MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengembalikan File yang Terkena Virus Ransomware Wannacry dan India 2019


Virus Ransomware adalah virus yang sangat berbahaya yang dapat membuat seluruh file anda tidak dapat dibuka. Cara bekerja virus ini adalah mengubah tipe jenis file anda menjadi jenis yang tidak dikenali. Jenis-jenis file ransomware tidak akan bisa dibuka oleh aplikasi manapun. Kemudian jika anda mencoba untuk mengubah jenis filenya pun tidak akan membuahkan hasil. Biasanya juga pembuat virus ini sering menyisipkan pesan yang meminta sejumlah uang jika ingin file anda kembali seperti semula. Inilah mengapa Anda harus waspada terhadap virus Ransomware!.

BIASAKAN BACA KESELURUHAN & JUGA FAQS YA...

Sumber : https://twitter.com/siri_urz/status/1088414995438800896
Gambar di atas merupakan salah satu contoh pesan yang disisipkan pembuat virus. Pada gambar tersebut tertera bahwa anda harus membayar setidaknya $980 agar file anda bisa kembali seperti semula dan untuk mendapatkan decryptor nya. Masih banyak yang meminta sejumlah uang mulai dari $300 - $1000 dollar atau bahkan lebih sesuai tipe jenis yang menginfeksi file anda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop / Komputer black screen Pada Windows XP, 7, 8 , 8.1, dan 10

Setiap tahunnya virus ini bukannya berkurang namun masih saja berkembang bahkan banyak file type yang baru yang masih belum ada decryptor nya. Oleh karenanya, anda perlu berhati-hati dalam berselancar di internet, mengunduh berkas dll. Untuk mengatasi jenis file yang belum ada decryptor nya disarankan anda menunggu terlebih dahulu karena untuk tipe file keluaran 2019 masih belum ada obatnya. Jangan lupa juga anda untuk backup semua berkas-berkas penting karena bisa saja file yang belum terinfeksi pun menjadi ikut terinfeksi.


Pastikan sebelum bertanya anda baca dahulu tentang FAQs yang tertera di bagian bawah artikel ini agar pertanyaan yang sama tidak terus ditanyakan. Ketahui juga bahwa decryptor yang disediakan hanyalah mendukung untuk OFFLINE KEYS saja. Kesalahan dalam penggunaan decryptor dapat membuat file anda corrupt atau terhapus. Baca artikel ini secara keseluruhan karena sudah dijelaskan dengan sangat detail dan jangan malas untuk membaca.


Jenis-jenis virus ransomware / wannacry

Banyak sekali jenis-jenis virus ransomware saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih sedikit. Jenis virus ini sebagian sudah ada penawarnya dan sebagian lagi masih belum. Jenis-jenis virus ransomware antara lain seperti .STOP, .SUSPENDED, .WAITING, .PAUSA, .CONTACTUS, .DATASTOP, .STOPDATA, .KEYPASS, .WHY, .SAVEfiles, .DATAWAIT, .INFOWAIT, .puma, .pumax, .pumas, .shadow, .djvu, .djvuu, .udjvu, .djvuq, .uudjvu, .djvus, .djvur, .djvut .pdff, .tro, .tfude, .tfudeq, .tfudet, .rumba, .adobe, .adobee, .blower, .promos, .promoz, .promock, .promoks, .promorad, .promok, .promorad2, .kroput, .kroput1, .charck, .pulsar1, .klope, .kropun, .charcl, .doples, .luces, .luceq, .chech, .proden, .drume, .tronas, .trosak, .grovas, .grovat, .roland, .refols, .raldug, .etols, .guvara, .browec, .norvas, .moresa, .verasto, .hrosas, .kiratos, .berost, .fedasot, .forasom, .recry1, .fordan, .codnat, codnat1, .bufas, .dotmap, .radman, .shadow, .ferosas, .rectot, .skymap, .mogera, .rezuc, .stone, .lanset, .davda, .poret, .pidon, .heroset, .boston, .myskle, .muslat, .boston, .gerosan, .vesad, .horon, .neras, .truke, .dalle, .lotep, .nusar, .litar, .besub, .cezor, .lokas, godes, .budak, .berosouce, .herad, .gehad, .gusau, .madek, .tocue, .darus, .lapoi, .todar, .dodoc, .bopador, .novasof, .ntuseg, .ndarod, .access, .format, .nelasod, .mogranos, .cosakos, .nvetud, .lotej .kovasoh, prandel, .zatrov, .masok, .brusaf, londec, .krusop, .mtogas, .coharos, .nasoh .nacro, nuksus .vesrato, .masodas, .stare, .cetori, .carote, .shariz, .gero, .hese, .geno, .seto, .peta, .moka  atau .todarius.

Baca Juga : Mengatasi Laptop Hibernating ? Ini Cara Ampuh Mengatasinya...

Jenis ransomware seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah tipe yang sedang beredar dan menyebar dengan cepat saat ini. Artikel ini akan menjelaskan mengenai cara mengatasi virus ransomware dan akan selalu update jika ada informasi yang terbaru. Jadi pastikan anda selalu memantau artikel ini agar tidak ketinggalan informasi lainnya.

Tips mengatasi virus ransomware dan download decryptor terbaru


1. Gunakan Antivirus Untuk Menghapus Virus

Anda bisa memanfaatkan antivirus untuk mengatasinya. Banyak antivirus yang sudah mendukung untuk mengembalikan file yang terkena ransomware antara lain seperti :
  • Avast
  • Kaspersky
  • Malware Bytes
  • ESET Internet Security
  • Smadav
  • Norton
  • AVG
masih banyak lagi antivirus lainnya yang sudah mendukung penghapusan ransomware di dalamnya. Selebihnya silakan anda cari sendiri.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi PC / Laptop yang Sulit Dihapus Sampai Ke Akarnya Pada Windows

Untuk cara menggunakannya seperti biasa, anda dapat scan semua direktori beserta berkas-berkas menggunakan antivirus. Disarankan anda menjalankan antivirus tersebut dengan safe mode dan mengaktifkan mode deep scan agar semua berkas dapat terpindai baik. 

Lihat : Cara Cepat Masuk Safe Mode di Windows 7/8/8.1/10

2. Nonaktifkan dmdstyle atau item mencurigakan pada startup

Ketika laptop / komputer anda terinfeksi virus pasti ada item yang masuk ke menu startup Windows dan jika anda tidak menghapusnya atau uncheck maka virus tersebut akan selalu berjalan.
  1. Masuk ke safe mode. Anda bisa lihat caranya di atas ^.
  2. Masih ketikkan msconfig.exe pada menu pencarian.
  3. Klik pada bagian Startup dan hapus tanda centang pada item yang mencurigakan.
  4. Klik Apply → OK.

3. Cek dan Perbaiki Host File

Ransomware bisa saja menginfeksi pada bagian sistem-sistem utama Windows dan cikal bakalnya berada pada host file. Oleh karena itu, anda harus menghapus beberapa pengaturan di host file.
  1. Masih dalam safe mode.
  2. Masuk ke C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts.
  3. Kemudian buka file yang bernama .hosts menggunakan notepad.
  4. Hapus semua baris teks yang tidak diawali dengan #.
  5. Jangan lupa untuk simpan file nya.

4. Show hidden folders dan nonaktifkan hide extensions

Hal ini sebenarnya hanya untuk memudahkan kita untuk mengetahui file mana saja yang terkena virus dari mulai yang tersembunyi dan tipe file yang tidak diketahui.
  1. Masuk Control Panel → Folders Options → View.
  2. Sesuaikan pengaturannya seperti gambar di bawah ini.
  3. Klik Apply → OK.

5. Cek System Folders

Kita juga harus membersihkan file-file yang terdapat pada sistem folder karena kemungkinan besar sumber virus ransomware bersarang di sana.
  1. Tekan lambang Windows + R.
  2. Ketikkan %temp% , %appdata% , %programdata%  , %localAppData% dan %WinDir% masing-masing perintah diseling dengan menekan enter. Kemudian hapus seluruh file yang terdapat pada masing-masing folder.
  3. Jika ada beberapa file yang memang tidak bisa dihapus anda bisa lewati saja.
  4. Masih tekan Windows + R kemudian ketikkan regedit → CTRL + F → cari "Ransom.CryptXXX" atau "WannaCry" jika ditemukan langsung saja anda hapus filenya.

