MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG atau DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di PC dan Android

Memperbaiki Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome

cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?

Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN atau DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG merupakan error yang umum terjadi. Jika hal ini terjadi dikarenakan tidak ada koneksi internet atau situs web yang dikunjungi sedang down maka hal ini memanglah wajar terjadi. Namun bagaimana jika internet kita lancar, situs web yang dikunjungi pun baik-baik saja akan tetapi malah muncul pesan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN atau DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIGsecara terus menerus ?.

Jika memang dirasa tidak ada yang aneh pada situs web dan koneksi internet kita namun tetap saja error maka anda tidak bisa mendiamkannya saja karena hal tersebut tidak akan membantu. Anda harus menemukan solusinya untuk mengatasi masalah tersebut. Jika tidak, anda tidak akan bisa browsing secara terus menerus.

Penyebab error DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG dan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

DNS (Domain Name Server) yang berfungsi untuk menerjemahkan IP Address sebuah situs menjadi sebuah alamat yang mudah untuk dipahami manusia. Contohnya jika situs KacaTeknologi.com ini memiliki alamat IP 172.217.6.243 dan ditampilkan dalam pencarian serta pada browser menggunakan angka tentu hal ini sedikit sulit untuk kita ingat. Bayangkan saja jika seluruh situs web yang ada di internet menggunakan angka agar bisa kita kunjungi apakah kita akan ingat ? saya yakin kita ingat hanya 50% saja. Oleh karena itulah diciptakan yang namanya DNS untuk mengubah alamat situs web yang tadinya angka menjadi huruf.

cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?

DNS ini bertanggung jawab agar alamat IP situs web berhasil diterjemahkan secara sempurna agar dapat diakses. Namun apa jadinya jika kita mengakses situs dan yang muncul adalah error DNS, apakah DNS gagal menerjemahkan alamat IP ?.


Jawabannya bisa iya bisa tidak, biasanya bukan situsnya yang salah namun pengaturan IP kita yang salah. Kecuali jika situs web sudah kehabisan masa aktif domain atau down maka hal ini benar bahwa DNS tidak berhasil menerjemahkan alamat IP. Sudah paham kan ?.

Cara Memperbaiki DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG

Berikut merupakan cara untuk mengatasinya...

1. Mengganti Alamat DNS

Anda perlu untuk mengganti atau mengubah alamat DNS komputer anda. Saya sarankan untuk menggunakan DNS Google.
  1. Buka Control Panel → Network and Internet → Network and Sharing Center.
  2. Kemudian anda bisa pilih Change adapter settings → klik dua kali perangkat yang digunakan untuk Internet. Contohnya saya di sini menggunakan Wi-Fi maka saya klik dua kali pada Wi-Fi tersebut.
  3. cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?
  4. Setelah itu lanjut klik Properties → Internet Protocol Version 4 dan ubah pengaturannya seperti gambar di bawah. Angka 8.8.8.8 / 8.8.4.4 merupakan alamat DNS Google.
  5. cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?
  6. Terakhir klik OK.

2. Reset / Flush DNS

Pastikkan anda sudah mencoba cara kesatu jika masih belum bisa anda perlu untuk reset DNS agar bisa diperbarui.
  1. Cari CMD pada menu pencarian dan jalankan dalam mode administrator
  2. Lalu ketikkan, Ipconfig / flushdns dan tekan enter.
  3. Silakan refresh browser anda.

3. Hapus Proxy

Jika anda pernah menggunakan proxy sebelumnya maka anda harus mengahpusnya dari pengaturan baik dari pengaturan komputer, Windows, atau aplikasi pihak ketiga.
  1. Tekan Lambang Windows + R.
  2. Ketikkan inetcpl.cpl dan tekan enter.
  3. Masuk ke menu Connections → lan Settings → centang automatically detect settings → jangan centang use a proxy server... .
  4. cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?
  5. Jika terdapat pengaturan proxy di browser dan yang lainnya pastikkan anda menghapusnya juga.

4. Update dan Bersihkan Browser

Coba anda update dan bersihkan browser anda barangkali ada bug atau virus pada browser. Untuk caranya anda bisa lihat di sini : Cara Update Browser dan Membersihkannya dari Sampah Beserta Virus. Pada tutorial tersebut saya menggunakan browser Google Chrome, namun caranya masih berlaku bagi browser yang lain.


Memperbaiki error DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG di Android

  1. Buka pengaturan jaringan (Wi-Fi atau Data sesuai koneksi yang terhubung).
  2. Tekan dan tahan jaringan yang terhubung.
  3. Pilih ubah jaringan atau modify network.
  4. Centang setelan lanjutan / advanced options.
  5. Ganti pengaturan IP dari DHCP menjadi static.
  6. Sesuaikan IP Address, gateway dll sesuai jaringan anda. Kemudian ubah DNS 1 menjadi 8.8.8.8 dan DNS 2 menjadi 8.8.4.4.
  7. cara mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG, DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Web page not available atau This site can't be reached Google Chrome di PC dan Android mudah. dan apa saja penyebab nya ?
  8. Silakan refresh browser anda.
Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

4571795084962316914