MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mengenal Bahayanya Google Sandbox - Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Apa yang anda pikirkan tentang isitilah sandbox ? apakah kotak pasir ? jika anda berpikiran seperti itu anda tidaklah salah karena artinya memanglah kotak pasir. Namun, Google pun memiliki kotak pasir yang siap menampung situs-situs yang terkena penalti baik situsnya maupun artikelnya.

Istilah Google Sandbox ini sudah ada sejak dulu dan hal ini masih saja berlanjut sampai sekarang. Google Sandbox pasti sudah tidak asing di telinga orang-orang yang sudah terjun di dunia blogger sejak lama bahkan mungkin mereka sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini ?. Namun, bagi orang awam yang baru terjun di dunia blogger hal ini pastilah asing dan mengapa harus ada istilah Google Sandbox ?.

Baca Juga : Cara Menentukan Target Visitor Pada Blog Mudah Untuk Meningkatkan SEO

Pengertian Google Sandbox

Inilah yang Harus Dilakukan Jika Terkena Google Sandbox.

Google Sandbox adalah salah satu penalti yang diberikan oleh Google kepada blog atau website yang dapat menyebabkan hilangnya situs atau artikel situs dari indeks mesin pencari (Search Engine) yang dapat menyebabkan turunnya page rank situs dan akan berdampak kepada turunnya visitor.

Lalu apa sih hubungan antara Google Sandbox dengan pelanggaran ? "Sandbox" sendiri hanyalah sebuah isitilah untuk menggambarkan bahwa situs yang masuk ke dalamnya adalah situs yang dianggap Google sebagai spam. Di mana hal ini sudah tidak akan diperhatikan oleh Google lagi sama seperti kotak pasir yang biasanya hanya disimpan saja namun tidak diperhatikan oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Melihat Jumlah Artikel atau Postingan Blog Orang Lain Dengan Mudah

Nah pastinya jika situs anda masuk ke Google Sandbox, saya yakinkan semuanya akan memburuk dimulai dari pengunjung, rangking situs, DA/PA, dan apabila hilang dari mesin pencarian maka hilanglah sudah harapan anda jika ingin mendapatkan uang dari wesbite / blog terlebih lagi jika yang masuk Google Sandbox adalah situs jual beli online saya jamin pasti penjual akan mengalami kerugian.

Sudah tahukan betapa bahayanya Google Sandbox ? memang sih pelanggaran yang dilakukan mungkin tidaklah terlalu parah tapi Google sendiri memang kejam terhadap pengguna. Jadi kita harus pintar-pintar dalam mengelola situs dan wajib untuk mengikuti peraturan Google sampai hal terkecil jika tidak mau terkena Google Sandbox.

Penyebab utama blog terkena google sandbox

Inilah yang Harus Dilakukan Jika Terkena Google Sandbox.

Pasti anda penasaran pelanggaran apa saja yang dapat membuat situs kita terkena penalti oleh Google sampai tidak muncul di mesin pencarian ? mengapa Google sampai memberi pelanggaran seberat itu ? di bawah ini merupakan penyebabnya...
  1. Untuk yang pertama adalah Menggunakan Jingling, jingling sendiri merupakan situs / aplikasi yang dapat mengirimkan ratusan bahkan ribuan pengunjung kepada situs anda dalam waktu yang singkat. Lalu apakah hal ini berdampak baik ? tentu saja tidak, Google akan menganggap semua ini spam dan akhirnya situs anda kena penalti. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika anda menyebar link situs karena pasti ada tangan jahil yang siap menjatuhkan anda.
  2. Terlalu banyak optimasi blog, jika optimasi dilakukan dengan baik dan benar maka hal ini akan berdampak baik bagi situs anda. Berbeda jika berlebihan justru hal ini berdampak buruk seperti terlalu banyak mengirimkan url ke Webmaster, menuliskan keyword berulang kali dan masih banyak lagi.
  3. Terlalu banyak melakukan PING, ping artikel merupakan teknik SEO yang sangat ampuh agar situs dan artikel anda mudah diindeks Google. Namun lain hal jika berlebihan Google akan menganggap semuanya sebagai spam.
  4. Adanya link rusak, anda bisa cek adanya link rusak atau tidak di Webmaster atau juga dengan kunjungi link ini → Cara Cek Link Rusak di Blog. Setelah anda mengetahui adanya link rusak anda harus segera memperbaikinya.
  5. Artikel Copy Paste, yap hal ini sangatlah berpengaruh karena Google akan mendeteksi kesamaan artikel. Oleh karena itu, lebih baik anda menulis artikel sendiri dibandingkan dengan copas selain itu menulis artikel sendiri dapat mengasah otak untuk berpikir.
  6. Terdapat duplikat konten, nah yang ini pastikan anda mengaktifkan robots.txt untuk mencegah duplikat konten. Untuk caranya anda bisa cari sendiri ya 😆.
  7. Adanya duplikat Meta tag, yang namanya duplikat pasti Google anggap spam. Jadi meta tag juga harus anda perhatikan/
  8. Menanam backlink di situs yang memiliki kualitas rendah, menanam backlink saya sarankan hanya di situs-situs yang memiliki DA/PA tinggi saja. Jangan pernah menanam backlink di situs yang kurang berkualitas karena akan menurunkan pagerank situs anda.

