MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

TOP 5 Text Editor Yang Ringan Dan Direkomendasikan Buat PC


TOP 5 Text Editor Yang Ringan dan Direkomendasikan buat PC , Text Editor ya, di artikel ini akan membahas aplikasi text editor yang ringan dan direkomendasikan buat PC kalian, mungkin saat ini ada sobat Kacateknologi yang sedang berencana mengambil kuliah jurusan Sistem Informasi? atau Teknik Komputer / IT? atau bagi sobat  yang memang tertarik untuk menjadi seorang programmer, dan berminat berkecimpung di dunia programming?. 




Untuk menjadi seorang programmer sendiri disini kita membutuhkan aplikasi yang namanya text editor dimana kita bisa menginput dan membangun sebuah struktur dari sebuah kode, dimana aplikasi text editor ini bisa kita gunakan guna mengedit bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, PHP, CSS, C, C++, C# dan masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya. 

Sebelum ke inti pembahasan, mari kita simak terlebih dahulu macam-macam bahasa pemrograman yang sering digunakan di dunia pemrograman.


Bahasa Pemograman Yang Wajib Dikuasai Pemula

Buat kamu yang tertarik berkecimpung di dunia pemrograman, tidak ada salahnya mengenal macam-macam bahasa pemrograman yang kian hari kian berkembang, seperti HTML misalnya, dimana bahasa pemrograman ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu. 

Macam-Macam Bahasa Pemrograman Yang sering digunakan : 

  1. HTML
  2. JAVASCRIPT
  3. PHP
  4. MYSQL
  5. C
  6. C++
  7. C#
  8. PASCAL
  9. CSS
  10. BOOTSTRAP
dan masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya yang terus berkembang, beberapa bahasa pemrograman dasar seperti halnya HTML, CSS, JavaScript, PHP itu masih langkah awal dan hal yang paling mendasar buat kamu yang tertarik untuk menjadi seorang programmer, baik itu web programmer, app developer dan lain sebagainya, dimana kita dituntut wajib menguasai bahasa-bahasa pemrograman tersebut.
HTML misalnya, memang sudah sering terdengar namun nyatanya masih cukup sulit untuk bisa diimpelementasiakan buat kamu yang sedang mencoba belajar, namun jangan khawatir dengan seringnya kamu berlatih bahasa HTML ini lama kelamaan akan melekat pada otak kita. 

Bahasa Yang Wajib Dikuasai Oleh Calon Programmer? 

Buat kamu yang bertanya "Bahasa pemrograman apa yang harus dikuasai oleh calon programmer"? hal pertama yang harus dikuasai yaitu HTML ( Hypertext Markup Language ) dimana HTML sendiri diibaratkan sebuah pondasi dari sebuah rumah, jika pondasi rumahnya kuat kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya yaitu mempelajari JavaScript, dan CSS dan PHP. 


Aplikasi Text Editor Yang Ringan dan Direkomendasikan 

1. Notepad atau Notepad ++


"Hah? serius"? saya sendiri yakin bagi sobat yang doyan menggunakan komputer ataupun laptop tidak asing lagi bukan dengan namanya notepad? ya, aplikasi yang biasanya bawaan windows ini merupakan salah satu text editor yang sangat-sangat ringan dan direkomendasikan buat PC ataupun Laptop yang memang memiliki kapasitas memori yang sedikit. 

Seperti halnya laptop saya pribadi dengan kapasitas memori seadanya, terkadang menggunakan notepad atau notepad++ menjadi kelebihan tersendiri, selain size yang kecil, notepad atau notepad ++ sendiri memiliki tampilan yang mudah dipahami untuk sobat yang baru pertama kali terjun di dunia pemrograman. 

2. Komodo Edit 


Di posisi kedua ada nama Komodo Edit yang bisa sobat coba untuk PC ataupun Laptop dengan kapasitas penyimpanan yang sangat terbatas, aplikasi ini hanya sebesar 75MB tidak jauh lebih besaar daripada game-game online jaman sekarang hehe. 

Komodo Edit ini bisa sobat jadikan alternatif disamping notepad ataupun notepad++ aplikasi Komodo Edit sendiri bisa sobat dapatkan di situs resminya ya. 

3. Atom 


Jika nomor 2 ada komodo edit, di nomor 3 ada nama Atom aplikasi yang sebenarnya jauh lebih banyak dipakai oleh para programmer , dimana Atom sendiri mengadopsi backgorund gelap yang menjadi standar para programming, selain itu dari segi tampilan Atom juga sangat nyaman untuk dilihat karena menggunakan latar belakang gelap tersebut. 

Atom sendiri dikembangkan oleh chromium dan node js. 

4. Sublime Text 


Jika sobat sudah malang melintang di dunia pemrograman, saya yakin sobat tidak asing lagi dengan yang namanya Sublime Text , ya aplikasi yang cenderung sangat dikagumi oleh para programmer dan jauh lebih banyak digunakan ketimbang notepad++, komodo edit ataupun atom. 

namun ada 1 kendala yang biasanya menjadi halangan bagi para programmer pemula untuk tidak menggunakan aplikasi ini, kenapa? jawabannya adalah perihal lisensi , bagi sobat yang sudah terjun lebih dulu di dunia pemrograman saya yakin sobat sudah tau berapa harga lisensi dari Sublime text bukan? ya, sekitar US $80 ( sekitar 1 juta rupiah ). 

Dimana aplikasi ini sebenarnya tidak gratis, tetapi ada saja di Indonesia yang mencari gratisan untuk bisa menggunakan salah satu text editor terbaik ini.


tapi saya sarankan disini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan untuk tidak menggunakan versi bajakannya, kecuali sobat sudah sanggup membeli lisensi dari sublime text ini, silahkan gunakan alternatif lain mengenai text editor daripada terjerat masalah mengenai lisensi ya sobat.

5. Adobe Dreamweaver 


Salah satu aplikasi paling melegenda dikalangan programmer, khususnya bagi para web programming dimana memiliki keunggulan melimpah untuk para web programming.

pada aplikasi ini kita bisa merancang sebuah web dengan cara "drag and drop" seperti halnya menggunakan android, namun dibalik keunggulan fitur-fiturnya aplikasi ini menurut saya pribadi tidak terlalu cocok untuk proses  pembelajaran karena aplikasi cenderung lebih berat dibandingkan aplikasi lainnya.


Nah sobat, demikianlah Top 5 Text Editor Yang Ringan dan Direkomendasikan Buat PC.

Mempelajari suatu pemrograman bukanlah hal mudah tetapi akan menjadi mudah ketika kita tetap berusaha untuk terus mempelajarinya, karena seorang professional sekalipun berawal dari nol sebelumnya akhirnya menjadi seorang professional.




Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914