MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Artikel Banyak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Artikel Banyak dan Cara Mengatasinya

Penyebab blog sepi pengunjung meskipun banyak artikel dan bagaimana cara mengatasi blog yang sepi pengunjung atau tidak ada visitor. Lalu bagaimana cara agar blog muncul di google dan bagaimana cara agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya serta bisa menghasilkan uang.

Seorang blogger baru pasti bertanya tentang penyebab blog sepi pengunjung / visitor meskipun banyak artikel. Hal ini wajar saja jika ditanyakan karena semua blogger pasti pernah merasakan hal ini. Jika hal itu terjadi juga pada anda maka anda harus tahu akan faktor penyebab blog sepi pengunjung, dan anda bisa segera mengatasi masalah tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan blog sepi pengunjung seperti umur blog yang masih baru, kurangnya memperhatikan SEO, tidak membuat konten berkualitas, dan lain-lain. Namun bagaimana jika semua itu sudah anda lakukan dan hasilnya tetap saja blog sepi pengunjung?.

Saya sudah merangkum semua penyebab blog sepi pengunjung yang bisa anda baca pada artikel ini.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Banyak Artikel

Jika situs anda masih saja sepi pengunjung walaupun sudah memiliki artikel yang banyak atau berbagai optimasi sudah dilakukan mungkin di bawah ini merupakan penyebabnya.

1. Umur Blog yang Masih Muda / Baru

Jika blog anda adalah blog yang baru dibuat beberapa bulan yang lalu, maka wajar saja jika hal ini terjadi. Google pun baru mendeteksi dan belum mengenali blog anda secara lebih spesifik. Ibaratnya seperti anda masuk dunia kerja, tidak semua orang akan mengenal anda dan anda perlu beradaptasi dengan karyawan-karyawan disana untuk menambah teman dan jika anda sudah memiliki banyak teman maka bos anda berpikir bahwa anda adalah orang yang mudah untuk beradaptasi sehingga bos anda pun ikut menyukai anda dalam dunia kerja.

Hal ini sama seperti blog, anda perlu beradaptasi dengan blog-blog yang usianya cukup tua dari blog anda sendiri pastinya mereka lebih senior dan lebih berpengalaman. Maka dari itu anda jangan mencoba untuk mengalahkan mereka dalam pencarian Google namun hormati mereka dulu dan  mulailah dari bawah bersama blog-blog yang masih baru juga. Ketika blog anda sudah cukup lama dan anda konsisten untuk update artikel maka bos Google akan mengenali blog anda dan kemudian bisa saja blog anda ini masuk PageOne dalam pencarian Google.

2. Tema Blog Anda Tidak SEO dan Human Friendly

Well tema juga sangat berperngaruh besar bagi blog anda. Ketika blog anda memiliki tema yang tidak SEO Friendly dan Human Friendly maka Google pun enggan untuk mengenali situs anda. Untuk mengetahui tentang SEO dan human friendly anda bisa lihat di sini : Web Analisis - Cara Cek Performa Website Anda dari Mulai Loading Time, SEO Friendy Test, Google Rank Check, Harga Website Sampai Kesalahan Website.

Juga ketika pengunjung anda datang ke situs anda namun ternyata situs yang anda miliki tidaklah enak untuk dipandang maka otomatis pengunjung pun memilih pergi dan tidak mau kembali lagi. Maka dari itu, perbaiki tema blog anda jika bisa anda beli lah tema premium yang benar-benar memiliki struktur yang baik atau mungkin jika anda seorang Web Developer anda bisa membuatnya sendiri.

3. Loading Blog yang Berat

Inilah yang membuat pengunjung tidak jadi mengunjungi situs anda. Ya hal paling utama karena loading yang lama, biasanya pengunjung hanya akan menunggu loading antara 3-5 detik dan menruut saya 5 detik ini merupakan loading yang paling lama. Lebih dari ini maka pengunjung akan mencoba untuk membuka situs yang lain. 