Cara cek blog terkena Google Sandbox dengan Google Sandbox Checker Tool

Jika anda sering melihat yang namanya statistik pasti anda tahu kan rata-rata jumlah pengunjung dalam sehari itu berapa ? jika menurun drastis coba anda cek artikel yang biasanya mendatangkan pengunjung yang mana ? setelah itu, anda bisa coba cari artikel tersebut dengan kata kunci yang sesuai. Jika urutan artikel turun dan bahkan tidak ditemukan itu berarti artikel atau situs anda positif terkena Google Sandbox.

Adapun untuk mengecek apakah blog anda terkena sandbox anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah..
  1. Anda bisa kunjungi situs www.searchenginegenie.com atau www.cuteseotools.net. Namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan situs CuteSeoTools.
  2. Setelah itu, anda bisa masukkan link situs anda kemudian klik submit. Cara ini sama saja bagi situs SearchEngineEgenie hanya berbeda sedikit saja.
  3. Inilah yang Harus Dilakukan Jika Terkena Google Sandbox.
  4. Anda akan melihat apakah situs anda terkena penalti atau tidak seperti gambar di bawah.
  5. Inilah yang Harus Dilakukan Jika Terkena Google Sandbox.
      Tulisan "Not Penalized by Googleadalah bahwa situs anda tidak terkena penalti atau Google Sandbox dan tulisan "May be Penalized by Googleadalah kebalikannya.

Cara Mengatasi Blog yang Terkena Google Sandbox

1. Perbaiki Konten yang dianggap menyalahi aturan

Anda harus memperbaiki atau menghapus konten yang melanggar TOS Google dengan demikian hal ini dapat membantu agar bisa terlepas dari Sandbox.

2. Posting artikel secara teratur

Memposting artikel secara teratur dapat membuat anda terlepas dari Sandbox karena Google akan melihat bahwa situs anda sebenarnya tetap aktif dan tetap ada pembaruan. Sehingga Google akan mendeteksi bahwa situs anda adalah situs yang masih layak untuk berada di mesin pencarian.

3. Perbaiki link yang rusak

Hal ini berlaku jika anda memiliki link yang rusak. Segera perbaiki dengan mendireksi link yang rusak ke halaman yang sesuai.

4. Berhenti sementara untuk melakukan Ping artikel

Ping artikel saya sarankan berhenti untuk sementara waktu, hal ini demi mencegah anggapan spam dari Google. Karena jika anda melakukan ping artikel bukannya akan terlepas dari Sandbox namun akan lebih parah dan situs anda bisa berlama-lama di dalamnya.

5. Kirim ulang sitemap anda

Anda bisa mengirim ulang sitemap anda agar Google mendeteksi apakah ada pembaruan atau tidak. Saya sarankan anda buat artikel terlebih dahulu setelah itu anda kirim ulang sitemap.xml ke Webmaster Tool agar Google mendeteksi adanya pembaruan dari situs anda.

6. Cek masalah situs dengan Reconsideration Tool

Kunjungi link ini → Cek Masalah Situs setelah itu jika situs anda memiliki masalah anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan.

7. Tanam backlink kualitas tinggi

Anda juga bisa memanfaatkan untuk menanam backlink di situs-situs yang memiliki kualitas DA/PA tinggi. Anda bisa memanfaatkan situs sosial media seperti LinkedIn dengan memasukkan website pada profil anda dan hal itu akan terdeteksi oleh Google sebagai backlink dofollow. Namun jika anda memiliki modal saya sarankan untuk membeli backlink di situs-situs ternama seperti SEOeshop.com.

8. Kirim sitemap anda ke situs mirip Google seperti Yandex, dan Bing

Anda juga bisa mengirim peta situs anda ke situs Yandex dan Bing. Adapun cara untuk mengirimnya masih sama ketika anda mengirim peta situs anda ke Google Webmaster hanya saja kali ini kita coba mengirimnya ke Webmaster yang berbeda. Berikut link untuk mengakses webmasternya...
Masih banyak lagi situs webmaster lainnya namun menurut saya menggunakan Yandex dan Bing saja sudah lebih dari cukup.

9. Hapus backlink dari situs anda yang menuju kepada situs tidak berkualitas

Jika anda pernah memasang backlink sebelumnya yang mengarahkan ke situs orang lain namun situs tersebut tidaklah memiliki kualitas yang baik. Saya sarankan anda untuk menghapusnya sementara, karena hal ini akan berdampak bagi kesehatan situs dan Google akan mendeteksi bahwa situs anda memiliki keterkaitan dengan situs yang tidak berkualitas. Oleh karenanya, Google akan menganggap bahwa situs anda sama saja seperti situs yang tidak berkualitas tersebut.

Perlu diperhatikan lagi, bahwa orang-orang yang menaruh link aktif di komentar postingan hal tersebut sudah termasuk backlink. Segera cek dan hapus komentar yang memiliki link aktif kecuali jika link aktif tersebut menuju ke situs berkualitas maka jika tidak dihapus pun tidak apa-apa.

10. Serahkan semuanya pada Tuhan

Kita tahu bahwa Tuhan lah yang dapat mengubah segalanya. Setelah berusaha kita harus menyerahkan semuanya kepada Tuhan agar dipermudah dalam segala urusan kita. Jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri karena segala kesuksesan itu berasal dari Tuhan.


Saya harap artikel ini dapat menambah wawasan anda dan dapat membantu jika situs anda terkena sandbox. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah jika ada hal yang ingin di tanyakan. Semoga bermanfaat...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914