6. Gunakan System Restore

Jika anda memiliki restore point sebelumnya, Windows akan mendeteksi keseluruhan saat anda membuat restore point tersebut. Contohnya jika anda membuat restore point sebelum terkena virus maka Windows akan kembali ke saat file anda belum terkena virus. Jika memang anda pernah membuat restore point sebelumnya anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Masuk ke Control Panel → Recovery.
  2. Klik Open System Restore.
  3. Anda bisa ikuti petunjuk yang tertera.
  4. Mulai ulang PC anda dan file berhasil kembali ke format awal.

7. Download Decryptors Ransomware Seperti GandCrab dan Kaspersky Decryptors

Cara yang termudah adalah dengan menggunakan aplikasi decryptor yaitu aplikasi yang dapat mengubah file yang sudah terenkripsi oleh ransomware sendiri. Banyak aplikasi decryptor yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya ada beberapa aplikasi decryptor yang tidak mendukung ransomware dengan format .grovas atau .grovat sehingga kedua format tersebut tidak dapat di atasi. Namun, anda masih bisa menggunakan aplikasi lainnya yang mendukung untuk mendekripsi format virus yang menginfeksi file anda.

Link download decryptors virus ransomware : 

Bagaimana cara mengetahui atau mengidentifikasi ransomware yang telah mengenkripsi data kita ?

Jika anda bingung jenis ransomware apakah yang telah menginfeksi virus anda, anda bisa memanfaatkan salah satu situs buatan Malware Hunter Team. Pada situs tersebut anda bisa menemukan jenis virus apakah yang telah menginfeksi file anda dengan cara seperti berikut : 
  1. Kunjungi situs Malware Hunter Team 
  2. Unggah file catatan (jika ada) dan file yang tidak bisa dibuka dikarenakan ransomware tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.
  3. Jika selesai anda bisa klik unggah dan situs otomatis akan membawa anda ke suatu halaman yang di dalamnya terdapat informasi mengenai virus yang telah menginfeksi file anda.
  4. Biasanya pada halaman tersebut juga terdapat saran apa saja yang harus anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara menggunakan decryptor ransomware

Jika anda bingung untuk menggunakan decryptor, saya akan mencontohkannya sekilas. Di sini saya menggunakan Stop Ransomware Decryptor (Link tersedia di atas urutan pertama) sebagai contohnya.
  1. Silakan buka aplikasi Stop Decrypter.
  2. Jika ada antivirus yang memblokir akses terhadap aplikasi tersebut anda jangan hiraukan karena aplikasi ini bukanlah sebuah virus.
  3. Setelah aplikasi dibuka, di sana terdapat Select Directory kemudian klik.
  4. Anda akan diminta untuk memilih folder yang di dalamnya terdapat file yang sudah terinfeksi oleh ransomware kemudian klik OK jika sudah memilih folder dan lanjut klik Decrypt.
  5. Otomatis nanti akan ada pemberitahuan apakah file anda berhasil decrypted ataukah tidak. Jika tidak berhasil mungkin aplikasi tersebut tidak mendukung tipe virus pada file anda. Silakan baca kembali tentang ransomware di atas dan cari aplikasi lainnya yang sesuai dengan tipe virus anda.

8. Install Ulang PC anda

Ini merupakan cara yang paling terakhir yang sering dijelaskan banyak orang. Ya memang cara ini harus dilakukan ketika semua cara yang lain tidak bisa mengatasi masalah anda. Namun saya sarankan anda backup semua file yang terinfeksi virus untuk jaga-jaga agar file tetap ada dan tunggu sampai decryptor keluar yang terbaru. Kemudian untuk PC / laptop anda yang terkena ransomware anda bisa install ulang guna memebersihkan hardisk yang terinfeksi. 

Untuk cara install ulang sebenarnya anda bisa melakukannya tanpa menghapus data utama alias hanya membersihkan file-file sampah dan untuk meningkatkan kesehatan PC anda. Caranya bisa anda lihat di sini : Cara Install Ulang Tanpa Menghapus Data Penting.

Banyak jenis-jenis virus baru dari ransomware seperti .nuksus, .cetori, .stare, .carote tertanda di bulan September 2019. Kabar baik, beberapa jenis baru dari mereka sudah ada penawarnya, silakan cek link download Stop Ransomware Decryptor versi terbaru di atas. Sebelumnya pastikan Anda sudah cek ID KEYS yang terdapat di bawah ini!.

DAFTAR ID KEYS OFFLINE RANSOMWARE

Saya tekankan, bahwa Stop Decryptor dan aplikasi decryptor lainnya hanya akan bisa mengatasi virus Ransomware yang memiliki ID KEYS OFFLINE. Jika yang terdapat pada virus anda adalah ID KEYS ONLINE maka belum ada decryptor yang bisa mengatasinya. Solusinya adalah  menunggu untuk solusi di masa yang akan datang.

