MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Langkah Sederhana Membersihkan Sisa Sampah Pada Harddisk


Membersihkan sampah setelah pemakaian pc atau personal komputer maupun laptop rasanya wajib dilakukan bagi siapapun yang memiliki perangkat elektronik tersebut, layaknya rumah yang harus dibersihkan setiap hari dari debu dan sampah, komputer ataupun laptop sama. 

Laptop dan komputer pun bisa meninggalkan sampah sisa pemaikaian dari user dalam hal ini sampah yang dimaksud yaitu sampah hasil browsing atau mengunduh suatu file yang kemudian dihapus namun masih meninggalkan bekas yang belum bersih. 

Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Terkena Virus Ransomware Wannacry dan India 2019

Pernahkah sobat mengunduh sebuah file foto misalnya dengan ukuran yang sangat besar kemudian sobat hapus foto tersebut dengan maksud "memberi nafas" pada Harddisk agar tidak terlalu penuh, namun ketika file foto tersebut dihapus justru space atau ruang di harddisk tidak bertambah sedikitpun? ... nah ini dia yang dimaksud sisa sampah hasil browsing yang tersimpan pada Harddisk. 


Definisi Singkat Harddisk ( HDD )

Harddisk ( HDD ) merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan pada sebuah komputer maupun pc, dan Harddisk memiliki peranan paling fital dalam hal penyimpanan, semakin besar kapasitas harddisk akan membuat performa PC sobat semakin baik. 

Harddisk sendiri bisa menyimpan berpuluh-puluh giga file, sesuai kapasitas yang dimiliki, biasanya harddisk sendiri tertanam didalam motherboard pada sebuah PC maupun laptop, namun saat ini terdapat Harddisk eksternal yang bisa disambungkan menggunakan kabel USB, namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Sampah Pada Harddsik ( HDD )

Jangan mengira bahwa harddisk bisa membersihkan dirinya sendiri, layaknya sebuah rumah yang harus dibersihkan oleh pemilik begitupula dengan harddisk yang harus dibersihkan oleh pengguna komputer ataupun laptop, minimal paling tidak sebulan sekali. 


membersihkan sampah pada harddisk sendiri memiliki banyak manfaat salah satunya : 
  1. Memperbesar ruang pada Harddisk, memiliki ruang lebih pada harddisk sangat dianjurkan guna meningkatkan performa PC yang sobat gunakan agar tidak terjadi hank atau lemot juga.
  2. Membersihkan file tidak penting, file tidak penting yang kita hapus sebenarnya tidak akan langsung hilang jika kita tidak menghapusnya secara manual, maka kita harus membersihkannya secara manual.

Lantas, bagaimana cara membersihkan sisa sampah pada harddisk?
langkahnya sangatlah mudah dan sederhana, berikut ini adalah Langkah Sederhana Membersihkan Sisa Sampah Pada Harddisk

1. Buka Menu Library

yang pertama, silahkan sobat buka menu library atau berkas yang biasanya teradapat di pojok kiri bawah dari menu taskbar ( berwarna kuning ), jika sudah silahkan sobat klik panan pada partisi harddisk yang ingin dibersihkan, jika  kurang jelas mari lihat gamber berikut ini : 


Contohnya disini saya akan menghapus sisa sampah dalam 1 bulan terakhir, silahkan sobat klik kanan pada partisi Harddisk yang akan dibersihkan ya sobat.


2. Lakukan Disk Cleanup pada Harddisk

Setelah klik kanan pada partisi harddisk diatas, berikutnya sobat langsung klik menu properties maka akan masuk ke halaman baru sesuai partisi yang akan dibersihkan.

Setelah itu, silahkan sobat klik menu Disk Cleanup yang biasanya terdapat di pojok kanan bawah dari halaman yang baru saja muncul, jika kurang jelas silahkan lihat gambar dibawah.

Silahkan sobat klik menu Disk Cleanup maka akan muncul menu pop up baru, langkah berikutnya hanya tinggal menekan tombol OK , secara otomatis systema akan memindai file sampah yang bisa dihapus, contoh berikut ini file  sampah yang bisa saya hapus setelah 1 bulan pemakaian. 


File sampah yang bisa dihapus pada harddisk saya yaitu sebesar 8,52GB cukup besar bukan? nah setiap file sampah yang telah sobat hapus misalnya sebuah file foto, file tersebut tidak akan benar-benar hilang kecuali sobat menghapusnya secara manual. 


File yang telah sobat hapus masih bisa sobat akses melalui menu Recycle Bin yang diibiratkan sebuah tong sampah dalam rumah yang bisa menampung sebagian sampah rumah sebelum akhirnya dibaung oleh petugas kebersihan ke TPU.

saya harap sobat paham ya dengan apa yang saya maksud hehe ... 

nah alangkah baiknya sobat yang memiliki sebuah PC ataupun laptop untuk selalu melakukan perawatan secara berkala agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, baik itu perawatan secara software maupun hardware ya sobat, dengan demikian PC yang sobat gunakan bisa berjalan dengan optimal sesuai keinginan si pengguna.

Demikianlah artikel tentang Langkah Sederhana Membersihakn Sisa Sampah Pada Harddisk semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914