MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengubah Permalink Blogger agar SEO Friendly

Cara Mengganti Url Halaman Blog

Bagaimana cara mengubah permalink blogger agar lebih seo friendly dan apa saja kesalahan-kesalahan dalam mengubah permalink ? Permalink adalah singkatan dari permanen link yaitu URL atau alamat dari konten suatu website yang mengarah ke halaman tertentu.

Mengubah permalink menjadi lebih tertarget merupakan salah satu teknik SEO yang sering dilupakan oleh para Blogger pemula. Banyak sekali orang yang ketika membuat artikel langsung saja mempublikasikan setelah selesai tanpa mengubah dulu yang namanya permalink.

Permalink sendiri merupakan salah satu teknik SEO Onpage yang digunakan untuk meningkatkan kualitas suatu artikel sehingga lebih mudah peluangnya untuk menempati posisi pertama di Google. 
Masih banyak lagi teknik-teknik yang harus diterapkan agar artikel kita bisa menempati posisi pertama di Google contohnya seperti Menentukan Target Negara Utama Visitor Pada Website.

Apa itu permalink ?

Permalink adalah singkatan dari permanen link yaitu URL atau alamat dari konten suatu website yang mengarah ke halaman tertentu.

Jika anda mengunjungi suatu situs dan setelah itu anda klik salah satu konten yang terdapat pada situs tersebut. Maka anda akan melihat www.example.com/ini-adalah-permalink kata-kata yang terdapat setelah nama domain itulah yang disebut permalink. Ataupun jika terdapat tahun dan tanggal konten dibuat maka anda akan melihat seperti ini www.example.com/2019/04/ini-adalah-permalink dan kata-kata setelah tahun dan tanggal itu adalah permalink.

Baca Juga : Teknik Jitu Meningkatkan Visitor 

Tidak ada perbedaan secara signifikan untuk URL yang terdapat tahun dan tanggal dengan URL yang tidak terdapat hal itu. Hal ini hanya sebatas tampilan saja, umumnya jika kita menggunakan wordpress maka tanggal dan tahun bisa kita hilangkan berbeda dengan menggunakan blogger yang sudah menjadi bawaan asalnya.

Cara Mengubah Permalink Blogger

Adapun cara mengubah permalink blogger agar lebih SEO friendly adalah sebagai berikut...
  1. Ketika anda membuat sebuah artikel maka anda bisa lihat Setelan entri disebelah kanan dan pada bagian itu terdapat yang namanya Link
  2. Anda bisa klik Link → Tautan Permanen Khusus dan anda akan lihat permalink default bawaan blogger sendiri. Lalu anda bisa mengubahnya dengan menghapus atau menambahkan kata pada permalink tersebut.
  3. Bagaimana cara mengubah permalink blogger agar lebih seo friendly dan apa saja kesalahan-kesalahan dalam mengubah permalink ? Permalink adalah singkatan dari permanen link yaitu URL atau alamat dari konten suatu website yang mengarah ke halaman tertentu.
    Anda bisa melihat bahwa pada permalink bawaan blogger terdapat kata yang terpotong yaitu "agar" dan kata Stop Words yaitu "di". Bukannya itu mengikuti judul ? ya betul karena judul pun seharusnya jangan diberi kata Stop Words namun terkadang judul menjadi tidak nyambung jika terdapat kata hubung yang dihapus maka hal itu tidak masalah karena masih ada jalan alternatif yaitu mengubahnya di permalink dan karena judulnya terlalu panjang akhirnya terpotonglah sebagian kata-katanya


    Mungkin jika anda baru mendengar yang namanya Stop Words hal ini wajar karena jarang sekali diketahui. Stop Words adalah kata-kata yang dianjurkan untuk tidak digunakan dalam menentukan judul, meta deskripsi, meta kata kunci, permalink dan lain-lain. Untuk mengetahui daftar Stop Words bahasa Indonesia anda bisa mengunduh datanya di sini → Download Daftar Stop Words Indonesia.
  4. Nah sekarang agar lebih SEO permalinknya anda bisa hapus kata yang terpotong dan kata yang masuk ke dalam daftar Stop Words tadi. Atau, jika anda memiliki permalink seperti ini www.example.com/2019/4/cara-agar-artikel-bisa-masuk-pageone-google-mudah maka bisa anda persingkat sesuai kata kunci agar lebih tertarget seperti www.example.com/2019/4/cara-artikel-masuk-pageone dengan demikian Google akan lebih mudah untuk mengenali postingan anda karena permalink yang singkat namun tertarget.
  5. Bagaimana cara mengubah permalink blogger agar lebih seo friendly dan apa saja kesalahan-kesalahan dalam mengubah permalink ? Permalink adalah singkatan dari permanen link yaitu URL atau alamat dari konten suatu website yang mengarah ke halaman tertentu.
    Kata "di" dan "agar" dihapus. Anda juga boleh menghapus kata "cara" jika dirasa tidak diperlukan.
  6. Kebanyakan para awam adalah mengganti strip (-) menjadi garis bawah ( _ ) ini merupakan kesalahan fatal yang dapat membuat Google enggan mengindeks artikel anda. Google hanya mengenali strip (-) dan tidak mengenali garis bawah ( _ ) untuk pemisah kata dalam permalink. Jadi pastikan anda jangan pernah mengubah pemisah kata dalam permalink menjadi garis bawah.
  7. Jika semuanya sudah diatur anda bisa klik Selesai yang terdapat dibagian bawah.

Kesalahan Dalam Mengubah Permalink

Seperti yang sudah dijelaskan di atas dalam mengganti strip menjadi garis bawah ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan dalam mengubah permalink antara lain sebagai berikut...
  • Menambahkan simbol-simbol seperti #, ?, dan simbol lainnya.
  • Menambahkan huruf kapital. Biarkan saja semuanya dengan huruf kecil jangan ubah dengan huruf kapital.
  • Permalink yang tidak menyusun sesuai judul. Pastikkan anda mengubah permalink masih menyusun seperti judul postingan jangan memindahkan urutan kata a menjadi ke b begitupun sebaliknya.
  • Menyertakan kata Stop Words dalam permalink.
Mungkin itu daftar kesalahan dalam mengubah permalink blogger yang harus anda perhatikan. Saya pun dalam beberapa postingan kebelakang masih ada salah dalam menggunakan permalink karena saya masih belum tahu ilmunya dan mudah-mudahan dengan artikel ini anda tidak melakukan kesalahan seperti yang sudah saya jelaskan.


Itulah Bagaimana Mengubah Permalink Blogger yang Baik Untuk Meningkatkan SEO. Saya harap dengan adanya artikel ini anda mengetahui bahwa permalink juga merupakan salah satu SEO yang perlu diperhatikan. Tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini. Semoga bermanfaat...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Click here for comments 8 komentar:

  1. mantap suhu, saya follow lah blog nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Eva.. Semoga anda suka dengan konten kami.

      Delete
  2. Replies
    1. Tidak ada dibagian mananya ? Dan agan menggunakan WordPress atau blogger ?

      Delete
  3. untung nemu artikel ini, jadi paham tentang fungsi permalink terima kasih mas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama², terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa untuk kembali yaa..

      Delete
  4. Oh, permalink perlu di permak jadinya. Sip, suwon infonya

    ReplyDelete
4571795084962316914