MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengatasi Error 401 unauthorized dan disabled_client

Cara Mengatasi dan memperbaiki Error 401 Authorization Required, HTTP Error 401 - Unauthorized, disabled_client.  The OAuth client was disabled, invalid_client, deleted_client pada cPanel dan android.

Kupas tuntas semua masalah error 401 dan penyebabnya

Macam-macam error yang sering terjadi dari kode 401 adalah unauthorized dan disabled_client. Penyebab error 401 adalah karena adanya kesalahan pada pengaksesan situs web yang berakibat tidak dapat dimuat dan mungkin karena adanya bug pada situs yang sedang diakses. Mungkin juga dikarenakan adanya kesalahan login sehingga membuat kredensial menjadi tidak valid.

Namun sebenarnya masih banyak lagi macam error 401 yang sering terjadi.

Macam-macam error 401

  • "Authorization Required"
  • "401 Unauthorized"
  • "HTTP Error 401 - Unauthorized"
  • "disabled_client.  The OAuth client was disabled"
  • "invalid_client"
  • "deleted_client"
  • dll.

1. Mengatasi masalah unauthorized

  1. Cek kesalahan dalam url. Ada kemungkinan bahwa 401 unauthorized muncul dikarenakan adanya kesalahan dalam pengetikan atau url yang dituju adalah url yang tidak tepat (Hanya untuk user yang diotorisasi saja).
  2. Jika anda yakin bahwa url sudah benar, maka anda perlu cek website main page dan coba lihat link yang tepat untuk login atau Secure Access.
  3. Jika sudah login dan ternyata masih saja error, anda harus periksa sistem loginnya kemungkinan ada kesalahan di dalamnya.
  4. Terkadang sering juga terjadi karena adanya kesalahan dalam pemuatan. Silakan anda coba untuk reload halaman tersebut.
  5. Hapus cache browser lihat di (Poin 3) dalam artikel tersebut. Bisa saja cache browser membuat adanya invalid login yang tersimpan pada browser sehingga menampilkan pesan error 401. Menghapus cache dapat mengatasi masalah tersebut dan membuat halaman menjadi diperbarui.
  6. Jika anda yakin bahwa halaman yang anda akses tidak membutuhkan otorisasi berarti ada kesalahan pada pesan error 401 yang ditampilkan. Solusinya anda bisa kontak webmaster atau kontak apa saja dan beri tahu mereka mengenai masalah tersebut.

2. Mengatasi masalah disabled_client. The OAuth client was disable

Untuk masalah ini biasanya terjadi dikarenakan adanya kesalahan dalam penambahan akun pada android atau mungkin ada juga kesalahan pada sistem androidnya. Seperti yang saya dapat pada forum permaslahan android kira-kira seperti ini artinya.

Saya sudah membersihkan data & cache. Hal ini menyebabkan terhapusnya semua akun email saya pada handphone. Saya telah menambahkan kembali 1 Gmail & 1 akun Yahoo dan tidak ada masalah. Namun saat mencoba menambahkan akun Gmail kedua & akun yang sudah ada saya malah menerima pesan error. Saya mendapati pesan error seperti berikut:

401. That’s an error

Error: disabled_client

The OAuth client was disabled

Perhatikan langkah-langkah berikut untuk mengatasinya :
  1. Buka Pengaturan → Akun pada handphone anda.
  2. Pilih akun email yang bermasalah.
  3. Anda akan melihat pengaturan pada akun tersebut, silakan nonaktifkan semua sinkronisasi yang ada.
  4. Restart handphone anda.
  5. Sekarang kembali ke Pengaturan → Akun → Pilih Akun → aktifkan kembali semua sinkronisasi.
  6. Buka aplikasi Email (apa saja) dan coba login.
  7. Anda akan diminta memasukkan kembali kata sandi.

Ketika anda sudah sampai pada tahap memasukkan kata sandi biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. Tunggu saja dan hal ini seharusnya bisa mengatasi masalah tersebut.

Jika masih saja belum bisa, anda juga bisa mencoba untuk menghapus semua akun email yang ada pada perangkat android setelah itu coba untuk menambahkannya kembali.

Nah cukup mudah bukan ? masalah ini sebenaranya hanya karena ada kesalahan pada pengaksesan saja. Permasalahan pertama itu mengenai kesalahan dalam pengaksesan halaman situs dan masalah kedua mengenai kesalahan pada akun email yang ditambahkan pada perangkat android. 

Demikian tutorial kali ini. Jika bingung harap berkomentar. Terimakasih...
            Share This Article :
            Kaca Teknologi

            Official account of KacaTeknologi.com

            4571795084962316914