MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips Jitu Agar Artikel Cepat Terindex Google Terbaru


Bagaimana cara agar artikel blog / website cepat terindeks Google dalam waktu yang singkat ? Indeks Google merupakan hal paling penting untuk sebuah blog agar artikelnya bisa didatangi oleh pengunjung dari search engine (pengunjung organik). Jika sebuah halaman tidak terindeks Google maka Anda akan hanya mendapatkan 0% kesempatan untuk mendapatkan pengunjung secara organik. 

Singkatnya seperti ini bagaimana mesin pencari (search engine) bekerja:
  1. Merayap Laman (Crawling)
  2. Mengindeks (Indexing)
  3. Memberikan peringkat pada laman (Ranking)

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara agar Googlebot dapat mengindeks halaman Anda lebih cepat. 

Cara cek apakah halaman / artikel sudah terindeks Google ?

Sebelumnya Anda harus mengetahui dahulu cara melihat apakah artikel Anda sudah terindeks atau belum ? Anda juga harus mengetahui apakah artikel yang Anda buat memiliki kesalahan (error) atau tidak ? bahkan Anda harus tahu artikel Anda ini terdeteksi spam oleh Google atau tidak ?

Lebih lengkapnya Anda bisa membaca "Laporan Status Cakupan Indeks" silakan Anda baca sampai tuntas kemudian Anda lihat pada Google Search Console → pilih Liputan. Sebelumnya pastikan Anda sudah terdaftar pada Google Search Console.

Kita bisa lihat valid berarti daftar artikel yang terindeks dan  Saya sendiri tidak memiliki kesalahan pada indeks artikel, jika ternyata Anda memiliki kesalahan indeks maka Anda harus segera memperbaikinya.


Apabila Anda mendapati kesalahan yang jumlahnya lebih besar daripada jumlah indeks maka berikut adalah beberapa kemungkinan penyababnya :
  • Peta Situs (Sitemap) Anda mungkin memiliki URL yang tidak dapat diindeks oleh Google atau disebut dengan noindex yang diblokir melalui robots.txt.
  • Situs Anda mungkin hanyalah berisi sebuah spam artikel, di mana artikel yang dipublikasikan oleh Anda adalah artikel hasil plagiat (copy paste). Jika memang ini terjadi jangan harap Artikel Anda akan mendapatkan indeks dan peringkat yang baik di mesin pencari.
  • Situs Anda mungkin tidak memiliki "authority" yang baik di mata Google (masih baru).c 

Solusinya silakan Anda perbaiki robots.txt (caranya pada no 13), jangan copas, dan pastikan selalu perbarui situs Anda dengan artikel baru setiap hari. Jangan lupa juga untuk melihat apa penyebab dari kesalahan yang terdapat pada Google Search Console tersebut.

Cara artikel dan halaman situs cepat terindeks

Sejujurnya artikel yang berkualitas maka akan cepat terindeks dan memiliki peringkat yang baik. Maka yang paling utama, buatlah artikel yang berkualitas !. Jika dirasa sudah memenuhi syarat utamanya maka lanjut untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Submit artikel ke Google Webmaster

Anda bisa submit artikel ke Google Webmaster lalu minta pengindeksan. Hal ini bertujuan agar artikel yang baru Anda buat dapat langsung dikenali oleh Google, berbeda jika anda tidak men-submit artikel maka Google tidak akan tahu apakah situs Anda memiliki konten baru atau tidak ? inilah mengapa Google lebih lama dalam merayapinya.

Berikut cara submit artikel ke Google Webmaster:


  1. Masuk ke Google Search Console.
  2. Anda akan melihat inspeksi url seperti gambar di atas, silakan Anda copy artikel yang ingin diindeks kemudian paste pada kolom tersebut lalu tekan enter.
  3. Karena Saya memasukkan artikel yang sudah terindeks maka saya tidak perlu untuk mengindeks ulang kecuali jika ada perubahan pada artikel. Anda bisa langsung klik "Minta Pengindeksan" → verifikasi captcha. Lebih lengakpnya lihat pada gambar di bawah ini.
  4. Selanjutnya tunggu saja sampai nanti artikel terindeks sendiri. Pengalaman Saya menggunakan Webmaster artikel akan terindeks 90% lebih cepat dari biasanya. Bahkan artikel yang Saya buat pernah terindeks Google hanya dalam waktu 8 detik namun bisa saja sampai berjam-jam.


2. Submit Sitemap ke Webmaster

Peta Situs atau Sitemap adalah daftar artikel yang berhasil dipublikasikan pada situs Anda, semua artikel baru akan terdaftar di sana. Jika Anda ikut sertakan Sitemap pada Webmaster maka ketika ada artikel baru otomatis Google akan mendeteksi adanya pembaruan pada situs.

