MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengedit Menu Bar atau Menu Bawaan Template Pada Blog 2019

Mengedit ataupun merubah sebuah Menu bar ( Menu Bawaan Pada Template Blog ) merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh setiap blogger pemula guna mempercantik tampilan Blog nya masing-masing. 


Dengan mempercantik tampilan Blog memang bisa menjadi daya tarik bagi siapapun pengunjungnya agar betah beralma-lama di Halaman yang dikunjungi. 

Menu Bar sendiri biasanya terletak pada bagian atas atau yang sering disebut Header Blog dimana menu ini biasanya terbagi menjadi beberapa bagian tergantung si pemilik blog ingin menambahkan berapa banyak kategori. 


Menu Bar sendiri merupakan salah satu elemen paling penting dalam struktur sebuah blog, sama seperti halnya Popular Post dan beberapa menu lainnya. 

Namun bagi seorang blogger pemula yang tentunya masih sangat bingung mengedit atau merubah tampilan menu bar ini terkadang masih menjadi kendala, banyak yang belum tahu Bagaimana sih caranya merubah atau mengedit menu bar? biasanya sebagian besar blogger pemula lebih memilih untuk mengurungkan niatnya merubah menu ini. 

Namun sebenarnya sangatlah mudah untuk bisa mengedit menu paling vital di blog ini, yaitu dengan cara Mengedit pada menu HTML. 

"Tapi saya gak paham HTML ( Hypertext Markup Language ) mas." 

Ya, bagi siapapun yang baru pertama terjun kedalam dunia blog jika langsung dikasih mengedit materi HTML memang cukup membingungkan, HTML sendiri sebenarnya sebuah bahasa pemrograman paling sederahan diantara bahasa pemrograman lainnya, seperti Phyton, Visual Basic, Java, Pascal, dan lain sebagainya.

Jangan khawatir buat sobat yang tetap ingin merubah Menu Bar tapi belum paham dasar-dasar HTML, disini akan diberikan tutorial secara lengkap yang mudah dikonsumsi bagi sobat yang baru saja berselancar di dunia blogging. 

Langsung saja ke TKP ya ... 

1. Buka Menu Tema Pada Menu Blog

Silahkan bagi sobat yang sudah mempunyai sebuah blog, langsung saja membuka pilihan menu "Tema" yang terdapat di samping kiri blog, seperti pada gambar berikut

Menu edit HTML Pada Blog



Setelah menemukan menu yang dimaksud, langsung saya sobat ke menu EDIT HTML seperti pada gambar diatas. 

2. Cari Nama Menu Yang Akan Diubah

Mencari nama menu yang akan diubah, misalnya disni saya akan mengubah nama Masakan menjadi nama Dunia Komputer yang nantinya akan digunakan sebagai menu yang hadir dalam blog saya, untuk mencarinya tentu sobat tidak harus mencari satu-satu karena akan sangat menguras waktu jika sobat mencari nama menu yang akan diubah. 

Sobat tinggal menggunakan trik CTRL + F kemudian ketikkan nama menu yang akan diubah, jika kurang jelas silahkan perhatikan contoh. 


Pada kolom pencarian seperti diatas, selanjutnya tinggal sobat ketikan nama menu yang akan diganti nantinya.

Misal mengubah nama masakan menjadi Dunia Komputer


Diatas merupakan sebaris menu yang telah saya edit yang awalnya bernama "masakan" menjadi sebuah "Dunia Komputer" 

Setelah sobat merasa sudah cukup untuk menu  yang diedit, jangan lupa untuk selalu menekan tombol save atau simpan agar perubahan yang baru saja diterapkan bisa langsung menerap pada blog sobat. 


Terkadang muncul sebuah catatan berwarna merah  jika kode yang disimpan gagal atau ada kesalahan edit didalamnya. 


Dan hasilnya akan seperti diatas setelah diedit, untuk sebuah template Premium biasanya sudah ditandai oleh si pemilik template dengan tulisan KODE MENU pada setiap baris HTML nya, tetapi jika masih menggunakan template bawaan dari Blog, sobat harus "sedikit lebih jeli" dalam mencari kode yang akan diubah nantinya. 

Nah sampai disini sobat sudah berhasil Cara Mengedit Menu Bar atau Menu Bawaan pada Template Blog yang sobat punya.

bagaimana, mudah bukan sobat? semoga bermanfaat ya.

Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914