MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Memperbaiki Flashdisk "The disk structure corrupted and unreadable" atau "The file or directory is corrupted and unreadable"[CHKDSK]

Memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable pada Windows baik Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP.

cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus

Sedikit cerita saat saya sedang mencoba mengakses hardisk eksternal saya yang ada malah keluar pesan seperti "X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable" atau “The disk structure is corrupted and unreadable”. Ya, hardisk saya corrupt dan ureadable atau korup dan tidak terbaca. Saya otomatis panik karena di dalamnya berisi ribuan projek dan terdapat projek yang sudah saya kerjakan bertahun-tahun, maka wajar saja bila saya panik. Terlebih lagi hardisk eksternal saya lumayan cukup besar penyimpanannya yaitu 1TB atau 1000GB. 

Teringat bahwa dahulu saya pernah mengalami hal yang sama hanya saja pada flashdisk dan saya ingat yaitu dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Sebenarnya masih banyak cara lain selain menggunakan chkdsk namun menurut saya ini yang paling ampuh. Namun, pada artikel ini dijelaskan secara keseluruhan karena metode check disk ini mungkin bekerja bagi sebagian orang mungkin tidak.

Penyebab Flashdisk Corrupt dan Tidak Terbaca

Sebelum mengatasi masalahnya alangkah baiknya anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pemecahan masalah, karena ketika anda sudah mengetahui penyebab utamanya maka untuk mengatasinya pun tidak akan terlalu sulit. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain :
  • Kesalahan struktur pada direktori perangkat
  • Terinfeksi virus
  • Terdapat kerusakan hardware 
  • Drive tidak dikeluarkan dengan proses safely removed (eject) terlebih dahulu. Meskipun hal ini tidak tergolong penting namun ternyata jika tidak dilakukan dapat menyebabkan flashdisk corrupt.

Keempat penyebab tersebut merupakan penyebab yang paling utama dalam tidak terbacanya flashdisk. Coba ingat-ingat kembali apa penyebabnya ? apakah anda baru saja meminjamkan flahsdisk anda kepada teman-teman anda kemudian tidak bisa terbaca ? ataukah anda baru saja menjatuhkannya hingga rusak atau terkena air ? Baik, silakan perhatikan cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Corrupt dan Tidak Terbaca

Kita mulai dari yang basic terlebih dahulu, saya harap anda mengikuti langkah-langkahnya dari awal agar proses perbaikan flahsdisk anda berjalan dengan lancar.

1. Gunakan Antivirus untuk scan flashdisk

Untuk cara yang pertama kita bisa pindai flashdisk kita dengan antivirus terlebih dahulu. Biasanya jika memang flashdisk anda terkena virus maka antivirus akan mendeteksinya kemudian akan menghapus bersih virus tersebut. Lakukan langkah-langkah berikut...
  1. Pastikan anda memiliki sebuah antivirus.
  2. Masuk ke file explorer.
  3. Anda akan melihat daftar-daftar penyimpanan di sebelah kiri. Kemudian, anda bisa klik kanan → scan with antivirus.
  4. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  5. Tunggu sampai proses pemindaian selesai dan hapus virus jika terdeteksi.

2. Gunakan Perintah CHKDSK pada CMD

Cara ini yang sudah menyelamatkan hardisk saya sendiri. Saya harap cara ini juga bekerja bagi anda. Silakan perhatikan langkah-langkahnya.
  1. Anda harus membuka CMD atau command prompt dengan mode administrator untuk memberikan full akses terhadap seluruh perangkat.
  2. Setelah itu, anda bisa ketikkan perintah ini chkdsk /f h:. Ganti huruf h tersebut dengan drive letter anda yang tidak bisa diakses.
  3. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  4. Kemudian setelah itu command prompt sendiri akan menjalankan beberapa proses. Tunngu sampai selesai.
/f di atas berfungsi agar ketika sistem menemukan kesalahan pada perangkat anda maka akan otomatis diperbaiki. Biasanya proses ini tidak akan memakan waktu yang lama mungkin hanya kisaran waktu 5-15 menit saja. Jika semuanya sudah selesai anda bisa cek kembali melalui file explorer namun saya sarankan untuk restart komputer terlebih dahulu.

3. Mengatasi flashdisk unreadable melalui registry

Selain cara yang sudah dijelaskan di atas mungkin cara ini juga bisa bekerja. Di sini kita akan mengakses file-file registry dan mengubahnya yang terdapat pada sistem yang sebenarnya file registry tersebut bisa menyebabkan flashdisk kita menjadi tidak terbaca.
  1. Masuk ke menu pencarian lalu ketikkan run atau bisa juga dengan cara tekan lambang Windows + R kemudian ketikkan "regedit" tanpa tanda kutip.
  2. Anda akan dibawa ke bagian registry editor lalu masuk ke MyComputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies dan anda akan menemukan string yang bertuliskan "WriteProtect" kemudian klik dua kali dan ubah value data menjadi 0.
  3. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  4. Lakukan hal yang sama seperti no 2 pada MyComputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\StorageDevicePolicies. Ingat yang pertama adalah CurrentControlSet dan yang kedua adalah ControlSet001.