Loading yang lama juga disebabkan karena tema, terdapat kesalahan (Error 404), banyak gambar dan video yang berukuran besar, banyaknya javascript yang digunakan, banyaknya widget pada blog anda, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya anda bisa kunjungi : Cek Kecepatan Situs.

4. Membuat Judul yang Tidak Relevan

Tahukah anda ? bahwa judul dapat menentukan posisi artikel anda pada menu pencarian. Jika judul yang anda buat saja tidak relevan bagiamana orang akan mengetahui tentang artikel anda. Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger awam, banyak yang membuat judul hanya asal-asalan padahal anda seharusnya riset kata kunci terlebih dahulu barulah menentukan judul.

Anda juga bisa gunakan yang namanya long tail keyword pada judul. Lihat gambar di bawah.
Penyebab blog sepi pengunjung meskipun banyak artikel dan bagaimana cara mengatasi blog yang sepi pengunjung atau tidak ada visitor. Lalu bagaimana cara agar blog muncul di google dan bagaimana cara agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya serta bisa menghasilkan uang.
Saya mencoba mencari "Cara mengatasi laptop lemot" kemudian anda bisa gulir kebawah dan anda bisa lihat kata kunci turunan. Saya menggunakan Keyword Everywhere untuk mengetahui besar volume pencariannya. Anda bisa dapatkan di Google Webstore : Keyword Everywhere

Anda bisa lihat sendiri kata kunci "Cara mengatasi laptop lemot" dan "Cara mengatasi komputer hang" adalah kata kunci yang banyak dicari maka anda bisa membuat judul menjadi "Cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot dan hang" dengan ini orang yang mengetikkan kata kunci laptop, komputer, lemot dan hang semuanya masih terdapat dalam judul anda. Berbeda jika judul anda menggunakan kata kunci laptop, dan lemot saja maka ketika orang lain mengetikkan komputer kemungkinan artikel anda tidak akan muncul di bagian teratas.

5. Artikel Anda Tidak Berkualitas

Buatlah artikel yang berkualitas minimal 300 kata itupun paling sedikit, saya sarankan anda membuat artikel antara 800-1500 kata lebih dari itu lebih baik. Karena artikel yang memiliki kata cukup banyak memiliki peluang lebih besar untuk menempati posisi pertama pada pencarian Google.

Tetapi, anda jangan hanya fokus kepada panjangnya konten anda. Namun, perhatikan juga dalam kualitasnya seperti penjelasan yang tidak bertele-tele, mudah untuk dipahami, dan tentunya jangan copy paste. Buatlah artikel anda sendiri dengan gaya bahasa sendiri karena hal ini lebih berkah dan akan membuat artikel anda berbeda dengan yang lain karena gaya bahasa yang anda gunakan.

6. Jarang Update Artikel

Banyak yang bilang bahwa update artikel itu harus 1 hari 1 artikel. Membaca tulisan tersebut memang tidak salah, anda bisa posting artikel 1 hari 1 artikel asalkan anda mampu dan tidak malas. Penyakit blogger adalah malas, ketika mereka sudah diterpa kemalasan maka blog pun tidak akan terurus dan alhasil Google akan menganggap bahwa situs anda tidak ada keterlanjutan. Kemudian, artikel yang tadinya mungkin berada pada halaman satu sekarang turun menjadi halaman 4.

Hal ini tentunya berdampak bagi pengunjung juga, biasanya pengunjung mudah untuk menemukan situs anda sekarang pengunjung mudah untuk menemukan situs yang lain. Oleh karena itu, rutinlah dalam memposting artikel meskipun tidak 1 hari 1 artikel minimal 2 hari sekali, 4 hari sekali atau seminggu sekali. Kategori orang yang update konten dalam jangka waktu seminggu sekali menurut saya adalah orang yang sudah masuk kategori pemalas kecuali jika anda memang orang yang benar-benar sibuk dan repot untuk mengatur waktu.

