Daftar Password Admin Default Modem ZTE F609 Indihome 2019 Terbaru - Adapun untuk cara masuk ke halaman login admin ZTE anda harus mengkoneksikan dulu perangkat anda dengan modem. Bisa menggunakan kabel LAN atau menggunakan wireless. Adapun jika anda diminta password maka anda bisa melihatnya di bagian belakang modem tersebut. Biasanya terdapat keterangan beserta kata sandi yang memiliki karakter unik yang bisa anda gunakan.

Daftar Password Default Modem ZTE F609 Indihome 2020 Terbaru - PT. Telkom Indonesia selalu mengganti kata sandi dari masing-masing modem yang mereka miliki contohnya yaitu ZTE F609. Hal ini dilakukan agar modem ZTE sendiri lebih aman katanya. Berikut merupakan kutipan dari admin Telkom Care di Facebook.

"Kami tidak akan mengganti password modemnya jika tidak ada kepentingan yg urgent ya. Karena sebelumnya modem ZTE banyak yg terkena hack, maka dilakukan reset secara serentak utk password modemnya."
"Jika memang pelanggan membutuhkan user dan password masuk ke settingan modem maka perlu infokan dahulu utk no internetnya pada Inbox"
Jika kita lihat dari kutipan tersebut katanya ZTE ini banyak yang terkena hack, maka dari itulah kata sandi utamanya diganti. Pada artikel ini akan dijelaskan daftar kata sandi modem ZTE F609 terbaru namun jika semua kata sandi beserta nama pengguna yang tertera pada artikel ini tidak bisa anda dapat menghubungi Telkom Care melalui sosial media. Berikut link resmi dari Telkom Care.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan Nama Wifi atau SSID Indihome Huawei dan ZTE F609

Apa itu ZTE F609?

Modem ZTE F609 adalah salah satu modem buatan ZTE Telecommunications Equipment Company, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang berasal dari China. ZTE F609 ini menjadi salah satu modem yang sangat populer terutama dikalangan negara-negara asia. Adapun dari kinerja nya, modem ini tidak dapat diragukan lagi. Nyatanya, modem ini tetap stabil dalam koneksinya meskipun banyak client yang menggunakan.

Review Modem ZTE F609

Menurut saya sendiri modem ZTE F609/F660 ini sudah termasuk modem golongan kelas atas karena sudah memiliki GPON Interface dengan spesifikasi 2,448 Gbit/s downstream, 1x, SC/APC, 1,244 Gbit/s upstream. 

Maka dari itu, tidak sedikit ISP yang menggunakan modem ini. Adapun modem ini memiliki interfaces yang mendukung wireless-networking IEEE yang terdiri dari 802.11b/g/n dan semuanya itu bisa Anda mixed sehingga b/g/n bisa bekerja dalam waktu yang sama.

Selain itu modem ZTE F609 juga mendukung konfigurasi lainnya seperti, VLAN (802.1Q, 802.1P, 802.1ad), QoS, Multicast, DHCP Server/Client, NAT, IPv6 Dual Stack.

Selain untuk modem/router, ZTE F609 bisa diubah modenya menjadi bridge atau access point (AP). Jika Anda ingin mengetahui perihal harganya, maka harganya ini kisaran Rp. 200.000.

Modem IndiHome ZTE vs Huawei, mana yang lebih baik?

Sejauh yang saya tahu, antara modem ZTE dan Huawei sama saja kinerjanya meskipun memiliki beberapa spesifikasi yang berbeda. Ada yang mengatakan Huawei bagus untuk daerah perkotaan dan ZTE bagus untuk daerah pegunungan/dataran tinggi, itu semua hanyalah opini. 

Adapun diantara keduanya masih bisa bekerja dengan maksimal, dan tidak terpengaruh dikarenakan letak geografis. Jika memang lokasi Anda jauh dari tower BTS, mungkin kedua modem tersebut akan memiliki kendala yang sama.


Cara masuk ke login admin ZTE

Adapun untuk cara masuk ke halaman login admin ZTE anda harus mengkoneksikan dulu perangkat anda dengan modem. Bisa menggunakan kabel LAN atau menggunakan wireless. Adapun jika anda diminta password maka anda bisa melihatnya di bagian belakang modem tersebut. Biasanya terdapat keterangan beserta kata sandi yang memiliki karakter unik yang bisa anda gunakan.

Baca Juga : Cara Menghubungkan atau Connect ke Wifi yang Disembunyikan

Setelah anda mengetahui kata sandi modem ZTE maka lakukan langkah-langkah berikut untuk masuk ke halaman login admin ZTE.
  1. Pastikan alamat IP anda DHCP untuk memudahkan masuk saja, nanti anda bisa mengubahnya lagi. 
  2. Cara mengaturnya yaitu dengan masuk ke Control Panel → Network and Sharing Center → Change Adapter Settings → pilih perangkat (klik dua kali) LAN / Wireless → Properties → cari dan klik dua kali Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) → kemudian pilih Obtain an IP address automatically & Obtain DNS server address automatically → OK.
  3. Lalu buka browser anda dan ketikkan //192.168.1.1 pada address bar.
  4. Seharusnya anda sudah bisa mendapatkan akses ke halaman login ZTE.

Daftar Password dan Username Admin Default Modem ZTE F609

Berikut merupakan daftar password dan username modem ZTE F609 Indihome terbaru.

