MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Melacak IP Address Orang Lain yang Sedang Online Dalam Jarak Jauh

Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan menggunakan PC komputer dan android. Perihal IP Address yang dapat dilacak dalam jarak jauh itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom
Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan. Banyak metode yang digunakan untung mengetahui IP Address ini dan yang paling sering adalah dengan menggunakan metode ph**ing. Alamat IP publik ini tentu berbeda-beda pada setiap jaringan / network dan tidak mungkin ada yang sama. Oleh karena itu alamat IP ini merupakan alamat kita pada dunia digital.

Perihal IP Address yang dapat dilacak itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom. Mereka bisa saja melacak segalanya melalui IP yang terdaftar karena mereka memiliki hak akses untuk ini. Namun sebenarnya anda juga bisa melakukannya dengan mudah yang akan dibahas pada artikel ini.

Apa itu IP Address ?

Untuk anda yang masih asing dengan yang namanya IP Address atau alamat IP saya akan menjelaskannya dengan singkat. IP Address adalah susunan angka biner antara 32 sampai 128 bit yang digunakan sebagai alamat dari setiap host komputer yang terdaftar dalam jaringan internet.

IP ini terbagi menjadi 2 yaitu,
  • IP versi 4 (IPv4)
  • IP versi 6 (IPv6)
Untuk sekarang ini yang sedang digunakan dalam dunia jaringan adalah IP versi 4. Jenis pengalamatan ini panjang totalnya adalah 32bit dan jika dihitung secara keseluruhan IPv4 dapat menampung sampai 4 miliar host komputer lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia.

Baca Juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir

Jumlah host tersebut bisa kita dapatkan dari angka 256 (yang didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamat IPv4 tersebut adalah 255.255.255.255 di mana semua nilainya dihitung dari nol sehingga nilai-nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256= 4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6.

Dalam IPv4 ini terbagi menjadi 5 kelas yaitu,
  • Kelas A (0-127) Alamat unicast untuk skala yang besar
  • Kelas B (128-191) Untuk skala menengah - besar
  • Kelas C (192-223) Untuk skala kecil
  • Kelas D (224-239) Digunakan untuk alamat IP multicasting
  • Kelas E (240-255) Hanya untuk eksperimen
Adapun untuk IPv6 sudah pasti memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan IPv4. Dalam perhitungannya masih sama seperti IPv4 hanya saja IPv6 ini memiiliki panjang 128-bit total. Kemudian dapat menampung sekitar 2^128=3,4x10^38 atau setara dengan 340.282.366.920.938.463.463.374.607.431.768.211.456 total host komputer yang dapat ditampung oleh IP versi 6.

Sudah tahu kan alasannya mengapa setiap IP tidak terjadi benturan dan selalu berbeda ?

Perbedaan IP Public dan IP Private

Cara kerja sistem pelacakan seperti melacak letak geografis adalah dengan melacak IP Public-nya bukan IP Private-nya. IP Public ini diberikan oleh ISP secara langsung setelah perangkat komputer terhubung ke gateway internet miliknya. Maka dari itu sudah dipastikan setiap IP Public yang diberikan ISP akan berbeda dan tidak akan ada yang sama.


Sedangkan IP Private ini digunakan untuk penomoran komputer dalam jaringan kecil (LAN) seperti di rumah, kantor, dsb. Jika terdapat 5 komputer dalam rumah maka dalam penomorannya kita menggunakan IP Private ini bukan IP Public.

Nah untuk tutorial kali ini kita akan mencoba melacak IP Public nya dan caranya pun tidaklah sulit sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja.

Cara mengetahui alamat IP orang lain dengan situs online

IP Logger

Cara kerja IP Logger adalah memancing korban agar mengklik sebuah link yang diberikan. Link tersebut bisa kita atur sendiri, baik itu situs kita, profil Facebook, atau hal lainnya. Setelah korban berhasil kita pancing maka nanti akan terdapat riwayat alamat IP mana yang sudah mengakses link tersebut ?

Dalam memancing korban anda harus bisa membuat korban tertarik dengan cara apapun itu yang terpenting korban berhasil mengklik link yang anda berikan. Anda juga bisa membagikan link IP Logger melalui WhatsApp, Telegram, Messenger dll demi memudahkan proses pendapatan alamat IP.