7. Artikel Tidak Terindeks

Sesudah positng artikel jangan lupa unutk submit ke Google Webmaster. Master SEO sekelas Neil Patel pun masih menggunakan Google Webmaster ini, maka sudah sepatutnya kita para blogger awam melakukan hal yang sama. Google Webmaster akan membantu artikel anda agar cepat terindeks, untuk cek apakah artikel anda terindeks Google anda bisa melakukan hal ini.
  • Ketika anda mengunjungi dan membaca sebuah artikel maka akan terlihat url nya pada address bar. Tambahkan "site:http://www.situsanda.com/category/permalink" anda hanya perlu menambahkan kata site: sebelum url. Jika artikel anda terlihat di pencarian Google maka artikel anda sudah terindeks. Lihat gambar di bawah ini.
Penyebab blog sepi pengunjung meskipun banyak artikel dan bagaimana cara mengatasi blog yang sepi pengunjung atau tidak ada visitor. Lalu bagaimana cara agar blog muncul di google dan bagaimana cara agar blog terkenal dan banyak pengunjungnya serta bisa menghasilkan uang.

8. Backlink yang Kurang

Pernahkah anda mendengar istilah backlink ? jika belum anda bisa baca pengertiannya.
Backlink adalah link yang terdapat pada situs web lain yang bisa meningkatkan popularitas suatu situs web dan dapat menaikkan pagerank Google.
Backlink ini sangatlah berperan penting untuk kepopuleran blog anda. Ketika blog anda memiliki banyak backlink maka Google akan lebih mudah untuk mengenalinya. Backlink juga terdapat dua perbedaan yaitu dofollow dan nofollow serta anda juga bisa mendapatkan backlink gratis atau cuma-cuma. Selebihnya tentang backlink anda bisa klik link ini : Pengertian dan Cara Mendapatkan Backlink Gratis.

9. Tidak Membagikan Artikel ke Sosial Media

Kita ketahui bahwa sosial media merupakan tempat berkumpulnya orang-orang diseluruh dunia. Bahkan setiap detiknya orang yang aktif selalu saja ada, hal ini bisa anda manfaatkan untuk membagikan artikel anda. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah bagikan artikel anda bagi orang yang memang sedang membutuhkan. 

Contohnya, jika anda membuat artikel tentang resep masakan maka anda bisa bagikan artikel tersebut pada grup memasak. Hal ini memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendatangkan pengunjung dibandingkan anda hanya membagikannya pada kronologi anda sendiri.

10. Tidak Menentukan Target Pengunjung

Mungkin anda belum mengatur target pengunjung untuk blog anda sendiri. Padahal mengaturnya merupakan hal penting dan dapat meningkatkan artikel anda di SERP. Setelah anda mengatur target pengunjung pada blog anda Google akan lebih mudah untuk menyajikan artikel anda kepada orang-orang. 

Jika sebelumnya artikel anda ditampilkan secara universal  maka setelah semuanya diatur artikel anda mungkin lebih fokus ditampilkan hanya untuk beberapa negara saja atau bahkan satu negara saja seperti Indonesia. Untuk lebih lanjut anda bisa baca artikel ini : Cara Menentukan Target Pengunjung Untuk Meningkatkan SEO

11. Kurangnya Optimisasi Situs dan Konten

Optimisasi blog sendiri wajib hukumnya untuk dilakukan jika anda ingin blog anda berada pada pencarian teratas. Optimisasi ini terdapat dua jenis yaitu On-Page dan Off-Page.