Berikut adalah daftar ID KEYS Offline untuk masing-masing jenis virus Ransomware yang sudah bisa diatasi :
  1. 6se9RaIxXF9m70zWmx7nL3bVRp691w4SNY8UCir0    - .djvu* variants, .promos
  2. D02NfEP94dKUO3faH1jwqqo5f9uqRw2Etn2lP3VBb    - .rumba
  3. cZs3TaUYZzXCH1vdE44HNr1gnD2LtTIiSFFYv5t1        - .promoz, .promock, .promorad
  4. TLuCxxAdd5BLXYWIvnjsWaCNR5lWoznhlRTSott1     - .promok
  5. 0h7mFQcjRC3pDgsRcrWZ7K7bdAgvgDosJ24DmXt1  - .promorad2
  6. upOacGl1yOz9XbrhjX9UR2M0j8i03YwVB0pXr1t1         - .kroput, .kroput1
  7. neFMH56G5TY6gLqHS6TpWwfIPJF1mKg4FvpeNPt1 -  .charck
  8. 0h7mFQcjRC3pDgsRcrWZ7K7bdAgvgDos224DmXt1  - .kropun
  9. rdSXuFaXQZ5zsBX7nzxYC2hgkTkducsD7tuV95t1       - .doples, .luces, .luceq, .chech
  10. AlMcLobh5J6wVB2Iy10guKr1kpSuFBWfXIsI6Et1        - .pulsar1
  11. abIsuTknpjAqoGRR7OZL5HDDmc843XjBxrQOIot1      - .proden
  12. dLoJuwk26P2wogGWZREN7JEyvljcvICqcYfwIft1        - .drume, .tronas, .trosak
  13. sC0oYeg1wSkjbjkEwQcxTXzA0EOp8Tnc35seYQt1      - .grovas
  14. vElBnRCjG17HPbVSb8mw2WKW8uIBUDp5gbuiZat1  - .grovat, .raldug
  15. R11Dxz37SHHVuv5otlFtzJiXUIPwPzmP6gV8gmv9       - .roland
  16. r77yXePcnmrctJPWrZCcbJgUlAtOa1FC9Na710t1        - .etols, .guvara
  17. 1OcNMvbG9a2vBz0BdsXRX88kjuVX9ku4EmR64St1   - .norvas
  18. PBADSc0wL8KOzd5eGIaVThjIPeGxRqrsQgvU3qt1      - .moresa
  19. fCuKTg0kzQEXr1ewwlkMM3sl8ZzT1uEg7811p2t1        - .verasto
  20. qn2YpOJW8NoI4X3pchKLemMVHE6hbUPemTQPlMt1- .hrosas
  21. e4Z7Ued2uSyQfbA7vS8VKtF2dGKGH8qEQ4E1Uht1   - .kiratos
  22. 54SYshdMLwmLmgvVGWUrb336u3jYwOthqtuie5t1    - .todarius
  23. SFOGVV9L1s8tgZVtOy4lff6n3MEgUwud5fQUdHt1      - .roldat
  24. zC2lfjIocaJoC8hWBB1yhTK2ecfIMchQ47Dkylt1          - .dutan
  25. pQseAIqgTVhPujMMiqH1ILPNUg3soGVim0NAnkt1    - .sarut
  26. nBxtbGaG4zYZQuwkRqP7d0zTIAyt6ZTtAqWL77t1     - .berost
  27. jWOnMXbnka33AZT1RlCj0QSRbhhZHNASDvqHrDt1 - .forasom
  28. 6se9RaIxXF9m70zWmx7nL3bVRp691w4SNY8UCir0  - .shadow
  29. QP5YonPPBgUP0qNuS7DV82bMzke5YFYqXbRlobt1 - .fordan
  30. PTWLJBvUTDlF6G52Fs8Fmm7egqpfWrghp1m2Bot1 - .codnat
  31. BvxonHH8kgX9meHfJweaV5ONlpO6f7IRCff0XXt1      - .dotmap
  32. mlKnUMskuvLAnwjqZpgNMoxWdYebTiuT9DMf4Vt1 - .ferosas
  33. t9hLELb8KHIC5gKnzv1k3CPJ5qpiqNZiyV5vhHt1 - .rectot
  34. tgDlcFW2xFWyJx7JxqpZ8dNSOchUAMejoGdvf2t1 - .mogera
  35. C1WKOJdn7siJOSKrKnoKRy5tH9aSxwMzpaUzgst1 - .rezuc
  36. ljT0FEceXZLV8Gyhp3cCAcKbq8v85tmqMgqrVCt2 - .stone
  37. faLqfTl9yJBMMKsPhAv8WKbIdsFgqRtco70kHSt1 - .lanset
  38. 7wlgj03aBeU43xA1mJMBMvyvGs6wERcrV31xRrt1 - .davda
  39. 61K3jGfHzi5nWYLCgt3ZT7zGffHm0DNV9TGbdit1 - .poret
  40. bDDtqPBV1xkOfMNIpmkdcyeVXG71BNezzpQwsKt1 - .pidon
  41. xUHIDCdB9IpEd1BBxXWhkitDLMP8oSzQeEYlr0t1 - .heroset 
  42. dLoJuwk26P2wogGWZREN7JEyvljcvICqcYfwIft1 - .muslat
  43. xUHIDCdB9IpEd1BBxXWhkitDLMP8oSzQeEYlr0t1 - .boston
  44. PpzYa3nBba2MZq4MUGgxoZcZ7cbXBKtzNcipyRt1 - .gerosan
  45. 3O3Zn4LeBG8kkWwS2nX61CWiHLZ46k1s632Cg9t1 - .vesad
  46. JtkQUrpVXQB69IB5uUcXQ248Wj0DM9fjtaSThgt1 - .horon
  47. fl1QN31tuQBZKd6Q43Bemee0EycF0HBYEjwpQTt1 - .neras
  48. ppAG2IEqjVWKxLoaeeEd2ondL6Wu9aHAHA2NBrt1 - .lotep
  49. rZ9BMQqcE4sEMWkbGhgD1ChaoDbgM3kORd7kowt1 - .nusar
  50. iagsMxds3LxpDLrrIrIVlqmVQ2P4y09QCIrzCYt1 - .litar
  51. 3OfV7t3oSHGMTLJX2O7gTxqnrYXWDDEq84VwC3t1 - .besub
  52. l3uWOVCfd45q50p4PU204j5qPpRzALYbMPJ9Tft1 - .lokas
  53. b0kzBppljIqs9PmJj4Y6ifw5JaTn9PNkPk9vtmt1 - .godes
  54. jkO9OpMIRJ4FHeGDM7eK5FwJTcY40YKkizu7Zgt1 - .budak
  55. 5wsxlijK7NqgKc3n9oC4xlykfU4y5YJtIQlGWJt1 - .berosuce
  56. jkO9OpMIRJ4FHeGDM7eK5FwJTcY40YKkizu7Zgt1 - .herad
  57. 5wsxlijK7NqgKc3n9oC4xlykfU4y5YJtIQlGWJt1 - .gehad
  58. 68O9eTFDNbn8z2O956vweaL1v2GY5gvWBYMKcmt1 - .gusau, .madek
  59. JAQsbdGcS17nh0dWQNvV5DXXOFilhogs4lpKitt1 - .tocue
  60. ZivCxija0GBwtwtwD0q4JRy80spT6lUyybPYhot1 - .lapoi
  61. Q2fNGjIEoR7J8UnURFiIH13JGa23UqaNUDz4ret1 - .todar
  62. tC9q9U9z1CHXj6ywfSklY5Ati8qfrhwcOEQpvQt1 - .dodoc
  63. qzVmsmPsBbMag5eclxPzsGPYPtD0idScDzpGvxt1 - .bopador, .novasof
  64. 9sbdJHqXJM4N6uliOFljF4lS1kQ5MipUBQqeGet1 - .ndarod
  65. ReORV6ShrtWNuJ0ceWs0HqhvCbzW3XJQmmwGQpt1 - .access
  66. rDy9PQ5XqCEzGPAYiMtrOElRFd84gmoSzf1zJ8t1 - .format
  67. 4SsNNoDBzRHoERsNCDJXFi0OetZhqz2yruT2Ltt1 - .nelasod
  68. TMO0nHR6LIOplVaj1m0fAhi7jQPCKQZq7MvRyPt1 - .mogranos
  69. 4nFS2MhU3pYPtDdwqd6UIb0hZ2RnKYsvKn5ulTt1 - .lotej
  70. OX1w8v9Jmd3MFmBNmyayqkKHZVCmsLJUsWqShmt1 - .prandel
  71. ivLdLLWxlGwaYapVamTFrmgK1ZxvQk2JUWsWzit1 - .zatrov
  72. SGZBpcieKig3iLvgEDD4ATxonPIBduMgKzsfiQt1 - .masok
  73. gcHHxnoOwYHRVl7TXkAxlhASj14vAVxvmOWun2t1 - .cosakos, .nvetud
  74. 4nFS2MhU3pYPtDdwqd6UIb0hZ2RnKYsvKn5ulTt1 - .kovasoh
  75. q9KuzOzkH3m0RZiU9yD24sgV2jlQpgldjv0uODt1 - .brusaf
  76. JIuJ2wGghVvWM1cAKi9uwEqTSvu42tb7ooa7Rit1 - .londec
  77. ngQjbO3d7JuwM40bYYzdx9KhkhTRVvuLevPlbrt1 - .krusop
  78. ILhWAvjUyWzsKyxDL0dKq3Su6QUUpndwXWfa2Nt1 - .mtogas
  79. XIcCeHxN38dLD0Yg0cN7CdKtidQv0JQEm8hKIlt1 - .nasoh
  80. gyTwIW8EFRyrHBHcn0bFVHerzI3NtAa14YK0kst1 - .nacro
  81. 98sPqhSP6fu4VGWnM1G9A075ZFxi5MMVRr2Limt1 - .pedro
  82. AejWZezSEZGqqdJANfzMilEs9Ns6YgqnOqJDOgt1 - .vesrato
  83. irtRoAwZBsG2xlRr6IAT6XJOVqA6I5bPZ0onRvt1 - .masodas
  84. 9HGTCt5KWHhAMQlcARxO5A6jkqiYUs64aMYNg3t1 - .nuksus
  85. Nk780H58ZxM4dZ5H8DRqyzWzhAZZ1G1J4gYxrtt1 - .cetori
  86. 6qLyfMFPsdHt0N7fRSGoXRvhOjNiMSIf6ovWntt1 - .stare
  87. hvKVwn4fNn8A1rpjC19CUFmS1ySGycmqdrz89zt1 - .carote
Jika ID KEYS berbeda dengan yang tertera di atas maka masih belum dapat diatasi dengan Stop Decryptor.

Stop Decryptor yang dibuat oleh seorang malware hunter memang tidak bisa mengatasi semua file yang terkena virus Ransomware seperti yang sudah dijelaskan alasannya. Mungkin Anda butuh berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun hanya untuk menunggu Stop Decryptor bekerja untuk virus yang menginfeksi file Anda.

