MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Menyembunyikan Nama Wifi atau SSID Indihome Huawei dan ZTE F609

Cara Agar Wifi Tidak Diketahui Banyak Orang

Menyembunyikan nama wifi atau yang disebut SSID merupakan salah satu cara agar wifi tidak diketahui oleh banyak orang.  lalu bagaimana cara connect ke wifi yang tidak terdeteksi karena SSID nya disembunyikan ? anda hanya perlu menambahkan network baru saja dan ketikkan sesuai nama wifinya maka otomatis wifi akan terdeteksi. Cara Menyembunyikan Wifi / SSID pada Modem ZTE F609, Huawei HG8245H dan HG8245A.

Menyembunyikan nama wifi atau yang disebut SSID merupakan salah satu cara agar wifi kita tidak diketahui oleh banyak orang seperti tetangga, peretas dan teman yang selalu menanyakan password wifinya apa ? lalu bagaimana cara connect ke wifi yang tidak terdeteksi karena SSID nya disembunyikan ? anda hanya perlu menambahkan network baru saja dan ketikkan sesuai nama wifinya maka otomatis wifi akan terdeteksi.

Baca Juga : Cara Mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_BAD_CONFIG atau DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di PC dan Android

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi sama sekali karena menyembunyikan SSID ini dapat diakses dengan masuk ke IP Address utama ONT (Optical Network Termination) atau lebih dikenal dengan istilah Modem (Modulator Demodulator). Setelah itu anda bisa langsung menyembunyikan nama wifi anda dan reboot device agar pengaturan berubah.

Cara Hide Wifi / SSID pada Modem ZTE F609 dan Huawei

Pada Modem ZTE F609

Langkah-langkah untuk menyembunyikan wifi pada modem ZTE F609 adalah sebagai berikut :
  1. Buka browser anda (bebas) lalu ketikkan IP Address ONT yaitu 192.168.1.1.
  2. Kemudian anda akan diarahkan ke menu login dan diminta untuk memasukkan username beserta password.
  3. Masukkan username dan password sebagai berikut :
    • Username : user
    • Password : user
  4. Jika login berhasil maka anda akan diarahkan ke halaman ZTE kemudian anda bisa klik Network → SSID Settings → centang Hide SSID → Submit.
  5. Menyembunyikan nama wifi atau yang disebut SSID merupakan salah satu cara agar wifi tidak diketahui oleh banyak orang.  lalu bagaimana cara connect ke wifi yang tidak terdeteksi karena SSID nya disembunyikan ? anda hanya perlu menambahkan network baru saja dan ketikkan sesuai nama wifinya maka otomatis wifi akan terdeteksi. Cara Menyembunyikan Wifi / SSID pada Modem ZTE F609, Huawei HG8245H dan HG8245A.
  6. Jika anda sudah klik submit maka seharusnya SSID sudah tersembunyi adapun jika masih terdeteksi anda bisa reboot modem.

Pada Modem Huawei

Caranya masih sama saja seperti modem ZTE hanya berbeda tampilannya saja. Huawei ini banyak jenisnya ada yang jenisnya ONT seperti HG8245H dan HG8245A. Ada juga yang jensinya mifi seperti E5573, E5577 E5673 dan masih banyak lagi. Namun saya hanya akan membahas tentang perangkat ONT saja. Adapun cara untuk menyembunyikan nama wifi pada modem Huawei adalah sebagai berikut : 
  1. Masih sama, anda perlu akses ke modem menggunakan IP default modem. Rata-rata IP default modem Huawei adalah : 192.168.100.1, 192.168.13.1, 192.168.1.1, 192.168.1.254 silakan dicoba satu-satu mana yang cocok atau anda bisa masuk ke CMD lalu ketikkan ipconfig dan lihat berapa angka yang tertera pada default gateway.
  2. Jika sudah berhasil masuk ke halaman login coba untuk masukkan username dan passwordnya.
    • Username : admin
    • Password : admin
    • Username : Support / support
    • Password : theworldinyourhand
  3. Setelah itu klik WLAN → jangan centang Broadcast SSID → klik Apply.
  4. Menyembunyikan nama wifi atau yang disebut SSID merupakan salah satu cara agar wifi tidak diketahui oleh banyak orang.  lalu bagaimana cara connect ke wifi yang tidak terdeteksi karena SSID nya disembunyikan ? anda hanya perlu menambahkan network baru saja dan ketikkan sesuai nama wifinya maka otomatis wifi akan terdeteksi. Cara Menyembunyikan Wifi / SSID pada Modem ZTE F609, Huawei HG8245H dan HG8245A.
  5. Untuk Huawei tipe HG8245H masih sama saja caranya.
Jika anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar silakan putuskan koneksi wifi anda untuk menguji apakah wifi berhasil disembunyikan atau tidak ? jika berhasil silakan baca artikel untuk mengkoneksikannya di bawah ini.

Nah itulah cara untuk menyembunyikan nama wifi / SSID pada modem Huawei dan ZTE beserta cara mengkoneksikan ulang. Bagaimana mudah bukan ? cara ini menurut saya adalah cara yang paling aman agar orang lain tidak mengetahui bahwa dirumah kita terdapat wifi karena orang-orang jaman sekarang lebih banyak yang memburu wifi gratisan.


Oleh karenanya cara ini bisa anda terapkan pada wifi sendiri hanya saja kekurangannya kita harus menambah jaringan secara manual yang caranya mungkin sedikit lebih panjang dibandingkan dengan wifi yang tidak disembunyikan.

Terimakasih sudah berkunjung. Silakan lihat artikel terkait untuk menambah wawasan anda dan bagikan artikel ini untuk menghargai kerja keras kami.
Share This Article :
Mohammed Alqi Fahrezi

Seorang pemuda yang cinta akan teknologi dan mencoba berbagi ilmunya kepada sesama agar memiliki pahala yang mengalir ketika meninggal nanti.

Click here for comments 1 komentar:

4571795084962316914