MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara/Permanen dan Mengaktifkannya Kembali


Akun Instagram yang tidak penting atau mungkin tidak digunakan lagi menghapusnya adalah solusi terbaik. Namun bagaimana jika kita hanya ingin menghapus atau menonaktifkan sementara kemudian mengaktifkannya kembali ?

Jawabannya bisa, hanya saja fitur untuk nonaktif akun jarang diketahui oleh pengguna Instagram. Dikarenakan memang fitur ini hanya ada pada Instagram versi website dan bukan Instagram versi aplikasi. Kemudian untuk menonaktifkannya Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada dan nanti otomastis akun akan dinonaktifkan.

Sebelumnya agar tidak banyak pertanyaan yang sama saya akan menjelaskan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna ketika ingin menonaktifkan akun Instagram.


Beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan

1. Apakah akun kita bisa diaktifkan kembali ?

Jawabannya tentu bisa, karena proses nonaktif akun ini hanyalah sementara kemudian Anda bisa mengaktifkannya kembali. Untuk mengaktifkan kembali anda bisa lihat caranya yang dijelaskan di bagian bawah artikel.

2. Apakah semua foto dan video pada akun saya akan hilang ?

Jawabannya tidak, akun dan foto Anda tidak akan hilang meskipun akun sudah dinonaktifkan. Semua foto dan video akan diarsipkan / disembunyikan oleh Instagram sehingga tidak akan terlihat baik oleh kita maupun orang lain.

Baca Juga : Cara Menambah Likes Instagram Tanpa Password dengan Gramblr

3. Kenapa saya tidak bisa menemukan fitur nonaktif akun pada aplikasi Instagram ?

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fitur ini hanya bisa diakses melalui browser, baik browser tersebut dibuka menggunakan smartphone / HP atau menggunakan PC / komputer.
4. Bagaimana jika kita lupa password ketika verifikasi penonaktifan ?

Jika memang Anda lupa kata sandi ketika melakukan proses verifikasi penonaktifkan maka Anda bisa mengajukan kata sandi ulang melalui lupa password / lupa kata sandi. Nanti Instagram akan meminta Anda untuk memasukkan username beserta email untuk mengirimkan kata sandi yang baru.

5. Apa yang terjadi setelah menonaktifkan akun ?

Beberapa hal yang akan terjadi ketika Anda menghapus sementara akun IG :
  • Akun tidak akan ditemukan di menu pencarian.
  • Orang yang menyimpan dan menyukai foto Anda akan hilang dari daftar simpan.
  • Foto, Komentar, dan Daftar Suka akan disembunyikan sampai Anda mengaktifkan akun kembali.
  • Biasanya foto mention dari orang lain akan hilang juga pada akun kita, namun ada beberapa kasus yang tidak hilang. Saya juga bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi, mungkin saja masih adanya bug dari Instagram.
Setelah mengetahui pertanyaan di atas, saya harap pertanyaan-pertanyaan tersebut mewakili pertanyaan Anda.

Baca Juga : Cara Mendapatkan 10.000 Auto Followers dan Likes Instagram Indonesia Aktif Dengan Aman

Cara menghapus akun Instagram sementara

Cara ini bisa dilakukan melalui komputer atau HP asalkan melalui browser, apapun browsernya.
  1. Buka browser → kunjungi www.Instagram.com.
  2. Seperti biasa masukkan username dan password Anda.
  3. Masuk ke profil → Edit Profil.
  4. Selanjutnya scroll ke bawah terus sampai Anda menemukan fitur Temporarily disable my account / Nonaktifkan sementara akun saya.
  5. Kemudian Anda diminta alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun, Anda bisa isi form yang tersedia dan jelaskan alasan Anda.
  6. Lalu Anda juga diharuskan untuk mengisi password Instagram Anda sebagai bentuk konfirmasi untuk menonaktifkan akun.
  7. Klik tombol Temporarily disable my account / Nonaktifkan sementara akun saya untuk melanjutkan.
  8. Jika muncul pop-up klik Yes, dan akun Anda akan otomatis log out dari Instagram itu tandanya akun berhasil dinonaktifkan.

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram yang sudah dinonaktifkan

Untuk mengaktifkan kembali akun Instagram yang sebelumnya pernah dinonaktifkan sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu login kembali dalam jangka waktu sekitar 1 minggu dari masa penonaktifan. Berikut cara-caranya :

Baca Juga : Cara Upload, Repost Foto / Video Instagram Melalui PC dan Laptop Terupdate


    1. Buka browser → kunjungi www.Instagram.com.
    2. Masukkan username dan password Anda.
    3. Jika berhasil login maka akun Anda sudah aktif kembali.
    Jika Anda memaksa login dalam waktu kurang dari 1 minggu setelah masa penonaktifan akun maka kemungkinan besar akun Anda tidak bisa terbuka. 

    Cara hapus akun Instagram secara permanen

    Jika memang Anda ingin akun dihapus secara permanen oleh pihak Instagram maka Instagram sendiri sudah menyediakan fitur hapus akun. Namun jika akun sudah dihapus otomatis akun tersebut sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

    Semua foto, video, daftar riwayat, daftar suka, dan hal lain akan hilang dari akun termasuk pengikut / followers. Pastikan Anda berpikir dua kali jika ingin menghapus akun terlebih lagi jika yang dihapus adalah akun bisnis.

    Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen :
    1. Buka browser bisa menggunakan HP atau Komputer.
    2. Klik link ini → Delete Account.
    3. Pastikan Anda login menggunakan akun yang benar.
    4. Silakan Anda pilih alasan mengapa ingin menghapus akun.
    5. Selanjutnya masukkan password untuk konfirmasi ulang dan klik tombol merah yang tepat berada di bawahnya yang bertuliskan Hapus akun saya secara permanen / Permanently delete my account.
    6. Jika muncul pop-up klik OK agar akun dihapus. Jika sudah, nanti Anda akan diarahkan ke homepage Instagram dan akun berhasil dihapus.

    Dari kedua cara di atas saya sarankan apabila Anda hanya ingin akun tetap ada namun tidak aktif maka bisa gunakan cara pertama tentang menonaktifkan akun sementara. Sebaliknya jika ingin akun benar-benar hilang dari Instagram maka bisa gunakan cara kedua yaitu menghapus akun secara permanen.

    Silakan Anda pilih sesuai kebutuhan dan pastikan tindakan yang dilakukan adalah tindakan yang tepat.

    Itulah cara singkat mengenai nonaktif akun sementara dan permanen. Saya harap artikel ini dapat membantu. Jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan..
    Share This Article :
    Kaca Teknologi

    Official account of KacaTeknologi.com

    4571795084962316914