Berikut caranya :
  1. Silakan anda akses situs IP Logger.
  2. Di sana terdapat banyak pilihan, anda bisa gunakan yang mudah saja yaitu URL & Image Shortener. Kemudian anda ketikkan di bawahnya alamat apa saja yang ingin anda berikan kepada korban. Sebagai contoh saya memberikan alamat situs ini.
  3. Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan menggunakan PC komputer dan android. Perihal IP Address yang dapat dilacak dalam jarak jauh itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom
  4. Selanjutnya anda klik Get IPLogger Code, nanti url yang anda masukkan akan berubah menjadi url buatan IP Logger. Saran saya anda bisa mengubah nama domain dari iplogger.org menjadi nama yang tidak terdapat kata iplogger. Karena bisa saja korban anda paham akan bahasa Inggris dan akhirnya tidak mau membuka link yang anda berikan.
  5. Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan menggunakan PC komputer dan android. Perihal IP Address yang dapat dilacak dalam jarak jauh itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom
  6. Silakan anda copy link untuk menjebak korban (perhatikan gambar di atas) lalu sebagai contoh anda bisa mengirim linknya melalui media sosial agar lebih mudah dengan kalimat yang menarik.
  7. Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan menggunakan PC komputer dan android. Perihal IP Address yang dapat dilacak dalam jarak jauh itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom
  8. Kemudian jika korban membuka link yang anda berikan maka korban tidak akan diarahkan ke situs IP Logger, namun dia akan diarahkan ke url yang anda masukkan sebelumnya. Karena saya memasukkan situs KacaTeknologi.com sebelumnya maka korban akan diarahkan ke situs tersebut.
  9. Setelah berhasil memancing korban maka anda bisa klik Logged IP's dan jika datanya tidak muncul anda bisa klik ikon refresh. Anda bisa melihat IP, lokasi, perangkat, beserta ISP yang korban gunakan.
  10. Mengetahui IP Address orang lain memang bisa saja dilakukan menggunakan PC komputer dan android. Perihal IP Address yang dapat dilacak dalam jarak jauh itu memang bisa terjadi. Terlebih lagi jika yang melakukannya adalah ISP (Internet Service Provider) atau Penyedia Layanan Internet contohnya seperti Telkom
  11. Selesai.
Banyak situs-situs yang bisa mendapatkan alamat IP atau sering disebut dengan nama IP Tracker. Jika anda ingin mencoba situs yang lain berikut daftar situs yang menyediakan fitur pelacakan IP :

Apakah lokasi yang didapat melalui situs IP Tracker 100% akurat ?

Untuk lokasi menurut saya tidak 100% akurat bahkan terkadang situs IP Tracker hanyalah memberitahu lokasi ISP nya meskipun tidak semua. ISP lebih mengetahui soal ini, oleh karena itu jika anda memiliki kepentingan saya sarankan anda berikan saja IP Public kepada ISP untuk melacak lebih lanjut tentang lokasinya.

Bagaimana caranya melacak melalui Mac Address ?

Apabila anda mengetahui Mac Address-nya saja namun tidak mengetahui IP Address maka itu sudah cukup. Anda juga bisa melacak seserang menggunakan ini. Untuk caranya masih sama saja seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kunjungi situs ini untuk melacak seseorang melalui Mac Address.

Bagaimana cara menyembunyikan IP Address sendiri agar tidak dilacak orang lain ?

Menyembunyikan IP agar tidak diketahui orang lain bisa saja namun tidak untuk IP yang diberikan ISP. Jika anda mencoba untuk berselancar di internet tanpa ketahuan alamat IP anda atau berselancara secara anonim maka anda hanya perlu menggunakan proxy atau VPN (Virtual Private Network).

VPN ini seolah-olah mengubah alamat IP asli anda menjadi alamat IP luar. Lebih lengkapnya silakan baca artikelnya di sini : Cara Menggunakan VPN ( Virtual Private Network ).

Adapun jika anda ingin ISP tidak mengetahui alamat IP anda maka hal itu tidak bisa dilakukan karena mereka memiliki hak akses untuk ini.

Alasan mengapa anda harus menyembunyikan alamat IP

Ada beberapa alasan yang harus anda ketahui mengapa alamat IP harus disembunyikan dan dirahasiakan ?
  • Mencegah orang untuk melacak alamat IP anda
  • Untuk menyembunyikan lokasi geografis
  • Menghindari dalam meninggalkan jejak digital
  • Dapat membuka situs yang diblokir
  • Membuat surfing di internet lebih aman
  • Menghindari kejahatan dunia maya

Setelah anda mengetahui beberapa alasan di atas dalam menyembunyikan alamat IP, saya harap anda bisa memahaminya. Selalu berhati-hati dalam berselancar di internet karena kejahatan dunia maya bisa saja terjadi pada anda salah satu celahnya adalah dengan alamat IP address yang terbuka. Tidak menutup kemungkinan perangkat yang anda gunakan diserang oleh virus salah satunya seperti virus Ransomware yang sulit dijinakan.

Sekian tutorial kali ini saya harap bermanfaat. Silakan lihat artikel terkait di bawah untuk menambah pengetahuan anda. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914