MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Menutup Aplikasi Yang Hang, Lag atau Macet di Laptop atau Komputer

Cara Menutup Aplikasi Yang Hang, Lag tau Macet di Laptop atau Komputer - Sebuah aplikasi yang sedang dijalankan baik itu di Laptop ataupun Komputer memang terkadang tidak selamanya berjalan mulus sesuai keinginan kita, pernahkah sobat mengalami aplikasi yang sedang dibuka tiba-tiba mengalami Hang, Lag atau Macet? sangat menjengkelkan bukan?

Cara Menutup Aplikasi Yang Hang, Lag atau Macet


Aplikasi yang sedang kita gunakan terkadang menolak perintah apa yang kita minta, semisal hang, lag, atau macet sesekali kerap terjadi pada sebuah laptop ataupun Komputer yang sedang digunakan, "Lantas, apa penyebabnya"? pada artikel ini Kacateknologi.com akan membahas nya secara detail berdasarkan pengalaman kami. 

Penyebab Lag, Hang atau Macetnya Suatu Aplikasi 

Ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi terkadang tidak berjalan mulus selamanya, terkadang ada faktor-faktor tertentu yang menghambat berjalannya aplikasi yang kita gunakan. 

  • Faktor Memori, layaknya sebuah smartphone dengan level low android, ketika memori nya sudah mencapai batas maksimal untuk penggunaannya, begitupula dengan laptop atau komputer, ketika harddisk utama sudah penuh dan tidak mampu menampung lagi aplikasi, maka secara otomatis akan menghambat jalannya aplikasi lain ketika dibuka sehingga menyebabkan lag, hang ataupun macetnya sebuah aplikasi.
  • Terlalu banyak aplikasi dibelakang layar, terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang layar juga kadang menghambat aplikasi yang sedang kita jalankan, terlalu banyak aplikasi dibelakang layar terkadang membuat performa PC atau Laptop kita menjadi lambat alias lemot. 

Cara Menutup Aplikasi Yang Hang, Lag atau Macet di Laptop atau Komputer

Sampai pada ke inti pembahasan setelah membahas penyebab umum nya, aplikasi yang sedang berjalan sebenarnya bukan tidak bisa ditutup , kita masih bisa menutup aplikasi berjalan yang mengalami lag atau hang tetapi secara paksa. 

"Secara paksa"? yup, betul sekali tetapi secara paksa disini bukan pada laptopnya ya ( bukan pada hardware ) tetapi melalui sebuah menu khusus yang terdapat di setiap laptop maupun komputer, yaitu melalui menu Task Manager. 



Melalui menu Task Manager kita bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan ( front app ) termasuk menutup aplikasi yang hang ataupun lag. 

Caranya pun sangatlah mudah sobat mari ikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Buka Menu Task Manager

yang pertama, mari kita buka menu task manager biasanya terdapat di setiap laptop atau komputer, caranya klik kanan pada menu Windows kemudian pilih menu Task Manager , silahkan lihat gambar berikut. 

Klik kanan pada menu Windows kemudian cari menu Task Manager, atau bisa juga melakukannya dengan menggunakan searching feature, kemudian ketik Task Manager

2. Cari Aplikasi Yang Akan di Tutup

Setelah membuka Aplikasi Task Manager, akan muncul sebuah pop up atau jendela baru yang bernama Task manager, langkah selanjutnya sobat tinggal mencari aplikasi yang hang, lag atau macet sehingga bisa kita tutup secara paksa. 

Contohnya, disini saya akan menutup aplikasi Paint , cari aplikasi bernama paint di menu processes  ,setelah ketemu kita klik kiri kemudian tekan tombol End Task yang terdapat di pojok kanan bawah. 

Jika kurang jelas mari simak gambar berikut ini. 
Menu Taskbar






Nah setelah sobat menekan tombol End Task secara otomatis aplikasi yang tadinya hang, lag atau macet dan tidak bisa di close secara otomatis akan tertutup sendiri setelah menekan tombol End Task tersebut.

Sampai disini kita telah berhasil Cara Menutup Aplikasi Yang Hang, Lag, atau Macet di Laptop atau Komputer 

Bagaimana sobat? sangat mudah dan simple bukan? semoga artikel ini bisa membantu ya.


Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914