MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pengaturan Headset di Android Untuk Memperbaiki Masalah Suara Tidak Keluar


Apakah Anda baru saja membeli handphone baru ? tentu saja semua perangkat yang ada juga sudah dipastikan baru semua termasuk headset / headphone yang ada. Namun ada beberapa kasus di mana headset untuk android ini tidak bekerja dengan baik. Masalahnya pun beragam dimulai dari tidak terdeteksi oleh android, suaranya kecil / mati sebelah, atau mungkin suaranya sama sekali tidak keluar meskipun terdeteksi.


Mudahnya, untuk memastikan apakah headset yang ada bekerja dengan baik ataukah rusak Anda bisa mencobanya terlebih dahulu pada perangkat yang lain atau Anda bisa juga mencobanya pada PC / laptop. Jika memang ternyata pada perangkat yang lain headset bisa digunakan dengan baik maka kemungkinan besar masalahnya adalah pada pengaturan headset yang ada pada smartphone Anda. Oleh karena itu Anda harus mengubah atau mengatur beberapa pengaturan sesuai yang dijelaskan di bawah ini.


Mengatasi headset yang tidak berfungsi baik di android

Untuk mengatasinya sangatlah mudah, namun tidak bisa dipastikan semua dapat bekerja dengan cara ini karena setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing. Oleh karenanya Anda harus bisa menyimpulkan perihal masalah yang ada kemudian baru cari solsusinya.

Berikut cara memperbaiki headset yang tidak terdeteksi pada android :
  1. Anda bisa coba untuk restart hp Anda namun dalam keadaan headset / headphone terpasang. Hal ini bertujuan agar smartphone mendeteksi adanya perangkat yang terpasang karena ketika restart sistem akan membaca semuanya.
  2. Silakan coba buka lagu atau video dari situs-situs online contohnya seperti Youtube. Bisa saja pemutar lagu yang ada pada android tidak bekerja dengan baik dan akhirnya ikut berdampak juga pada headset.
  3. Periksa apakah lubang headset pada hp / smartphone kotor ? jika iya, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu menggunakan cotton buds kemdian memasangkannya kembali.
  4. Jika menggunakan microSD bisa jadi ini juga salah satu penyebabnya. Alasannya singkat mungkin saja sistem membaca microSD berulang-ulang sehingga dapat menganggu terhadap driver yang lain. Solusinya Anda bisa cabut dulu microSD kemudian coba pasang headset kembali, jika berhasil silakan restart hp Anda dengan keadaan headset terpasang kemudian coba pasangkan kembali microSD nya.
  5. Perbarui versi android Anda. Banyak orang yang menyatakan bahwa ketidakcocokan versi android juga mempengaruhi pada driver yang ada menjadi tidak bisa bekerja dengan baik. Anda bisa perbarui versi android atau mungkin menurunkannya.
  6. Reset hp, jika memang kelima cara di atas beserta cara alternatif di bawah ini tidak bisa mengatasi masalah Anda silakan Anda coba untuk reset hp. Ketika hp di-reset maka semuanya akan kembali ke setelan pabrik karena bisa saja Anda baru menginstall aplikasi yang di dalamnya terdapat virus sehingga mempengaruhi kinerja pada smatphone Anda.


Cara alternatif dengan menggunakan SoundAbout : 
  1. Silakan unduh apk SoundAbout.
  2. Jika sudah Anda bisa langsung memasangnya kemudian buka aplikasi tersebut. Jika muncul pesan "Trial Period" kalian bisa klik OK.
  3. Kemudian Anda sesuaikan pengaturannya. SoundAbout Service → ON - With Status, Media Audio → Let App Decide, Phone Call Audio → Let App Decide. Lebih lengkapnya lihat gambar di bawah.
  4. Silakan Anda coba kembali apakah berhasil atau tidak ? biasanya cara ini berhasil untuk hp xiaomi, samsung, oppo, dan lenovo. Namun tidak menutup kemungkinan cara ini bekerja bagi jenis yang lain.
  5. Jika masih belum bisa silakan restart hp Anda kemudian coba lagi.
  6. Apabila semuanya sudah bekerja dengan baik dan Anda tidak mau mengaktifkan fitur SoundAbout silakan ubah SoundAbout Service → Off.
  7. Selesai.


Jika cara di atas masih belum bisa, silakan Anda coba periksa kabel / jack nya, dan jika Anda yakin ada masalah pada perangkat kerasnya maka solusi terkahir adalah membeli headset baru atau membawanya ke tempat servis.

Demikian tutorial kali ini, jika Anda memiliki cara terbaru atau berdasarkan pengalaman sendiri dalam mengatasi masalah ini jangan sungkan-sungkan untuk memberitahukan kami melalui form kontak / kolom komentar. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914