Adapun jika memang Anda membutuhkan file sesegara mungkin karena bersifat penting dan sudah mencoba menggunakan Stop Decryptor namun belum bekerja maka Anda bisa gunakan cara alternatif lainnya yaitu,

*Menggunakan layanan dari Fast Data Recovery


Fast Data Recovery adalah perusahaan dari Australia yang menyediakan layanan untuk mengatasi virus Ransomware dengan cepat. Namun, untuk yang satu ini tentu tidak gratis, Anda diharuskan membayar sejumlah yaitu kisaran 150-300$ atau bahkan lebih sesuai jenis virus yang menginfeksi dan jenis evaluasi yang dipilih. Ada beberapa jenis evaluasi yang diberikan antara lain:
  • FREE Evalutaion - Memakan waktu 10 hari dalam penanganan virus (Gratis)
  • Priority Evaluation (Jam Kerja) - 4 sampai 24 jam seharga $350 dan jumlah biaya akan dikurangi dari biaya pemulihan.
  • Dharma Priority Evaluation - 1 sampai 4 jam seharga AUD $150 (diskon 50%).
  • Priority Evaluation (Setelah Jam Kerja) - 4 sampai 24 jam seharga $500 dan jumlah biaya akan dikurangi dari biaya pemulihan.
  • Gandcrab Priority Evaluation - AUD $175.
Lalu, bagaimana cara memesan layanan untuk mengatasi Ransomware kepada FDR ?
  1. Silakan Anda kunjungi situs resmi dari Fast Data Recovery.
  2. Untuk layanan apa saja yang mereka berikan Anda bisa klik pada menu "Our Services" dan untuk memesan layanan yang diinginkan Anda bisa klik tombol merah yang bertuliskan "Get Quote Now".
  3. Anda akan diminta untuk mengisi formulir-formulir yang terdapat pada situs tersebut pastikan Anda membaca instruksi yang diberikan.
  4. Selanjutnya, jika semuanya sudah selesai silakan klik "Create Ticket" untuk memesan tiket dan nanti akan ada prosedur tambahan yang diberikan oleh admin FDR. Biasanya mereka akan memberi tahu lebih spesifik seperti biaya, alat, dsb pada bagian ini.
  5. Jika sudah Anda hanya perlu menunggu saja sampai file-file Anda berhasil diatasi.

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQs)

  • Kenapa virus ransomware saya tidak bisa diatasi oleh Stop Decryptor ?
    • Pastikan anda membaca tentang personal ID's (OFFLINE KEYS) di atas
  • Kenapa aplikasi decryptor hanya melewati (skip) file saya dan tidak mengatasinya ?
    • Itu berarti file anda terinfeksi virus Ransomware dengan ONLINE KEYS yang selalu update dari pihak pembuat virus
  • Muncul pesan "No key for ID", "No keys were found for the following IDs" atau "Unidentified ID" bagaimana untuk mengatasinya ?
    • Masih sama seperti jawaban kedua, anda terinfeksi virus dengan ONLINE KEYS. Tunggu solusinya di masa yang akan datang. Kami belum bisa membantu.
  • Bagaimana saya mengetahui jenis ransomware yang bisa diatasi dengan Stop Decryptor ?
    • Buka aplikasi Stop Decryptor → klik menu About. Anda akan melihat daftar virus yang bisa diatasi dan virus tersebut harus sesuai dengan ID KEYS yang sudah dijelaskan.
  • Virus sudah didukung oleh Decryptor, namun berbeda ID KEYS apakah bisa diatasi ?
    • Tidak bisa!, pastikan antara jenis virus dan ID KEYS sesuai dengan yang dijelaskan.
  • Jika Stop Decryptor tidak dapat dijalankan dan malah muncul pesan "Fatal Error: The Typeinitializer for Alphaleonis.Win32.Filesystem.NativeMethods caused an exception. Aborting. Decrypted 0 files!" apa yang harus dilakukan ?
    • itu berarti anda memiliki .NET Framework yang ketinggalan jaman. Silakan perbarui versi .NET Framework anda.
Credits : Bleeping Computer
Update terbaru : 6 September 2019
Apa yang baru ? [+] : Penambahan beberapa ID KEYS Offline dan alternatif lain

Akhir kata berhati-hatilah dalam berselancar di internet. Jangan mengunduh file dari situs yang tidak jelas sumbernya dan selalu update antivirus anda agar bisa mencegah semua virus yang mencoba masuk dan menginfeksi file anda. Silakan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Click here for comments 379 komentar:

  1. untuk descryptor .BEROST ada ga yaa? tolong banget infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang format .BEROST belum ada decryptornya nya Gan. Nanti bakal update lagi jika sudah ada. Pantau terus artikel ini...

      Delete
  2. saya terkena forasom gan .. smeoga cepat ketemu solusi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pantau terus artikel ini ya... Nanti bakalan update lagi jika sudah ada decryptornya.

      Delete
  3. MENUNGGU DECRYPTOR .BEROST

    Maaf gan biasanya dari virus baru yang diindikasi launchingnya sampai ada obat penawarnya biasanya berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar baik gan untuk tipe virus terbaru di bulan Mei 2019 ini termasuk .berost sudah ada penawarnya silakan cek link download Stop Decryptor v2.1.0.3 untuk mengatasi virus tersebut.

      Perihal berapa lama decryptor baru diluncurkan itu semua tergantung kesulitan dari jenis virusnya. Tapi biasanya tidak akan memakan waktu yang lama kok gan mungkin sekitar 3 minggu atau sampai 1 bulan lebih dan jika virus lebih sulit untuk diatasi biasanya memakan waktu lebih lama dari yang sudah dijelaskan. Bagikan artikel ini agar orang lain yang terinfeksi filenya ikut terbantu...

      Delete
  4. kalau untuk forasom sudah ada belum ia. saya kena kemarin kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk decryptornya sudah ada silakan unduh Stop Decryptor v2.1.0.3 (link di atas) untuk mengatasi virus tersebut. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain ikut terbantu...

      Delete
  5. assalamualaikum.
    bos,
    punten nub mau tanya,l di folder E di laptop saya semua di dalam,y berformat roldat , mengatasi,y gmna ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam Hallo Flamingo, untuk Ransomware tipe roldat sudah ada decryptornya yang bisa anda unduh di atas (Stop Decryptor !New) silakan cek kembali linknya Dan cara penggunaannya sudah dijelaskan pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung...

      Delete
    2. sdah saya unduh untuk semua software yang tertra di link, stop decryptor dan mnjalankan.y tetpi di file masih tertera formatan roldat.

      Delete
    3. Stop decryptor seharusnya bisa mengatasi file .roldat . Pastikan stop decryptor dijalankan dengan mode administrator dan Pastikan juga anda melakukan langkah-langkahnya dengan benar. Jika masih kesulitan anda bisa menghubungi kami melalui email yang tertera di halaman contact untuk lebih spesifik.

      Delete
  6. Kalo untuk .XVXKO ada belum ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Arfan, untuk tipe .XVXKO belum ada decryptornya namun kami akan update kembali jika sudah ada penawarnya. Pastikan anda cek artikel ini kembali nanti, atau anda mungkin bisa bookmark artikel ini pada browser anda. Karena kami akan selalu update artikel ini jika ada yang terbaru.

      Delete
    2. kalau .dutan sudah ada kah

      Delete
  7. Replies
    1. Untuk virus tipe dutan sudah ada decryptornya dari kemarin. Silakan unduh stop decryptor V2.1.0.3 melalui link yang sudah tertera diatas.

      Delete
  8. Assalamualaikum gan... file saya terkena virus Foldan atau ransomware apakah bisa dikembalikan sperti semula gan agar bisa melihat file2 yg tersimpan gan... terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Raffa, untuk virus tipe fordan belum ada decryptornya silakan cek artikel ini kembali nanti. Sambil menunggu decryptornya alangkah baiknya anda mencoba cara-cara lain yang sudah dijelaskan di atas.

