MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Memperbesar dan Mengecilkan Ukuran Gambar di Photoshop

Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.

Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.

Transform pada Photoshop adalah salah satu fitur / tools yang dapat mengubah ukuran, memutar, melengkungkan, mengubah perspektif, membalikan dan lain-lain pada sebuah object. Transform ini diciptakan agar kita lebih mudah dalam mengatur sebuah object yang ada di Photoshop sehingga desain yang akan dibuat lebih sempurna dengan adanya tools ini.

Apabila Anda ingin mengubah ukuran suatu object / gambar maka menggunakan transform tool adalah hal yang tepat. Karena pada Photoshop sendiri memang tool ini yang dikhususkan untuk mengubahnya.

Berikut cara mengubah ukuran gambar di Photoshop:
  1. Silakan buka aplikasi Adobe Photoshop Anda berapapun versinya.
  2. Buka dan pilih sebuah gambar / object yang akan kita ubah ukurannya dengan klik File → Open atau CTRL + O kemudian pilih gambar.
    • Untuk bahan yang digunakan pada tutorial kali ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.
  3. Setelah gambar berhasil dibuka, sekarang Anda hanya perlu menduplikat gambar dengan menekan CTRL + J pada layer background kemudian matikan layer background dengan klik ikon mata. Layer background dimatikan bertujuan agar pada lembar kerja hanya terdapat satu gambar utama sehingga tidak akan membingungkan kita dalam merubah ukurannya nanti.
  4. Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.
  5. Selanjutnya, pastikan Anda klik layer hasil duplikat tadi. Contohnya seperti gambar di atas kemudian tekan CTRL + T dan pilih Free Transform.
  6. Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.
  7. Kemudian, Anda hanya perlu menarik ujung gambar kearah dalam agar gambar mengecil dan kearah luar agar gambar membesar. Jangan lupa ketika proses menarik dilakukan, Anda tekan Shift / Shift + Alt agar gambar tetap memiliki proporsi yang sama.
  8. Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.
  9. Setelah selesai Anda hanya perlu menekan enter untuk menyimpan ukuran gambar yang baru.
  10. Selain itu, Anda bisa mencoba satu-satu fitur yang ada pada Transform Tool dengan menekan CTRL + T kembali kemudian pilih fitur yang lain. Sebagai contoh saya di sini memilih fitur Perspective pada gambar sehingga kita akan mengubah perspektif pada gambar.
  11. Bagaimana cara mengubah ukuran gambar di Photoshop menjadi lebih kecil atau lebih besar dari foto aslinya ? memperkecil dan memperbesar ukuran gambar termasuk teknik dasar Photoshop yang disebut dengan transform.
  12. Selesai.
Selebihnya bisa Anda kreatifkan lagi sendiri, sebenarnya Anda bisa membuat gambar tersebut menjadi 3 dimensi hanya bermodalkan fitur transform saja. Di masa yang akan datang akan saya buat artikel tentang hal tersebut.

Jadi pastikan Anda selalu memantau situs ini untuk informasi terbaru yaa..

Terimakasih sudah membaca artikel singkat ini, saya harap artikel ini dapat membantu Anda dalam mempelajari dasar-dasar tools dari Photoshop.
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914