MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Cek IMEI Semua Smartphone di Kemenperin 2019

Cara Cek IMEI Smartphone di Kemenperin 2019


Beberapa hari terakhir para pengguna smartphone diramaikan dengan berita mengenai Cara Cek IMEI pada smartphone di Situs Kemenperin dimana kita bisa mengetahui legalitas smartphone yang kita miliki melalui nomor IMEI yang terdapat pada setiap smartphone atau handphone yang kita punya. 

Bagi sobat sekalian mungkin sudah mengetahui tentang berita yang ramai akhir-akhir ini ya, tapi tidak sedikit juga yang belum tahu tentang Cara Cek IMEI Smartphone di Kemenperin 2019 maka dari itu saya akan mencoba berbagi pengalaman pada artikel ini ya sobat. 

Cara Pengecekan IMEI sendiri bisa berfungsi sebagai pemeriksa status smartphone yang kita punya apakah legal atau illegal, karena maraknya pembelian smartphone melalui black market .

Kemenperin sendiri kabarnya akan memblokir akses smartphone yang dibeli dari black market jika melewati tanggal 17 agustus mendatang, tapi jika sobat membeli smartphone di black market sebelum tanggal 17 agustus kabarnya akan mendapatkan pemutihan. 

Lantas bagaimanakah caranya agar kita bisa mengetahui smartphone yang kita punya itu legal atau ilegal? berikut ini Cara Cek IMEI Semua Smartphone di Kemenperin 2019 .

Baca Juga : 5 Aplikasi Editing Foto Terbaik Untuk Android

Cara Cek IMEI di KEMENPERIN Terbaru 

Bagi sobat yang ingin memeriksa status smartphone nya di Kemenperin, mari simak dengan seksama langkah-langkahnya 

1. Buka Situs KEMENPERIN 

Yang pertama, silahkan sobat akses situs Kemenperin dengan url imei.kemenperin.go.id maka sobat akan dibawa masuk kedalam situs kemenperin. 

Situs Kemenperin.go.id/IMEI


Kira-kira seperti diatas tampilan nya ya sobat, silahkan sobat masukan nomor IMEI yang terdapat pada smartphone tepat di kolom Cek IMEI yang tersedia. 

Cara Cek Nomor IMEI di Smartphone

Nah, bagi sobat yang belum mengetahui bagaimana sih caranya memeriksa nomor IMEI yang ada pada smartphone kita, langkahnya pun sangatlah mudah ya sobat. 

bisa sobat langsung cek pada status ponsel / about phone yang biasanya terdapat di menu setting atau setelan masing-masing smartphone. 

jika kurang jelas bisa disimak gambar berikut. 
Masuk ke setelan kemudian sobat pilih menu status setelah itu sobat akan melihat status perangkat sobat ya, mulai dari baterai sampai nomor IMEI yang dicari bisa kita temukan. 

di beberapa smartphone mungkin hanya berbeda nama atau letak nya saja ya sobat. 

Nah, IMEI yang kita cari sudah kita temukan ya sobat , beberapa bagian diatas saya sensor ya sobat karena saya anggap data pribadi. 


atau cara lain yang bisa sobat lakukan dengan melakukan dial up dengan mengetuk *#06# 

Setelah nomor IMEI yang kita cari sudah ditemukan, langsung saja sobat input nomor IMEI nya pada kolom atau kotak Cek IMEI di situs Kemenperin yang sudah kita buka tadi.

Jika sudah dimasukan pada kotak IMEI Kemenperin, hasil nya akan langusng terlihat apakah smartphone kita terdaftar atau tidak, jika terdaftar maka akan muncul catatan "IMEI terdaftar di Database Kemenperin" .


tetapi sebaliknya jika yang muncul tulisan "IMEI Tidak terdaftar di Database Kemenperin" ada kemungkinan smartphone yang sobat miliki diduga ilegal dari black market. 

Nah cara yang kita lakukan diatas merupakan cara resmi yang bisa kita lakukan guna memeriksa status smartphone yang kita punya termasuk legal ataupun ilegal ya sobat. 

Definisi atau Pengertian IMEI 

ngebahas tentang nomor IMEI sobat tahu tidak sih apa singkatan dari kata "IMEI" itu sendiri? alangkah baiknya kita mengenal sedikit lebih dalam tentang singkatan atau definisi dari nomor IMEI itu sendiri. 

IMEI merupakan singkatan dari ( International Mobile Equipment Identity ) untuk nomor IMEI sendiri biasanya terdapat 15-16 digit dan setiap ponsel selalu berbeda-beda.


nah sobat, demikianlah pembahsan artikel mengenai Cara Cek IMEI Semua smartphone di Kemenperin 2019 , semoga apa yang saya tulis setidaknya bisa memberikan bantuan bagi sobat yang hendak memeriksa status smartphone sobat ya. 



Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914