      Delete
  9. Maaf admin komputer saya terkena forasom, saya sudah coba pakai aplikasi stop decryptor V2.1.0.3 diatas tapi masih tidak bisa menghapus virus forasom.
    harap solusiya admin
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya virus ransomware denga tipe forasom bisa diatasi dengan Stop Decryptor terbaru. Pastikan anda menjalankan aplikasinya dengan mode administrator dan pastikan juga anda melakukan langkah-langkahnya denga benar.

      Perlu diketahui juga apakah apakah ID Keys yang tertera pada virus merupakan ID Keys online atau offline ? Jika yang terdapat pada virus tersebut adalah ONLINE KEYs maka semua itu belum ada penawarnya karena untuk ONLINE KEYs meskipun berhasil di decrypt namun akan kembali lagi seperti semula disebabkan ID Keys yang selalu update dari pihak pembuat virus. Adapun yang dapat diatasi adalah OFFLINE KEYs.

      OFFLINE KEYs untuk virus forasom adalah : jWOnMXbnka33AZT1RlCj0QSRbhhZHNASDvqHrDt1 silakan anda cek kembali perihal ID Keys yang menginfeksi virus anda.

      Untuk lebih lanjut dan lebih spesifik anda bisa menghubungi kami melalui email yang tertera pada halaman Kontak , kami akan membantu anda sebisa kami. Jangan lupa untuk berlangganan melalui widget yang tersedia agar tidak ketinggalan informasi lainnya.

      Delete
  10. Assalamualaikum gan... file saya juga terkena virus Fordan atau ransomware apakah sudah ada decryptornya, trimakasih,dan saya tunggu pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Hallo Aji, untuk virus ransomware jenis fordan belum ada decryptornya. Pastikan anda cek artikel ini kembali nanti. Kami akan update selalu jika ada hal baru...

      Delete
  11. Replies
    1. Hallo Toriq, untuk virus Ransomware tipe codnat / codnat1 masih belum ada decryptornya. Silakan cek artikel ini kembali nanti.

      Delete
  12. Untuk ransomware grovat ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk grovat sudah ada decryptornya. Silakan unduh Stop Decryptor New! diatas.

      Delete
  13. mas untuk virus ransomware jenis fordan apakah sudah ada decryptornya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fordan masih belum ada decryptornya mas, silakan cek artikel ini kembali nanti.

      Delete
  14. Maaf admin komputer saya terkena forasom, saya sudah coba pakai aplikasi stop decryptor V2.1.0.3 diatas tapi masih tidak bisa menghapus virus forasom.
    yang muncul adalah seperti dibawah.

    [-] No key for ID: 5txLIo2MqVn30LVNdAFmAiHyqGXoDbdkeFuFHFPk (.forasom )

    Decrypted 0 files!
    Skipped 1 files.

    [!] No keys were found for the following IDs:
    [*] ID: 5txLIo2MqVn30LVNdAFmAiHyqGXoDbdkeFuFHFPk (.forasom )
    Please archive these IDs and the following MAC addresses in case of future decryption:
    [*] MACs: 26:FD:52:86:EF:A7, 00:26:37:BD:39:42, 56:FD:52:86:EF:A7, 24:FD:52:87:3E:AD, 16:FD:52:86:EF:A7, 20:89:84:9F:1E:54, 24:FD:52:86:EF:A7
    This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt

    Kira2 apa masalahnya ADMIN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sudah dijawab komentar sebelumnya di atas, silakan baca kembali jawaban untuk mengetahui perihal ONLINE dan OFFLINE KEYs.

      Jika Stop Decryptor melewati file anda (skipped) itu artinya virus anda terinfeksi oleh ONLINE KEYs yang mana hal ini selalu update dari server pembuat virus. KEY ID untuk virus ransomware tipe forasom adalah : jWOnMXbnka33AZT1RlCj0QSRbhhZHNASDvqHrDt1 jika yang terdapat pada file anda berbeda dengan ID KEY tersebut maka anda memiliki ONLINE KEYs.

      Adapun jika file memiliki ONLINE KEYs maka kami TIDAK BISA MEMBANTU, karena tidak ada cara untuk mecegahnya dari server pembuat virus yang selalu update. Hal yang harus anda lakukan adalah mengarsipkan atau mengamankan file tersebut dan kemungkinan menunggu untuk solusinya di masa yang akan datang.

      Kami akan selalu update jika ada solusi terbaru, silakan anda coba cara lain yang sudah dijelaskan di atas jika masih belum bisa maka anda harus menunggu untuk solusi selanjutnya. Terimakasih...

      Delete
  15. Laptop saya terkena virus .dotmap tapi setelah didecrypt no key IDs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk virus Ransomware tipe .dotmap Masih belum support decryptornya. Silakan baca dahulu tentang virus baru Yang sudah ada decryptornya (UPDATE RANSOMWARE!) Pastikan anda cek artikel ini kembali nanti.

      Delete
    2. Virus dotmap sudah ada decryptornya jika yang muncul adalah pesan no key IDs silakan baca FAQs di atas.

      Delete
  16. Utk .radman ada ga gan decrytornya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar baik untuk virus radman sudah ada decryptornya. Silakan unduh Stop Decryptor melalui link yang tersedia di atas.

      Delete
    2. kena juga nih gan...stop decryptor ngga bisa... kena .radman

      Delete
    3. Tidak bisanya bagaimana Gan ? Silakan jelaskan dan Pastikan anda baca tentang FAQs nya. Radman udh ada decryptornya tapi hanya untuk offline key.

      Delete
  17. Laptop saya barusan kena .radman, saya sudah cb pake stop decryptor tapi msh belum bs.
    Mohon solusinya.. Tks.

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Sudah ada, silakan unduh stop decryptor versi terbaru.

      Delete
  19. Siang om..untuk virus .roldat apakah sudah ada??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk roldat dengan ID KEYS OFFLINE sudah ada decryptornya. Langsung unduh stop decryptor versi terbaru di atas.

      Delete
  20. Min, cara mengatasi Ransomware .ferosas gimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk virus ferosas baru keluar nantikan update an selanjutnya.

      Delete
  21. Untuk virus .dotmap terbaru apakah sdh ada min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dotmap silakan langsung unduh stop decryptor versi terbaru di atas.

      Delete
  22. untuk ransomware yang ubah fomat file menjadi NHCR decryptornya sudah ada belum ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tipe NHCR termasuk kategori baru, kami masih belum bisa mengidentifikasi virus yang ini. Nantikan selalu update selanjutnya...

      Delete
  23. kena ferosas dari kuyhaa.. ada yg tau gimana decrypt nya. help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ferosas masih baru virusnya jadi belum ada decryptornya. Pantau terus artikel ini...

      Delete
  24. gan aku kena virus, ferosas bisa balik lagi nggak yah file nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika masih terinfeksi oleh offline keys masih bisa. Tapi Karena ferosas adalah virus baru jadi decryptornya masih belum ada. Pantau terus artikel ini nanti bakalan update lagi.

      Delete
  25. gan laptop sy kena .ferosas so semua file2 ber extensi .ferosas, mohon bantuannya untuk mengembalikan file normal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu update selanjutnya ya. Virus ferosas masih Baru jadi belum ada decryptornya.

      Delete
  26. halo min, kalau virus .ducvuirn sama .ncnut cara untuk recovery datanya gmn ya? bisa di recovery ga ya filenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ritarifa, untuk kedua jenis virus tersebut masih baru di bulan Mei 2019. Pantau terus artikel ini ya..

      Delete
  27. Untuk .verasto sudah ada belum ya deskriptornya?
    kalau sudah ada tolong share ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat verasto kami sudah mencari decryptornya namun masih belum ditemukan. Nantikan update an selanjutnya yaa..

      Delete
  28. om klo untuk bufas sudah ada blom??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bufas sudah ada bisa download Stop Decryptor versi terbaru di atas.

      Delete
    2. sepertinya pc sy terjangkit versi online nya om :(

      Delete
    3. Bisa diberitahu bagaimana pesan yang muncul ketika menggunakan decryptor ?barangkali ada yang salah, namun jika memang benar terinfeksi oleh ID KEYs Online maka kami belum bisa membantu, kami sudah mencari solusinya Dan menanyakan ke beberapa orang spesialis dalam menangani virus namun mereka pun masih belum punya solusinya. Mudah²an di masa yang akan datang untuk Yang online bisa teratasi.

