MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Membuat Foto Siluet/Sillhouette di Photoshop


Membuat gambar siluet / sillhouette baik secara online atau menggunakan aplikasi adalah salah satu teknik editing yang patut dicoba. Aplikasi yang bisa membuat siluet adalah Photoshop, Corel Draw, Illustrator, PicsArt dll. Singkatnya siluet ini adalah efek pada fotografi yang menghasilkan perbedaan yang signifikan antara objek dengan latar belakang (background).

Pada pengambilan gambar ini latar belakang haruslah lebih terang dibandingkan objek yang difoto agar bisa menghasilkan foto siluet yang sempurna. Namun, pada jaman yang canggih ini Anda tidak perlu repot-repot mencari cahaya, pergi ke gunung dsb hanya untuk membuat efek siluet.

Anda bisa menggunakan aplikasi yang namanya Photoshop dan untuk membuat efek ini mungkin hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Bahan yang akan digunakan : Side Face Photo

Berikut cara membuat efek siluet pada foto / gambar menggunakan Photoshop:
  1. Buka aplikasi Photoshop Anda, berapapun versinya.
  2. Selanjutnya, buka foto Anda atau foto bahan yang sudah disediakan link nya di atas.
  3. Pada layer background, tekan CTRL + J untuk menduplikat layer utama agar pekerjaan tidak tertumpuk pada satu layer.
  4. Kemudian, Anda pilih Pen Tool (P) → mode Shape → Fill = warna hitam → Stroke = none.
  5. Lalu, sekarang Anda perlu menyeleksi semua sisi objek menggunakan Pen Tool tadi dengan mengklik pada ujung objek. Apabila Anda terganggu dengan warna yang dihasilkan dari mode shape maka Anda bisa atur opacity-nya menjadi 0%.
  6. Selesaikan seleksi sampai ujung satunya lagi dan temukan kepada titik awal (close path).
  7. Jika sudah selesai, Anda hanya perlu mengubah opacity menjadi 100% kembali untuk melihat hasilnya. Kemudian buat layer baru dengan mengklik ikon layer di pojok kanan bawah dan warnai dengan warna putih menggunakan Paint Bucket Tool. Jangan lupa untuk mengatur layer background putih tersebut di bawah layer siluet.
  8. Agar siluet lebih proporsi ukurannya, maka bisa Anda perkecil. Untuk mengubah ukuran suatu objek bisa Anda lihat di sini.
  9. Nah sudah hampir selesai, namun masih terlihat biasa saja bukan ? sekarang Anda bisa menghapus bagian siluet yang dianggap tidak penting. Sebelumnya sebelum membuat perubahan Anda harus rasterize layer objek karena layer tersebut berbentuk shape. Untuk mengubahnya klik kanan layer siluet / shape 1 → Rasterize Layer.
  10. Kemudian, saya di sini akan menghapus bagian bawah kerah agar terlihat lebih indah. Caranya dengan seleksi bagian bawah kerah menggunakan Pen Tool → klik kanan pilih "Make Selection" → klik Delete.
  11. Sekarang bagian bawah siluet sudah sedikit melengkung. Saya berinisiatif untuk menambahkan beberapa shape lagi dengan keinginan saya sendiri lalu diikuti dengan penambahan brush berbentuk bulat di sisinya.
  12. Jika Anda ingin memajangnya di media sosial atau apa saja, alangkah baiknya Anda menggunakan bingkai foto / mockup foto agar terlihat lebih elegan dan rapih. Sebelumnya, pastikan Anda simpan foto terlebih dahulu dengan memotong ukuran foto sesuai dengan ukuran objek baik itu berbentuk .jpg atau .png. Lihat : Cara Memotong Gambar Sesuai Objek.
  13. Selesai.
Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan alat seleksi lainnya selain Pen Tool seperti Laso Tool dan lain-lain. Namun, untuk hasil terbaik saya lebh condong menggunakan Pen Tool terlebih lagi jika kita sudah mahir dalam menggunakannya.

Bagaimana mudah bukan ? Anda tidak perlu susah-susah mencari tempat yang pas hanya untuk membuat efek foto semacam ini. Semuanya bisa Anda lakukan asalkan Anda paham dan menguasai aplikasi edit foto. Untuk lebih banyak belajar tentang edit foto Anda bisa klik di sini : Belajar Edit Foto.

Sekian tutorial kali ini, saya harap dapat memudahkan pembaca dalam membuat siluet di Photoshop. Jangan sungkan untuk berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terimakasih...


Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914