MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mempercepat Loading Iklan Google Adsense di Blog dengan Lazy Load Adsense

Cara Meringankan Loading Iklan Adsense

Memasang iklan yang banyak bagi para blogger tentu akan meningkatkan penghasilannya. Terlebih lagi jika banyak orang yang mengklik iklan tersebut, akan tetapi para blogger awam biasanya hanya memikirkan soal uang saja dan soal meningkatkan pendapatan melalui AdSense maupun jenis penyedia iklan lainnya. Blogger awam tidak pernah memikirkan apakah iklannya ini membuat pembaca "kesal" dan apakah iklannya ini malah membuat loading blog nya menjadi berat sehingga pengunjung yang baru datang pun akhirnya sudah terlebih dahulu meninggalkan blog tersebut.

Lalu bagaimana caranya untuk mempercepat loading iklan Google AdSense sehingga tidak memberatkan blog ? Pada artikel ini dijelaskan cara agar loading iklan adsense menjadi lebih cepat dengan 2 cara utama. Yaitu, menggunakan Lazy Load AdSense dan menggunakan satu kode asinkron saja untuk iklan. Di mana hal ini akan membuat loading iklan lebih cepat karena tidak terlalu banyak kode untuk dimuat.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Lazy Load AdSense ?

Lazy Load AdSense adalah iklan yang hanya tampil ketika anda menggulir browser anda. Contohnya jika terdapat iklan di bagian bawah blog maka sebelum anda menggulir ke bawah iklan tersebut tidak akan dimuat dan ketika anda sudah menggulir browser anda maka iklan akan dimuat / muncul.


Sudah paham kan bagaimana cara kerjanya ? Sekarang anda bisa perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini...

Cara memasang Lazy Load Adsense pada blog untuk mempercepat loading blog

  1. Buka menu Blogger → Tema → Edit HTML.
  2. Cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; kemudian letakan kode di bawah ini tepat di atas kode tersebut
  3. <script type='text/javascript'> //<![CDATA[ // Lazy Load AdSense var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0); //]]> </script>
  4. Sebelumnya jika anda sudah memasang script iklan AdSense, anda harus menghapus script tersebut. Alasannya karena pada kode di atas sudah disertakan kode untuk menampilkan iklan AdSense. Hapus kode AdSense seperti contoh di bawah.
  5. <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
  6. Setelah anda selesai menghapus semua kode iklan AdSense di atas maka anda bisa klik Simpan Tema kemudian silakan lihat hasilnya.

Apakah Lazy Load AdSense membuat pendapatan menurun ?

Jawabannya kemungkinan iya dan kemungkinan tidak. Semuanya berdasarkan di mana anda meletakan iklan anda. Jika anda meletakan iklan di bagian tengah atau akhir dipastikan iklan akan selalu muncul. Namun, jika anda menampilkannya di bagian atas biasanya browser perlu digulir ke bawah kemudian digulir lagi ke atas barulah iklan muncul. Jadi saran saya jika anda ingin menggunakan fitur ini pastikkan iklan anda diletakan dengan benar. Karena jika salah penempatan kemungkinan iklan anda tidak muncul dan malah membuat pendapatan menjadi menurun.

Akankah Google Membanned akun AdSense kita jika menggunakan fitur Lazy Load AdSense ?

Tentu tidak, Google tidak akan banned akun AdSense anda. Lazy Load hanyalah soal pemuatan iklan dalam situs sehingga tidak akan mempengaruhi iklan yang sebenarnya.

Baca Juga : Cara Menghasilkan atau Mendapatkan Pulsa Dari Internet Gratis 2019

Cara 2 : Mempercepat loading iklan Google AdSense dengan satu script asinkron

Ada cara kedua yaitu dengan menggunakan hanya satu script asinkron saja untuk iklan. Karena jika kita pasang semua script yang sama pada sebuah situs maka tetap saja semuanya akan diproses satu persatu padahal satu script saja sudah cukup untuk mewakili semua unit iklan Google AdSense.

Baca Juga : Cara Menghapus dan Mengatasi Akun Adsense yang Ditolak dan Duplikat Akun

Caranya adalah sebagai berikut...
  1. Perhatikan kode AdSense di bawah ini.
  2. <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <!-- Contoh Iklan -->
    <ins class="adsbygoogle"
    style="display:block"
    data-ad-client="..."
    data-ad-slot="..."
    data-ad-format="auto"></ins>
    <script>
    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
    </script>
  3. Coba anda lihat kode yang berwarna merah di atas. Itu merupakan kode untuk memuat semua iklan yang berada pada situs anda. Maka dari itu cari kode tersebut kemudian hapus semuanya dan sisakan satu script saja untuk ditempatkan di bawah </b:skin>.
  4. Jadi untuk semua iklan anda tidak perlu menambahkan kode asinkron (yang berwarna merah) lagi karena kode tersebut cukup satu saja yaitu tadi di bawah kode </b:skin>.
  5. Jika selesai, jangan lupa untuk Simpan Tema.
Baca Juga : 5 Daftar Profesi Bidang IT dengan Gaji Besar

Diantara Lazy Load dan kode asinkorn saya memakai yang mana ?

Diantara kedua cara di atas saya memakai cara yang ke 2. Karena cara kedua pun cukup lumayan untuk mempercepat loading blog akan tetapi Lazy Load unggul dalam hal ini. Hanya saja cara kedua di atas tidak akan mempengaruhi tampilan iklan berbeda dengan Lazy Load yang mempengaruhi tampilan iklan pada situs.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah jika anda ingin mempercepat situs anda secara sempurna meskipun banyak iklan anda bisa gunakan Lazy Load AdSense namun mungkin dengan pendapatan kurang stabil. Jika anda ingin mempercepat situs anda dengan kecepatan rata-rata dan penghasilan tetap stabil anda bisa gunakan cara yang kedua. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi pilihlah yang benar-benar anda butuhkan saat ini.

Sekian tutorial singkat mengenai Lazy Load dan kode asinkron untuk mempercepat loading iklan Google AdSense. Saya harap hal ini dapat membantu anda, silakan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan...
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 3 komentar:

  1. Makasih min artikelnya.. sangat membantu dalam mengembangkan blog saya.
    Makasih banyak pokoknya..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak atas infonya. Kak template ya ada versi updatenya dari dunia blanter di bulan November 2019 ini

    ReplyDelete
4571795084962316914