MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows [Semua Merek Laptop]

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows [Semua Merek]


Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Masalah ini sudah bukan masalah baru lagi di dunia laptop dan yang pasti banyak orang mengalami hal ini dan mereka kemungkinan bingung apa yang harus dilakukannya.


Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Cara mengatasi touchpad yang tidak berfungsi pada laptop adalah sebagai berikut...

  1. Pertama, lihat apakah laptop anda sudah memiliki driver touchpad ? jika belum anda bisa mengunduhnya di situs resmi masing-masing. Di bawah sudah saya sebutkan beberapa situs resmi dari laptop yang rata-rata digunakan di Indonesia selebihnya anda bisa cari sendiri di Google. Namun, jika anda malas untuk mencarinya anda bisa gunakan Driver Pack yang terbaru. Anda dapat mengunduhnya di sini : Download Driver Pack 2019 dan setelah itu install Driver Pack tersebut.
  2. Kedua, pastikkan dan lihat apakah laptop anda memiliki fungsi yang menyebabkan touchpad tidak aktif. Sebagai contoh pada laptop saya untuk menonaktifkan touchpad adalah Fn + F1 mungkin laptop anda memiliki fungsi yang berbeda seperti Fn + F5, Fn + F6, atau Fn + F3 sesuai jenis laptop yang anda gunakan. Untuk mengetahui fungsi tersebut anda bisa lihat pada bagian keyboard laptop anda dan lihat simbol yang sekiranya dapat mengaktifkan / menonaktifkan touchpad.
  3. Ketiga, jika cara no 2 tidak bekerja anda bisa masuk ke bagian Settings → PC and devices → Mouse and touchpad atau seusai bahasa yang anda gunakan pada windows lalu klik Additional mouse options dan masuk pada bagian tab touchpad. Setelah itu jika touchpad anda tidak diaktifkan anda bisa mengaktifkannya dengan klik Enable Device. Perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.
  5. Keempat, jika touchpad masih saja tidak berfungsi anda bisa gunakan cara ini. Masuk ke menu pencarian Windows dan ketikkan Device Manager. Klik Mice and other pointing device dan klik kanan pada driver touchpad laptop anda → properties  → masuk ke tab Driver → Update Driver → Search automatically for updated driver software → tunggu sampai selesai → restart laptop anda. Pastikkan anda memiliki koneksi internet pada langkah ini.
  6. Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.

    Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.

    Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.

  7. Keempat, jika cara no 4 di atas sudah di lakukan dan anda sudah memulai ulang laptop anda namun masih saja belum ada perubahan. Anda bisa masuk kembali ke Device Manager lakukan hal yang sama seperti no 4 hanya saja anda uninstall driver yang baru saja diinstall hal ini berfungsi agar Windows mendeteksi driver laptop yang lama. Jika anda pengguna Windows 10 anda bisa mencentang kotak kecil yang bertuliskan "Delete the driver software for this device." Kemudian, jangan lupa untuk restart laptop anda kembali.
  8. Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows baik pada laptop Asus, Acer, Sony, HP, MSI, Lenovo, Dell dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi atau error pada Windows dengan mudah. Sebenarnya, untuk mengatasi masalah ini tidaklah terlalu sulit kemungkinan yang utama adalah driver yang belum terinstall, atau driver yang tidak cocok pada laptop anda. Kemungkinan juga anda belum mengaktifkan fitur touchpad atau bisa saja ada tombol yang membuat touchpad menjadi tidak aktif.
  9. Selesai

Cara di atas sudah saya coba dan berhasil, pastikkan anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar namun jika saja masih belum bisa, anda bisa reset laptop anda dan kemudian anda bisa langsung install driver laptop anda kembali. Adapun cara reset Windows anda bisa dengan mengintsall ulang kembali atau dengan cara ini : Cara Refresh PC Tanpa Menghilangkan Data Penting pada tutorial tersebut dijelaskan bagaimana cara Refresh laptop anda ketika sudah dirasa laptop anda memiliki masalah dan cara tersebut tidak akan menghapus data penting seperti dokumen, foto, musik, video, ataupun projek kerja lainnya. Namun, jika anda ingin menghapus semuanya anda bisa pilih "Remove everything and reinstall Windows" dan ini sama saja seperti install ulang hanya saja dengan cara yang lebih singkat.

Semoga cara yang sudah saya jelaskan di atas dapat menyelesaikan masalah anda. Jika memang cara di atas bekerja jangan lupa untuk komentar dengan memberikan respon positif dan bagikan artikel ini kepada yang lain agar mereka juga mengetahui Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows. Terimakasih...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

4571795084962316914