MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Meningkatkan Kecepatan Website - Mengatasi Leverage Browser Caching pada WordPress dan Blogger

GT Metrix - Mengatasi Leverage Browser Cache untuk Mempercepat Loading Website

Cara mengatasi leverage browser caching di WordPress dan blogger. Meningkatkan kecepatan website adalah suatu keharusan jika kita ingin situs kita tidak cepat ditinggalkan oleh pengunjung. Pemuatan situs yang berat biasanya dikarenakan banyaknya javascript, css, iklan yang berlebihan dan juga leverage browser caching. Itu semua merupakan salah satu penyebab mengapa loading website lambat ? meskipun penyebabnya tidak hanya itu saja namun banyak faktor lain seperti struktur situs, tidak mengaktifkan gzip compression dan lain-lain. Sebenarnya apa itu leverage browser caching ?  Leverage browser caching adalah instruksi yang diberikan pada browser yang bertujuan untuk mengkondisikan perlakuan pada situs web anda.

Meningkatkan kecepatan website adalah suatu keharusan jika kita ingin situs kita tidak cepat ditinggalkan oleh pengunjung. Pemuatan situs yang berat biasanya dikarenakan banyaknya javascript, css, iklan yang berlebihan dan juga leverage browser caching. Itu semua merupakan salah satu penyebab mengapa loading website lambat ? meskipun penyebabnya tidak hanya itu saja namun banyak faktor lain seperti struktur situs, tidak mengaktifkan gzip compression dan lain-lain.


Sebenarnya apa itu leverage browser caching ? 

Leverage browser caching adalah instruksi yang diberikan pada browser yang bertujuan untuk mengkondisikan perlakuan pada situs web anda.


Ketika anda membuka sebuah halaman situs web maka browser akan memuat semua elemen-elemen yang terdapat pada situs seperti javascript, css, gambar dan semua yang terdapat pada situs. Kemudian ketika anda memuat halaman lain pada situs maka browser tidak perlu memuat lagi elemen dasar karena tadi sudah dimuat pada pertama kali anda mengunjungi situs web.

Baca Juga : 

Hal tersebut yang membuat mengapa website berat saat pertama kali dikunjungi atau dimuat ? Jadi ketika kita menggunakan cache dan mengoptimalkannya hal ini akan membantu proses pemuatan situs agar lebih cepat.

Mengecek leverage browser caching pada GT Metrix

Untuk mengeceknya anda bisa memanfaatkan situs GT Metrix yang dapat memberikan informasi mengenai page speed situs anda. Anda bisa langusng mengetikkan alamat situs anda dan klik analyze untuk menganalisis situs.

Mengatasi leverage browser caching di WordPress

  1. Akses .htaccess pada public html hosting web WordPress.
  2. Tambahkan kode berikut ini ke dalamnya.
  3. ## EXPIRES CACHING ## <IfModule mod_expires.c> ExpiresActive On ExpiresByType image/jpg "access plus 1 year" ExpiresByType image/jpeg "access plus 1 year" ExpiresByType image/gif "access plus 1 year" ExpiresByType image/png "access plus 1 year" ExpiresByType text/css "access plus 1 month" ExpiresByType application/pdf "access plus 1 month" ExpiresByType text/x-javascript "access plus 1 month" ExpiresByType application/x-shockwave-flash "access plus 1 month" ExpiresByType image/x-icon "access plus 1 year" ExpiresDefault "access plus 2 days" </IfModule> ## EXPIRES CACHING ##
  4. Selesai dan simpan pengaturan.

Mengatasinya di Blogger

  1. Masuk ke dasbor blogger → tema → edit HTML.
  2. Tekan CTRL + F kemudian ketikkan ]]></script> atau <head> dan letakkan kode di bawah ini tepat di bawah kode yang sudah ditandai (Pilih salah satu saja).
  3. <include expiration='7d' path='*.css'/> <include expiration='7d' path='*.js'/> <include expiration='3d' path='*.gif'/> <include expiration='3d' path='*.jpeg'/> <include expiration='3d' path='*.jpg'/> <include expiration='3d' path='*.png'/>
  4. Selesai dan simpan pengaturan.

Catatan : Biasanya hal ini akan berdampak setelah waktu satu minggu atau mungkin 2 minggu setelah anda menerapkannya. Silakan cek kembali kecepatan situs anda dalam kurun waktu yang sudah dijelaskan.
Baca Juga : Cara Menentukan Target Visitor Pada Blog Mudah Untuk Meningkatkan SEO

Mungkin cara ini tidak akan terlalu berdampak signifikan bagi kecepatan situs terlebih lagi jika banyak faktor lain yang menyebabkan situs anda lambat. Namun apa salahnya untuk menerapkan cara ini bukan ? karena hal ini juga merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan kecepatan situs web.

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini.
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914