3. Gunakan EaseUS Partition Tool

EaseUs adalah aplikasi yang dapat membantu anda untuk mengembalikan data yang hilang, memperbaiki kerusakan flashdisk / hardisk, mengubah format dan tipe flashdisk dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga sudah teruji dapat membantu memperbaiki flashdisk yang corrupt dan tidak terbaca.
  1. Anda bisa unduh aplikasinya di sini : Download EaseUS Partition Tool (Trial).
  2. Seperti biasa pasang dan buka aplikasinya.
  3. Pilih perangkat yang ingin diperbaiki lalu klik kanan → Check file system.

  4. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  5. Jika muncul pesan seperti ini maka klik start.
  6. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  7. Aplikasi akan melakukan cek kepada perangkat anda dan otomatis akan memperbaikinya. Jika proses selesaia anda bisa klik finish.
  8. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
  9. Silakan cek kembali drive yang error.

4. Format Partisi

Untuk format partisi berarti dapat menghapus seluruh file yang berada di dalam perangkat. Ini merupakan cara yang terakhir jika semua cara sudah dilakukan namun tetap tidak bisa mengatasi masalah.

  • Format menggunakan sistem bawaan Windows
    1. Untuk format seperti pada umumnya anda bisa cek artikelnya di sini : Cara Format Flashdisk.
    2. Mungkin anda tidak perlu mengubah format dari FAT32 menjadi NTFS. NTFS hanyalah untuk memperbesar penampungan file yang biasanya lebih dari 4GB. Namun, jika anda tetap ingin mengubah format partisi anda menjadi NTFS maka hal itu tidak mengapa.
  • Format melalui Disk Management
    1. Masuk ke Control Panel.
    2. Cari atau ketikkan Administrative Tools.
    3. Cari dan klik dua kali pada shortcut Disk Management.
    4. Masuk ke Storage → Disk Management.
    5. Anda akan melihat daftar partisi anda di sebelah kanan kemudian klik kanan → Delete Volume / Delete Partition.
    6. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
    7. Pastikkan partisi yang dihapus adalah partisi yang corrupt tadi dan tidak bisa dibaca.
    8. Setelah proses penghapusan volume selesai. Maka anda bisa klik kanan lagi → Create Partition / Format.
    9. Tunggu sampai selesai dan silakan cek kembali perangkat anda.
  • Format Menggunakan EaseUS
    1. Masih menggunakan EaseUS, pastikkan anda sudah mengunduh aplikasinya. Untuk link nya anda bisa cek di atas.
    2. Lakukan hal yang sama yaitu buka aplikasinya → pilih partisi → klik kanan → format.
    3. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
    4. Anda bisa atur nama partisinya, file system, cluster size. Saya sarankan file system diubah menjadi NTFS saja dan cluster size biarkan (default) dan untuk nama partisi bisa diisi sesuai keinginan anda.
    5. Setelah itu akan muncul pesan seperti gambar di bawah dan klik OK. Hal ini akan memulai proses penghapusan data anda. Selanjutnya jika muncul pesan lagi anda bisa klik apply.
    6. cara memperbaiki flashdisk X:\ is not accessible. The file or directory is corrupted and unreadable atau The disk structure is corrupted and unreadable pada Windows 10, 8.1, 8, 7, maupun XP. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan perintah chkdsk yang diketik pada commnad prompt. Adapun penyebab flahsdisk corrupt atau tidak terbaca antara lain... Kesalahan struktur pada direktori perangkat dan Terinfeksi virus
    7. Tunggu sampai proses pemformatan selesai dan flashdisk anda seharusnya sudah bisa digunakan.
Saya pikir cara di atas sudah cukup untuk mengatasi masalah flashdisk yang rusak dan tidak terbaca. Adapun jika masih saja rusak kemungkinan hal itu dikarenakan kerusakan hardware atau memang virus yang terdapat pada flashdisk adalah virus yang ganas. Jadi bukan file anda lagi yang hilang namun sistem flashdisk anda juga ikut rusak. Untuk masalah yang ini saya juga pernah mengalaminya dan sampai sekarang saya belum menemukan cara mengatasinya meskipun sudah dilakukan berbagai cara.

Baca Juga : [WORKS 100%] Cara Membobol / Membuka RAR yang Dipassword

Saya harap lain kali anda harus lebih berhati-hati agar kejadian yang sama tidak terulang dua kali. Sebelumnya jika terdapat data yang dianggap penting maka anda bisa melakukan backup terlebih dahulu seperti di Google Drive.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini saya harap bisa membantu. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914