      Delete
    4. [+] File: E:\aaaaa\IMG-20190202-WA0011.jpg.bufas
      [-] No key for ID: ZrXB3keeRnZ4Hx2eCRhBaQDhOjtbii5uBlNspnOf (.bufas )

      [+] File: E:\aaaaa\IMG-20190202-WA0012.jpg.bufas
      [-] No key for ID: ZrXB3keeRnZ4Hx2eCRhBaQDhOjtbii5uBlNspnOf (.bufas )

      Decrypted 0 files!
      Skipped 13 files.

      [!] No keys were found for the following IDs:
      [*] ID: ZrXB3keeRnZ4Hx2eCRhBaQDhOjtbii5uBlNspnOf (.bufas )
      Please archive these IDs and the following MAC addresses in case of future decryption:
      [*] MACs: 30:9C:23:9C:92:20
      This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt

      Delete
  29. Untuk .skymap sudah ada belum ya deskriptornya?
    kalau sudah ada tolong share ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skymap masih belum ada decryptornya. Kami sedang berusaha untuk mencari solusi virus skymap karena virus ini tergolong sulit untuk di decrypt

      Delete
  30. bang kalo untuk mogera gimana bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mogera masih belum terdeteksi dan masih tergolong virus yang baru. Kami belum bisa membantu, namun selalu nantikan update dari artikel ini.

      Delete
  31. gan, dari yang saya baca dari artikel agan ini saya harus menunggu solusi yang akan datang karena saya kena todarius online.. nah kemudian dalam masa sepenungguan ini apa yang harus saya lakukan sama file saya ini gan? takutnya kan malah nular kemana2. terimakasih atas perhatiannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal yang bisa anda lakukan adalah :
      1. Masukan file yang terinfeksi ke dalam bentuk rar / zip.
      2. Setelah itu anda bisa upload ke drive online seperti google drive, mediafire dll.
      3. Ketika decryptor sudah ada, anda bisa langsung mengunduh file tsb dan coba untuk decrypt.

      Perlu diketahui bahwa online keys ini masih tergolong sulit untuk diatasi. Bahkan Malware Hunter Team (Spesialis penanganan virus) masih belum bisa mengatasinya. Jadi mungkin butuh waktu beberapa tahun sampai solusi ini benar-benar ada. Selalu pantau artikel ini dan selalu hati-hati ketika berselancar di internet.

      Delete
  32. masyaAllah.. file saya yang terinfeksi totalnya 50Gb gan . . 😂
    pedih juga ya . .

    terimakasih atas jawaban & perhatiannya gan . .

    salam olahraga . !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk online keys kami masih belum bisa membantu. Karena pembuat virus selalu update untuk hal ini. Mudah-mudahan kami menemukan solusinya di masa yang akan datang..

      Delete
  33. assalamualaikum gan..
    file saya terkena skymap
    laptop uda terlanjur saya instal
    tapi file uda saya backup
    apakah sudah ada decryptor nya gan?
    tolong gan
    saya oerator sekolah
    file yg terkena itu file UNBK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, untuk skymap ini masih tergolong virus baru. Tim penanganan virus sudah mencoba untuk membuat / mencari solusi untuk mengatasi virus ini. Namun untuk sekarang masih belum ada solsuinya. Silakan tunggu update an selanjutnya dari artikel ini. Kami akan mencoba untuk mencari solusinya. Sebelumnya silakan anda coba juga cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Terimakasih...

      Delete
  34. min untuk virus mogera belum ada obat kah? sedih gue semua file gk bisa di buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mogera masih tergolong virus baru setelah skymap. Tunggu update selanjutnya...

      Delete
  35. sy juga kena virus verasto, sudah 1 bulan msh blm bisa pakai stopdecryptor

    ----------------------------------------
    STOPDecrypter v2.1.0.6
    OS Microsoft Windows NT 6.1.7601 Service Pack 1, .NET Framework Version 4.0.30319.42000
    ----------------------------------------

    No key for ID: 6av3pD8VseaBi6NnDY0gw9jIYmuwq9q1vJOWBfV8 (.verasto )
    Unidentified ID: 6av3pD8VseaBi6NnDY0gw9jIYmuwq9q1vJOWBfV8 (.verasto )
    MACs: D4:3D:7E:9A:98:94
    Decrypted 0 files, skipped 1740

    bingung sapa tau punya solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah anda sudah kami jelaskan di bagian FAQs (Frequently Asked Questions) di atas dan silakan baca kembali perihal ONLINE KEYs yang sudah dijelaskan pada artikel ini . Stop decryptor hanya mendukung virus untuk OFFLINE KEYs saja.

      Delete
  36. untuk id ini udh ada blm min?

    [!] No keys were found for the following IDs:
    [*] ID: xP09qAGGfTqvoKoVHc5wQlMX0FMvIyz7xSUhmjFj (.dotmap )
    Please archive these IDs and the following MAC addresses in case of future decryption:
    [*] MACs: 48:BA:4E:5E:87:4E, D6:6A:6A:AA:3F:9D, D4:6A:6A:AA:3F:9D, D4:6A:6A:AA:3F:9E
    This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kami bahas di FAQs. Silakan baca kembali...

      Delete
  37. hello gan...
    apakah jenis .rezuc sudah bisa ditangkal ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Virus rezuc masih baru di akhir Mei ini. Tunggu update selanjutnya..

      Delete
    2. Saya juga kena .rezuc bagaimana ya min ? Kena di 3 partisi data. Banyak data penting min. Terima Kasih

      Delete
  38. Kalau yg rectot gan?? Unduhnya yg mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan unduh Stop decryptor di atas, silakan lihat cara penggunaannya dan FAQs.

      Delete

    2. Yg di unduh, yg new itu yah gan? Soalnya yg lain ku cek ngk ada untuk rectot

      Delete
    3. Betul, stop decryptor yang mendukung banyak tipe.

      Delete
    4. Brarti kita harus menjalankan dalam. Save mode,, otomatis harus ikutin langkah langkahnya dari awal deskripsi yh gan??

      Delete
    5. Untuk masuk safe mode lebih bagus. Iya sebaiknya ikuti semua cara di atas dari awal untuk hasil yang maksimal jangan hanya mengandalkan decryptor saja..

      Delete
  39. Hai Min, untuk .rezuc sudah ada solusi nya belum ya min ? 3 partisi saya kena, banyak data penting ga bisa dubuka. Mohon bantuan dan solusinya Min. Terima Kasih

    ReplyDelete
  40. Met siang gan,
    Ini mau laporan pas mau donlot2 decryptor malah muncul iklan2 gak jelas, dikhawatirkan iklan tersebut disusupi virus adware dan ransomware, contohnya pas mau donlot stop ransomware ini setelah klik skip iklan diarahkan kesini
    *https://infosehatku.club/links/post/1-6-5-positive-things-that-can-you-learn-from-spongebob?a=yJ4VOdG6EXm lalu diarahkan kesini *https://craydark.pw/itBijexW4tbTS9g8xadln/3276?param_2=9759

    Mohon dipermudah dan iklannya difilter agar tdk disusupi virus.
    Makasih banyak.

    https://s.id/PendikAsyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas feedbacknya. Link sudah diperbarui silakan download ulang..

      Delete
    2. Terima kasih banyak laporan sudah ditindaklanjuti.
      Saya turut terbantu dengan adanya cara decrypt file yg terkena ransomware.
      Semoga lancar dan banyak manfaatnya buat pengguna komputer.
      Makasih banyak gan.

      Delete
    3. Sama-sama, virus ransomware makin lama semakin banyak tipenya. Mudah-mudahan artikel ini bisa selalu update tepat waktu. Terimakasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat...

      Delete
  41. 6se9RaIxXF9m70zWmx7nL3bVRp691w4SNY8UCir0 - .djvu* variants, .promos

    min ini mana id dan password nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijelaskan maksudnya password apa ? ID Keys yang sudah diberikan adalah contoh ID keys offline yang dapat diatasi oleh decryptor.

