MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Praktis Menambah Memori Internal Android 2019



Cara menambah Memori Internal pada android, android merupakan sebuah sistem operasi berbasis linux untuk smartphone ( telpon pintar ) , komputer ataupun tablet, smartphone sendiri biasanya terbagi menjadi 3 kelas ( kelas bawah, kelas menengah dan kelas atas ). 

Dari ketiga kelas di atas digolongkan berdasarkan kapasitas penyimpanan masing-masing dalam hal ini memori internal dimana smartphone kelas bawah beberapa tahun silam hanya mampu menampung paling banyak sebesar 1 sampai 3 Gigabyte data aplikasi saja. 

Sedangkan seiring berkembangnya waktu, smarpthone kini dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang jauh lebih banyak bahkan sudah ada smartphone yang menyediakan penyimpanan internal sampai 256 Gigabyte, dimana smartphone seperti ini biasanya dipanggil dengan sebutan smartphone kelas atas.

Baca Juga : Cara Screnshoot HP Oppo F9

Selain dengan penyimpanan yang cukup besar, smartphone saat ini juga sudah dilengkapi dengan android yang cukup besar juga. 



Nah, tapi terkadang ada saja pengguna smartphone yang merasa tidak puas karena penyimpanan internal yang ada di smartphone nya terkadang penuh secara tiba-tiba ataupun karena faktor lain. 

Lantas, bagaimana sih cara menambah memori internal pada smartphone? saya yakin pertanyaan ini terlintas di pikiran sobat sekalian. bagi sobat yang smartphone nya hanya memiliki sedikit kapasitas penyimpanan, sobat bisa melakukan Cara Praktis Menambah Memori Internal Android 2019. 

Pada artikel kali ini saya akan berbagi setidaknya pengalaman pribadi saya ketika punya smartphone yang kapasitas penyimpanannya tidak begitu memadai, walaupun cara ini tidak akan meningkat secara signifikan, tapi cara ini setidaknya akan membantu sobat sekalian.

Baca Juga : Cara Memperbesar RAM Android

Cara Praktis Menambah Memori Internal Android 

Perlu diketahui, sebenarnya kapasitas yang sudah dipasang pada setiap smartphone tidak lagi bisa ditambah, namun bisa sobat "minimalisir" ketersediaan ruang penyimpanan dengan memfilter atau menyaring aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan oleh smartphone tersebut. 

Adapun Cara praktis menambah memori internal pada smartphone android sebagai berikut ; 

  • Buang Aplikasi Tidak Berguna, saya yakin bagi sobat yang baru saja membeli smartphone rasanya ingin memasang segala macam jenis aplikasi, mulai dari aplikasi sosial media, editing bahkan sampai aplikasi untuk selfie. nah mulai saat ini cobalah untuk memilah aplikasi yang sekiranya dibutuhkan ataupun yang tidak dibutuhkan oleh smartphone. 
  • Bersihkan Sampah Aplikasi, pernah merasa penyimpanan android tiba tiba berkurang? padahal sobat tidak memasang aplikasi apapun? nah silahkan sobat bersihkan sampah aplikasi smartphone setelah pemakaian, layaknya kita yang selesai makan harus mencuci piring, begitupula dengan smartphone yang sampahnya harus dibersihkan setelah pemakaian. 
Diatas merupakan 2 cara praktis yang bisa sobat coba untuk setidaknya memberikan ruang lebih kepada smartphone sobat. 

Selain 2 cara diatas ada lagi cara yang bisa sobat lakukan untuk memberikan lebih banyak ruang kepada penyimpanan internal atau memori internal smartphone sobat. 


Membersihkan Penyimpanan Internal Dengan Aplikasi 

Gunakan aplikasi bantuan guna membersihkan ruang yang tersedia di smartphone sobat, dimana aplikasi berikut ini bisa memberikan "nafas" kepada penyimpanan internal sobat, dan berikut adalah aplikasi yang bisa sobat gunakan guna menambah memori internal pada smartphone sobat.

  1. 360 Security Lite, bukan hanya terkenal sebagai antivirus, aplikasi 360 Security Lite ini juga bisa membersihkan sisa-sisa sampah pada aplikasi yang telah digunakan pada smartphone sobat secara otomatis tanpa harus menghapusnya satu per satu. 
  2. Link2SD, Link2SD merupakan sebuah aplikasi tambahan yang bisa sobat gunakan juga, fungsi utamanya adalah aplikasi ini akan mencoba memindahkan aplikasi yang tersimpan di penyimpanan internal untuk masuk ke penyimpanan eksternal ( dalam hal ini memori eksternal atau Kartu SD ). dengan demikian penyimpanan internal pada smartphone sobat lebih memiliki banyak ruang, tanpa perlu melakukan root pada smarpthone sobat. 

Manfaat Membersihkan Memori Internal Smartphone

Mungkin bagi sobat yang smarpthone nya memiliki penyimpanan internal di atas rata-rata tidak masalah ya, tapi alangkah baiknya untuk sobat sekalian yang memiliki penyimpanan internal diatas rata-rata untuk turut juga membersihkan penyimpanan internal nya karena bisa memberikan manfaat untuk smarpthone itu sendiri diantaranya : 

  • Membuat Kinerja Smartphone lebih baik
  • Memberikan "nafas" untuk penyimpanan internal 
  • Agar tidak lag atau hang ( patah-patah atau macet )
  • Smartphone tidak  berat saat dioperasikan


Nah sobat diatas merupakan Cara Praktis Menambah Memori Internal Pada Android 2019 seperti yang saya bilang ditatas, bahwa penyimpanan internal yang terdapat pada smartphone sudah tidak bisa lagi ditambah, tapi bisa sobat minimalisir atau memfilter aplikasi apa saja yang dibutuhkan guna memberi ruang lebih kepada penyimpanan internal smartphone sobat.


Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914