Baca Juga : Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Artikel Banyak dan Cara Mengatasinya

Berikut cara submit sitemap ke Google Webmaster:
  1. Masih pada Google Webmaster / Search Console.
  2. Kemudian pada menu indeks pilih Peta Situs.
  3. Ketikkan sitemap.xml, atom.xml, dan feeds/posts/default?orderby=updated lalu klik Kirim (satu persatu).

3. Gunakan internal links

Mesin Pencari merayapi halaman demi halaman melalui internal link / anchor text. Ketika Anda menyisipi internal link pada artikel maka Google juga akan merayapi link tersebut apakah aktif atau tidak ?. Beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam menyisipi internal link:
  • Sisipi internal link yang hanya relevan dengan artikel.
  • Jangan sisipi link yang menuju situs tidak terpercaya (authority rendah) kecuali situs Anda adalah situs yang sudah memiliki poin lebih di mata Google.
  • Jangan sampai Anda menyisipi link mati.
  • Gunakan rel nofollow jika internal link tidak ingin dinilai oleh Google.
Selebihnya Anda bisa baca di sini : Cara Membuat Link Aktif Pada Komentar Blogger  namun Anda fokus terhadap internal link artikel saja dulu.

4. Hapus link atau artikel yang rusak

Ketika situs Anda memiliki banyak sekali broken link pada mesin pencari maka Google juga akan menganggap bahwa situs Anda adalah situs yang tidak sehat. Solusinya Anda harus menghapus baik link atau artikel yang rusak.

Contoh halaman dan link yang wajib dihapus adalah yang mengarah kepada "Error 404 Not Found". Jelas saja karena yang mengarah ke halaman 404 dijamin halaman tersebut terhapus, tidak ditemukan atau hilang. 

Anda bisa gunakan cara ini untuk mengatasinya : Panduan Lengkap Cara Menghapus URL dari Google Search Console. Adapun untuk internal link anda cukup hapus pada artikel saja kemudian minta pengindeksan baru ke Webmaster.

5. Bagikan artikel ke sosial media

Sosial media merupakan tempat berkumpul seluruh umat manusia dalam waktu yang bersamaan. Anda bisa memanfaatkan peluang ini, ketika Anda membagikan artikel ke sosial media kemudian banyak dari mereka yang berkunjung ke situs Anda.

Google sendiri akan menganggap bahwa banyak orang menyukai konten yang Anda buat oleh karenanya Google akan memberikan indeks lebih cepat dari biasanya. Namun yang perlu Anda ingat, bagikanlah artikel Anda sesuai pada bidangnya. Jangan sekali-kali membagikan artikel memasak pada grup otomotif.

6. Bagikan artikel pada situs yang memiliki traffic tinggi

Setelah sosial media bagikan juga pada situs yang memiliki traffic tinggi seperti Kaskus, Quora, Reddit dan jangan lupa untuk menambahkan internal link pada situs-situs tersebut. Namun tentunya pada situs tersebut Anda diharuskan membuat artikel atau ulasan terlebih dahulu kemudian diakhir Anda bisa sisipi link yang mengarah ke artikel situs Anda.

7. Dapatkan backlink dari situs lain

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa Mesin Pencari merayapi halaman demi halaman melalui internal link / anchor text. Maka Anda juga bisa mendapatkan internal link dari situs lain. 

Beberapa tips yang bisa dicoba untuk mendapatkan link dari situs lain:
  • Lakukan guest post atau menerbitkan artikel pada situs orang lain yang memiliki authority tinggi dan tentunya relevan.
  • Bertukar link dengan para blogger, seperti yang tertera pada situs ini.
  • Buatlah artikel berkualitas, ketika artikel Anda memang bermanfaat maka tidak sedikit dari para blogger akan memberikan backlink kepada artikel yang Anda buat.
  • Beli backlink.

8. Ping artikel 

Ping artikel ini tidak berbeda jauh ketika kita submit artikel ke Google Webmaster, hanya saja ping ini adalah sinyal agar Google mengetahui bahwa sebenarnya terdapat artikel baru pada situs Anda. Gunakan ping artikel ini dengan wajar dan jangan berlebihan, jika memang berlebihan Google akan menganggap spam artikel dan tidak akan pernah mengindeksnya atau bahkan masuk ke daftar Google Sandbox.

Untuk cara ping artikel bisa dilihat di sini : Cara Ampuh Ping Artikel agar Cepat Terindex Google.

Itulah beberapa cara agar artikel bsia terindeks Google dengan cepat. Semuanya tergantung dari kualitas artikel dan komponennya. Bisa saja artikel yang Anda buat terindeks dalam waktu 1 detik jika relevan atau bahkan tidak pernah terindeks sama sekali meskipun berbagai cara sudah dilakukan. Silakan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Click here for comments 1 komentar:

  1. mantap mas... bagaimana membuat tombol subscribe di sidebar blog.... Aulaku.Com

    ReplyDelete
4571795084962316914