      Delete
  42. kak, ini laptopku kena virus .stone, banyak file penting yang tidak bisa dibuka, bagaimana ya kak solusinya, apa sudah ada penawar untuk virus .stone ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ririn, untuk virus stone masih baru di bulan Juni 2019 ini. Tunggu update selanjutnya yaa..

      Delete
  43. Gan laptop saya kena virus .rezuc,,please Gimana solusinya...semua file di drive selain Drive C terenkripsi...mohon bantuannya Gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filre rezuc sudah bisa di atasi dengan menggunakan Stop Decryptor di atas. Silakan langsung download saja..

      Delete
    2. Maaf min. Buat .Rezuc masih blm bisa pakai yg terbaru juga mohon bantuannya, tertulis no key beda id nya data kantor semua ga bisa dibuka makasih

      Delete
    3. Saya juga terkena .Rezuc tapi pakai yg terbaru jg msh bisa min gimana solusinya mohon bantuannya mkasih

      Delete
  44. Tanya min, untuk .lanset ada ndak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arif, untuk virus .lanset masih baru di bulan Juni 2019 pantau terus artikel ini dan tunggu updatenya.

      Delete
    2. Virus lanset udh ada decryptornya. Silakan cek link download Stop Decryptor terbaru..

      Delete
  45. Om,untuk descriptor
    .redmat
    Sudah ada
    Baru Karen saya kena

    ReplyDelete
  46. Asslmkm Om,untuk deskriptor
    .redmat
    Sudah ada
    Baru seminggu yang lalu saya kenanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat redmat masih belum ada decryptornya. Pantau terus artikel ini..

      Delete
  47. assalammualaikum, bang saya kena virus .boston gimana cara mengatasinya?
    semua file tidak bisa di buka,mohon bantuannya bang terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam, untuk virus .boston belum ada decryptornya. Tunggu update selanjutnya..

      Delete
  48. Gan saya terkena virus .BOSTON ntuh gma y gan cara ngatasinya .. apa sama aj kaya di ats ?

    ReplyDelete
  49. gan key untuk .boston gk ad ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boston masih baru di bulan Juni gan, tunggu update selanjutnya...

      Delete
  50. assalamualaikum gan
    gimana kabarnya untuk virus skymap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skymap udh ada, silakan download Stop Decryptor versi terbaru di atas...

      Delete
  51. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Ijin gan untuk Ransomware Muslat
    apakah suadah ada senjatanya apa belum untuk melumpuhkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muslat masih baru di bulan Juni. Tunggu update selanjutnya...

      Delete
  52. Gan mau tanya, semua file saya terenskrip dgn format .heroset,, apakah bisa di kembalikan Gan.. Mohon petunjuknya gan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heroset sudah bisa di atasi dengan Stop Decryptor di atas. Sebelum menggunakan pastikan anda membaca cara menggunakannya dan FAQs.

      Delete
  53. Maaf min. Buat .Rezuc masih blm bisa pakai yg terbaru juga mohon bantuannya, tertulis no key beda id nya data kantor semua ga bisa dibuka makasih

    ReplyDelete
  54. ID: 2BEnLq31SMbqBW0AgjKK4CDEHHsSLPHshwMYpPrx (. rezuc)
    Ini id .recuz punya saya gan tolong bantuannya pake yg baru blm bisa mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ID KEYs yang bisa diatasi oleh Stop Decryptor di atas adalah : C1WKOJdn7siJOSKrKnoKRy5tH9aSxwMzpaUzgst1, jika ID KEYs anda berbeda berarti kemungkinan besar anda terinfeksi oleh ID KEYs Online dan maaf kami belum bisa membantu. Silakan baca FAQs di atas untuk alasannya..

      Delete
  55. saya sudah coba pake ini gan Stop Ransomware Decryptor v2.1.0.9 New! tetep ga bsa euy.
    untuk .mogera apakah sudah ada penanganan nya gan.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  56. stop ransomwarenya tidak bisa terinstal di LP sya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa bagaimana ? Apa pesan yang muncul ? Pastikan juga untuk membaca FAQs di atas.

      Delete
    2. THE APPLICATION WAS UNABLE TO START CORRECTLY

      Delete
    3. langkah apa yang harus sya lakukan

      Delete
    4. Itu berarti ada komponen yang tidak terinstall di Windows anda. Silakan perbarui net framework beserta aplikasi sistem lainnya dan matikan antivirus.

      Delete
  57. the application was unable to start correctly

    ReplyDelete
  58. Pc saya terinfeksi heroset, apa ada penawarnya min???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk heroset silakan download Stop Decryptor di atas. Sebelumnya silakan baca cara penggunaan, ID KEYs dan FAQs yang tertera di artikel ini.

      Delete
  59. maaf Admin..
    Pc saya terinfeksi oleh bufas,
    saya telah mencoba menggunakan Stop Ransomware Decryptor v2.1.0.9
    tetapi tidak berhasil juga.
    apakah agan-agan disini bisa membantu saya

    ReplyDelete
  60. [!] No keys were found for the following IDs:
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.bufas )
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.rar )
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.exe )
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.xlsx )
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.docx )
    [*] ID: iE5qxqT7ffEzQqdUb0LtnCPwfn0YDkpVZumwVgt1 (.jpg )
    Please archive these IDs and the following MAC addresses in case of future decryption:
    [*] MACs: D0:50:99:4B:9B:84
    This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt


    seperti itu tampilan log dari Stop Ransomware Decryptor v2.1.0.9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca FAQs sudah dibahas permasalahannya.

      Delete
  61. kapan ya keluar untuk id ini
    ID: xP09qAGGfTqvoKoVHc5wQlMX0FMvIyz7xSUhmjFj (.dotmap )

    Decrypted 0 files!
    Skipped 1 files.
    [!] No keys were found for the following IDs:
    [*] ID: xP09qAGGfTqvoKoVHc5wQlMX0FMvIyz7xSUhmjFj (.dotmap )
    Please archive these IDs and the following MAC addresses in case of future decryption:
    [*] MACs: 48:BA:4E:5E:87:4E, D6:6A:6A:AA:3F:9D, D4:6A:6A:AA:3F:9D, D4:6A:6A:AA:3F:9D, D4:6A:6A:AA:3F:9E
    This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt

    ReplyDelete
  62. Untuk .muslat sudah ada belum min solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muslat masih baru di bulan Juni tunggu update selanjutnya.

      Delete
  63. Laptop saya terserang virus .rectot, gimana solusinya gan ? Mhon bantuannya

    ReplyDelete
  64. hai admin

    Data saya kena virus muslat. Apakah bisa diperbaiki ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan download stop decryptor terbaru di atas. Sebelumnya silakan baca FAQs dan cara penggunaanya.

      Delete
    2. Saya sudah pake stop decryptor yg baru gan untuk file muslat, cuma sebagian kecil aja yg berhadil decrypted, lainnya skipped dan masih tetap gk bisa di buka, kenapa ya?

      Delete
  65. Kak kalo untuk virus Gerosan ad gk ?

    ReplyDelete
  66. kak minta tolong dong buat yang
    .sarut

    key id: olyewL9hDmg5AqlX3xDQ3llhXNSpjmo7uwQPwYtD

    butuh banget hehe

    ReplyDelete
  67. untuk yang muslat blm bias yaaa ka?

    ReplyDelete
  68. BAGAIMNA CARA MENGEMBALIKAN FOLDER DAN FILE "RADMAN"

    ReplyDelete
  69. gan sudah dapatkah keyonline nya?

    ReplyDelete
  70. Replies
    1. Masih baru di bulan Juni. Pantau terus artikel ini...

      Delete
  71. untuk virus mogera bagaimana cara membuka file yang terkena virus tersebut

    ReplyDelete
  72. gan software stop derpternya ko gx bisa kebuka ea

    ReplyDelete
  73. Sangat terbantu dengan website ini, berharap mimin yg punya website ga bosen dan marah dengan orang yg tanya decryptor, dan juga senantiasa selalu berkontribusi aktif.

