. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.

Hal ini bahkan sudah pernah dijelaskan oleh Microsoft sendiri, bahwa yang paling umum terjadi adalah karena adanya virus dan perubahan registry sehingga sistem tidak dapat membaca file yang berkestensi exe. Artikel ini akan membahas cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada Windows.


Bagaimana Cara Mengatasi File exe yang Tidak Bisa Dibuka ?

Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada Windows adalah dengan cara berikut...
  1. Buka registry editor dengan mode administrator atau bisa dengan menekan Windows + R dan ketikkan regedit.
  2. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  3. Masuk ke HKEY_CLASSES_ROOT → .exe setelah itu klik kanan default dan klik Modifiy dan ubah value data menjadi exefile kemudian klik OK.
  4. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  5. Aanda bisa mencari lagi HKEY_CLASSES_ROOT → exefile setelah itu klik kanan default dan klik Modifiy dan ubah value data menjadi "%1" %* dan klik OK.
  6. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  7. Lakukan hal yang sama seperti no 3 hanya saja pada HKEY_CLASSES_ROOT → exefile → shell → open.
  8. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  9. Mulai ulang PC anda.
Jika cara di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah maka anda bisa coba cara kedua di bawah.

Baca Juga : Cara Agar Flashdisk Bisa Menyimpan File Besar

Cara Kedua

  1. Tekan CTRL + ALT + DELETE dan pilih Task Manager. Kemudian klik File → Run new task dan ketikkan lagi cmd kemudian notepad. Sehingga anda akan membuka 2 aplikasi yaitu cmd dan notepad.
  2. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  3. Kedua, copy kode di bawah ini dan paste ke notepad.
    1. Windows Registry Editor Version 5.00

      [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]

      [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe]

      [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithList]

      [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.exe\OpenWithProgids]
      "exefile"=hex(0):
  4. Klik File → Save as ubah menjadi All Files & Unicode → beri nama Exe.reg. Simpan di C:\Users\Nama_User_Anda
  5. Cara mengatasi file exe yang tidak bisa dibuka pada windows 7/8/8.1/10. Masalah ini bisa muncul dikarenakan adanya virus, kerusakan sistem, atau ada perubahan registry pada Windows sendiri. Maka dari itu, ketika kita akan menjalankan file yang berekstensi exe maka akan muncul sebuah pesan yang bertuliskan "Windows can't open this type of file (.exe)" bahwa jenis file ini tidak dikenali atau mungkin tidak muncul reaksi apa-apa meskipun anda sudah menjalankan file exe.
  6. Masuk ke cmd lalu ketikkan kode REG IMPORT c:\Users\Nama_User_Anda\Exe.reg kemudian tekan enter.
  7. Mulai ulang PC anda.
  8. Selesai.


Cara Ketiga

Jika Anda memiliki masalah saat membuka registry editor, notepad, cmd dll atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali maka Anda memiliki masalah dengan shortcutnya. Untuk masalah ini tidak bisa menggunakan kedua cara di atas, namun tetap bisa diatasi dengan cara ini: Cara Mengatasi Problem with Shortcut pada Windows.


Cara di atas sudah dicoba dan berhasil. Pastikkan anda teliti dalam melakukan langkah-langkahnya. Jangan lupa untuk berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan dan jangan lupa juga untuk berlangganan melalui widget yang tersedia jika anda menyukai artikel kami. Terimakasih...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 4 komentar:

  1. Cara kedua, pada langkah ke 4 apa maksud nya?
    Ngetik REG IMPORT dimana?

    ReplyDelete
  2. Apakah sudah ada yg berhasil mencoba cara ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kia, cara ini 80% berhasil karena sudah pernah dicoba. Terlepas apakah cara ini berhasil bagi Anda atau tidak itu terlepas dari apa penyebab yang ada pada PC Anda. Namun silakan untuk mencoba cara di atas terlebih dahulu dan beritahu kami untuk hasilnya. Terimakasih...

      Delete
4571795084962316914