SEO On-Page adalah teknik optimisasi yang digunakan pada situs itu sendiri yang bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah situs anda sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna atau tidak. Dengan kata lain, anda bisa mengoptimalisasi situs anda agar disukai oleh pengunjung. Mungkin seperti mengatur Heading1, Heading2 dan Heading lainnya untuk memisahkan antara pembukaan, isi, dan kesimpulan. Serta, navigasi blog yang dapat membuat pengunjung terbantu untuk menemukan apa yang ia butuhkan.
SEO Off-Page adalah teknik optimisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink, mempromosikan situs ke sosial media, dan lain-lain seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
Adapun contoh optimisasi SEO On-Page adalah dengan mengatur permalink dari sebuah artikel. Ikuti cara ini untuk meningkatkan SEO On-Page anda : Cara Mengubah Permalink Blogger agar SEO Friendly

12. Terlalu Banyak Optimisasi

Optimisasi merupakan hal penting dan perlu bagi blog anda. Berbeda cerita jika anda melakukan optimisasi terlalu banyak. Google akan menanggap semuanya itu adalah spam, dan akhirnya berdampak bagi blog anda. Contoh spamming yang sering dilakukan oleh para blogger awam adalah seperti mengulang kata kunci dalam jumlah yang terlalu banyak, ping artikel berkali-kali, backlink tidak beraturan, dan lain-lain. Jadi pastikkan optimisasi pun jangan berlebihan ya.

13. Gunakan Situs Traffic Exchange

Situs Traffic Exchange seperti hitleap, hit4hit, 10Khits  dan masih banyak lagi situs yang menyediakan traffic exchange lainnya. Menggunakan hal ini akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung anda dan anda tidak usah khawatir akan dianggap spam oleh Google karena pengunjungnya merupakan real human atau manusia asli bukan robot seperti jingling.

Anda biasanya harus mendapatkan poin terlebih dahulu dan setelah itu poin anda bisa ditukarkan dengan view artikel. Anda bisa ikuti tutorialnya di sini : Teknik Jitu Meningkatkan Traffic Blog dengan Traffic Exchange.

14. Blog Anda Terkena Google Sandbox

Nah untuk yang ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang mungkin tidak. Jika anda pernah membaca artikel Kaca Teknologi sebelumnya yang membahas tentang Google Sandbox maka saya pastikan anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini.

Google Sandbox adalah salah satu penalti yang diberikan oleh Google kepada blog atau website yang dapat menyebabkan hilangnya situs atau artikel situs dari indeks mesin pencari (Search Engine) yang dapat menyebabkan turunnya page rank situs dan akan berdampak kepada turunnya visitor.
Setelah membaca pengertian di atas ↑ apa yang anda pikirkan ? Kejam bukan ?. Ya, Google akan menghilangkan artikel atau situs anda dari mesin pencari atau paling ringannya yaitu jika hari ini artikel anda berada pada halaman pertama dan besok ternyata terdapat pada halaman 5-10 atau bahkan pada halaman terakhir. Hal ini merupakan salah satu efek Google Sandbox. Sangatlah merugikan, namun hal ini masih bisa anda atasi hanya saja mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Selebihnya baca di sini : Mengenal Bahayanya Google Sandbox - Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Nah itulah penyebab-penyebab mengapa blog anda sepi pengunjung. Saya harap setelah anda membaca artikel ini anda bisa langsung memperbaiki semua kesalahan yang ada dan bisa meningkatkan kualitas konten. Silakan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terimakasih...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 4 komentar:

  1. Ternyata banyak juga ya gan yang menjadi penyebab blog kita itu sepi pengunjung. Terima kasih untuk sharingnya, sangat bermanfaat sekali buat saya yang baru belajar ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama² Gan, yang penting kita jangan pernah nyerah itu kuncinya. Selalu rutin untuk update artikel diiringi dengan SEO nya juga nanti lama kelamaan bakalan banyak visitornya. Terimakasih susah berkunjung.. Jika masih ada hal yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk berkomentar lagi.

      Delete
  2. Bagus sekali nih mantaps bangeet 😁

    ReplyDelete
4571795084962316914