    Pas pertama kali kesini langsung ketemu solusi file kena virusnya, dan alhamdulillah bisa kembali dikit, ya gpp lah daripada hilang semua

    Sekarang malah kena lagi, virus redmat yg ga ada obatnya, ya ampun

    Pokoknya terima kasih buat mimin yg punya blok dan yg menjawab semua pertanyaan netizen, semangat sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas pengertiannya, memang padahal sudah diberitahu di awal artikel untuk membaca artikel ini secara keseluruhan supaya tidak ada pertanyaan yang sama.

      Untuk ransomware ini memang tidak semuanya bisa didekripsi dan terlebih lagi yang sudah terkena Online Keys. Mudah-mudahan di masa yang akan datang ada solusinya. Kita jadikan saja hal ini sebagai pembelajaran supaya nanti tidak terjadi hal yang sama . Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa kembali yaa..

      Delete
  74. Sorry gan nanya mungkin bsa bantu solusinya. Sya sdh pke stop depcry terbaru untk virus Rezuc. Tp hsilny no key.. ap rezuc termasuk key online karna d'nmer 35 ad key offline rezuc. Thanks..

    ReplyDelete
  75. Good night! I am reporting that I was hit by Ransomware with the .dalle extension end
    The following is the STOPDecrypter log information:

    "

    Unidentified ID: cfHxY6FTOzeH5d8MzBX7NpjgRlj5m7y3Dr11lZEy
    MACs: 40:16:7E:23:B6:FA, EC:08:6B:1C:BE:BD, EC:08:6B:1C:BE:BD
    ----------------------------------------
    STOPDecrypter v2.1.0.13
    OS Microsoft Windows NT 6.2.9200.0, .NET Framework Version 4.0.30319.42000
    ----------------------------------------
    No key for ID: cfHxY6FTOzeH5d8MzBX7NpjgRlj5m7y3Dr11lZEy (.dalle )
    Unidentified ID: cfHxY6FTOzeH5d8MzBX7NpjgRlj5m7y3Dr11lZEy (.dalle )
    MACs: 40:16:7E:23:B6:FA, EC:08:6B:1C:BE:BD, EC:08:6B:1C:BE:BD
    Decrypted 0 files

    "

    I pray from today so that a solution appears!
    Thanks for listening!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, .dalle extension is still new in June 2019 so that you can't use Stop Decryptor v2.1.0.13 right now. Wait for the next update.

      You also can see the supported extension by click the about menu on the application.

      Thanks for visit, this article always update if there is something new.

      Delete
  76. min saya kena ransomware .truke, apakah bisa diperbaiki?

    ReplyDelete
  77. Good night! I am reporting that I was hit by Ransomware with the .dalle extension end
    The following is the STOPDecrypter log information:

    STOPDecrypter v2.1.0.13
    OS Microsoft Windows NT 6.1.7601 Service Pack 1, .NET Framework Version 4.0.30319.42000
    ----------------------------------------

    No key for ID: iHhAYRxVMTvEQsOJ40UMq26dd8ysPMNMFvKKMyPj (.neras )
    Unidentified ID: iHhAYRxVMTvEQsOJ40UMq26dd8ysPMNMFvKKMyPj (.neras )
    MACs: D8:5D:E2:43:B8:AB, 1C:83:41:02:28:EE, D8:5D:E2:43:B8:AB, D8:5D:E2:43:B8:AC

    any update for this?
    please help

    ReplyDelete
  78. Min mohon bantuan dan pencerahan nya PC saya kena .redmat

    ReplyDelete
  79. saya di serang ransomware dengan type djvur... apa kh ada solusi

    ReplyDelete
  80. Padahal disitu ada offlineID .kiratos, tp masih gabisa balikin filenya. Satu Ransomware bisa berbeda IDnya ternyata. Dah seneng udh ada ofllineID untuk .kiratos, eh pas dicoba, cuman 4foto doang yg ke decrypt sisanya ke skip. Masih setia nunggu update berikutnya, kali aja bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jadi meskipun hanya satu jenis virus namun banyak Offline ID nya.. Terimakasih telah berkunjung, nanti akan ada update lagi..

      Delete
  81. Maaf admin.. Klo jenis .truke
    Udah ada blm penawarnya

    ReplyDelete
  82. Halo admin,
    Laptop saya terkena virus dengan no key for id : 8FYTofmh3Br2qHzE30QE9A6oZNAFVbUd4DnM1DUi (.lotep )

    Apakah bisa dibantu untuk mengatasinya?
    Terimakasih sebelumnya untuk admin.

    ReplyDelete
  83. untuk .dalle uda ada penawarnya belum ya gan..?

    ReplyDelete
  84. untuk type file yang diubah menjadi tcrdtnz sudah ada penawarnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ini virus baru, kami masih belum menemukan jenis virus seperti itu. Nantikan saja update selanjutnya..

      Delete
  85. Apakah jenis virus lotep yang menyerang data sudah bisa diperbaiki……?

    ReplyDelete
  86. Semua file berubah menjadi lotep……...apa solusinya…?

    ReplyDelete
  87. gan minta tolong key ini belum bias di decrypt

    ID: ORgDhrFvt5BN8zo0VoUOtWPiq8YKdltTQYfpUSu9 (.muslat )

    terimakasih sebelumnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ID Keys tersebut masih belum ada, pokoknya selain yang sudah dijelaskan ID Keys nya seperti di atas masih belum bisa di atasi. Mudah-mudahan nanti di masa yang akan datang ada solusinya..

      Delete
  88. kalau virus boston bisa di atasi sama decrypter nya...?

    ReplyDelete
  89. min, tolong banget untuk virus litar apakah ada decrpternya? saya cari format ini sepertinya baru ya?

    ReplyDelete
  90. Ka kalo kena virus gerosan bisa pake cara yg di atas?

    ReplyDelete
  91. untuk .BESUB bagaimana cara mengaasinya gan.. terimakasih

    ReplyDelete
  92. Assalamualaikum bang, bang punya saya terkena virus STONE, udah saya decript, tetapi filenya kaga bisa kebuka bang, corruft, cara mengatasinya bagaimana bang.
    Terima kasih bang.

    ReplyDelete
  93. Punten gan, untuk decryptor .besub sudah ada kah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah. Tp hanya untuk id offline gan. Cek download Decyrepternya.. di atas gan. Untuk versi 15'nya
      Trimakasih

      Delete
  94. Salam Gan. Untuk virus [.besub], menggunakan decryptor Versi 15 Stop Decryptor sudah bisa?

    ReplyDelete
  95. Halo admin, kalo untuk Ransomware
    .besub apa sudah ada decryptor nya?

    ReplyDelete
  96. malam admin saya baru td sore pc sy terkena virus ransomeware .cezor semua file sy berubah jd file tersebut. Apakah sudah ada penawarnya? karena datanya sangat2 di butuhkan.. mohon bantuannya admin.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak virus baru di bulan Juli termasuk cezor, hanya saja cezor masih belum ada decyptornya. Kami akan update jika sudah ada solusinya... pantau terus artikel ini.

      Delete
  97. Mohon bantuannya min laptop saya kena virus .litar ,saya tunggu update keys nya,terima kasih

    ReplyDelete
  98. Salam gan, saya juga kena Ransomware
    .besub apa sudah ada decryptornya ? saya tunggu update keys nya,terima kasih

    ReplyDelete
  99. Hai admin, laptop saya kemarin malam terkena virus ransomeware ".lokas". Apakah sudah ada penawarnya? Karena didalamnya terdapat beberapa data penting yang belum dibackup. Sekiranya admin dapat membantu saya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit hasil dari STOPDecrypter dilaptop saya :

      [+] Loaded 52 offline keys
      Please archive the following info in case of future decryption:
      [*] ID: QgSfMUOrfaH0dek2ALDvRqM0unpV7rDa6yjD6apH
      [*] MACs: 54:E1:AD:D0:C6:45, 62:14:B3:D2:CD:CF, 60:14:B3:D2:CD:CF, 00:FF:B8:0E:05:65, 60:14:B3:D2:CD:CF, 60:14:B3:D2:CD:D0
      This info has also been logged to STOPDecrypter-log.txt

      Delete
4571795084962316914