  • Username : user
  • Password : user

  • Username : admin
  • Password : Mn@lh4!nk9#m

  • Username : admin
  • Password : telkomjatineg4r4

  • Username : admin
  • Password : admin

  • Username : admin
  • Password : Admin

  • Username : admin
  • Password : Dj9@t!n03g4r6#f

  • Username : admin
  • Password : Qc!80ebor3#to#b

  • Username : admin
  • Password : Pq@54r!e8ow&q#u

  • Username : admin
  • Password : Yu9j#4qa!rth#y

  • Username : admin
  • Password : Telkomdso123

Nah anda bisa coba satu-satu karena setiap daerah biasanya memiliki kata sandi dan nama pengguna yang berbeda. Anda juga sebenarnya bisa melihat username dan password admin ZTE sendiri jika anda pernah mengubahnya. Cara ini bisa dilakukan ketika anda lupa akan username dan password ZTE anda.

Baca Juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome ZTE F609 Lewat HP Android dan PC

Cara mengetahui password dan username ZTE F609 dengan Modem Password Viewer

Berikut cara mengetahui password dan username modem ZTE F609 menggunakan Modem Password Viewer:

  1. Masuk ke halaman login admin terlebih dahulu seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Silakan Anda colokkan flashdisk pada port USB yang terdapat di modem ZTE F609 Anda (biasanya terdapat di bagian samping modem).
  3. Di sini Anda akan melakukan backup konfigurasi modem pada flahsdisk yang Anda gunakan. Adapun untuk melakukan backup ini, pada halaman admin silakan Anda masuk ke Administration → System Management → USB Backup → Start Backup. Pastikan terlebih dahulu bahwa flashdisk sudah terbaca di modem.
  4. Cabut flashdisk Anda dari modem, kemudian colokkan ke PC/laptop Anda.
  5. Sekarang Anda harus mengunduh aplikasi yang bernama Password Viewer. Aplikasi ini berfungsi untuk melihat seluruh konfigurasi pada suatu modem apapun modemnya. Namun disini kita hanya fokus pada password saja. 
  6. Jika berhasil diunduh, silakan ekstrak file-nya kemudian buka file yang berekstensikan .exe.
  7. Kemudian, klik File → Open Router Config File, pilih file hasil backup tadi.
  8. Nanti akan muncul daftar konfigurasi modem dalam bentuk teks, tekan CTRL + F kemudian ketikkan DevAuthInfo atau UserInfo. Anda juga akan melihat username dan password dari admin dan user.
  9. Silakan Anda coba login menggunakan salah satu user dan pass di atas.


Cara mengetahui password dan username ZTE F609 dengan CMD

Hal ini merupakan cara untuk mengetahui kata sandi beserta nama pengguna dari modem ZTE jika daftar di atas tidak bisa atau jika anda lupa. Namun sebelumya anda haruslah mengaktifkan fitur telnet terlebih dahulu yang bisa anda ikuti langkahnya di sini : Cara Mengaktifkan Telnet pada Windows.

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui password dan username ZTE F609.
  1. Buka CMD dengan mode administrator.
  2. Ketikkan perintah berikut : telnet 192.168.1.1 kemudian tekan enter.
  3. Nanti akan muncul tampilan login. Masukkan username/login : root, password : Zte521.
  4. Masukkan lagi perintah berikut : 
    • ZTE F609 : sendcmd 1 DB p DevAuthInfo
    • ZTE F660 : sendcmd 1 DB p UserInfo
  5. Maka nanti akan muncul kode seperti di bawah ini : 
  6. F609
    Login: root
    Password:Busybox v2.0.1 (2017.09.31-07:21+0000) Built-in shell (ash)
    Enter ‘help’ for a list of built-in commands./ # sendcmd 1 DB p DevAuthInfo
    <Tbl name:”DevAuthInfo” RowCount=”6″>
    <Row No=”0″>
      <DM name=”ViewName” val=”IGD.AU1″/>
      <DM name=”Enable” val=”1″/>
      <DM name=”IsOnline” val=”0″/>
      <DM name=”AppID” val=”1″/>
      <DM name=”User” val=”admin”/>
      <DM name=”Pass” val=”admin”/>
      <DM name=”Level” val=”1″/>
      <DM name=”Extra” val=””/>
      <DM name=”ExtraInt” val=”0″/>
    </Row>
  7. Anda bisa lihat daftar user dan pass nya di atas (ditandai dengan warna kuning).
Jika anda masih bingung alangkah baiknya anda langsung saja menanyakan kepada Telkom Care melalui link yang sudah tersedia di atas. Anda bisa menanyakannya langsung melalui pesan / inbox  saja agar lebih cepat dibalas oleh admin.

Saya sarankan juga anda untuk mengganti kata sandi admin untuk modem ZTE anda, karena bisa saja orang lain pun tahu akan user dan pass default ZTE dan mungkin bisa saja orang tersebut mengubahnya tanpa sepengetahuan anda. Jika hal ini terjadi anda mungkin bisa coba untuk reset modem dengan menekan tombol yang terdapat pada lubang kecil kemudian tahan beberapa deitk sampai modem melakukan restarting setelah itu anda bisa atur ulang modem anda.


Silakan jika anda memiliki daftar default admin password ZTE terbaru untuk membagikannya di kolom komentar agar orang lain pun ikut tahu akan daftar user dan pass yang baru.

Terimakasih telah meluangakan waktu anda untuk membaca artikel ini. Silakan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terimakasih...