MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Cara Mengatasi Error "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart"

Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.

Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10.

Pesan error tersebut muncul di komputer yang menjalankan OS Windows 10 atau 8 (atau Windows 8.1) dengan alasan yang berbeda dari komputer ke komputer. Lebih khusus lagi, masalah ini dapat muncul setelah pembaruan Windows atau driver, file sistem yang korup, karena serangan virus atau karena masalah memori.

Ketika pesan error tersebut muncul di layar, komputer tidak akan merespon untuk menerima perintah user dan setelah angka persentase mencapai 100%, sistem akan me-restart secara otomatis atau mungkin Anda tidak bisa melakukan apa-apa terhadap komputer (hang) dan satu-satunya cara untuk menutup dan me-restart Windows adalah dengan menggunakan tombol power komputer.

Penyebab error Your PC ran into a problem and needs to restart

Sebelum mengatasi masalah ini alangkah baiknya Anda juga mengetahui apa penyebabnya ? karena mengetahui penyebab error dapat memudahkan Anda dalam mengatasinya. Berikut adalah penyebab utamanya:
  • Adanya perubahan pada file Registry.
  • Terdapat perubahan pada perangkat keras / sistem.
  • Melakukan shutdown komputer yang tidak benar (mematikan paksa).
  • Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Error "You need permissions to perform this action"
  • Terdapat instalasi driver baru yang tidak sesuai / error.
  • Terdapat kesalahan saat melakukan updating Windows.
  • Terkena virus / malware.

Cara memperbaiki error Your PC ran into a problem and needs to restart pada Windows 8/8.1/10

Terdapat banyak cara dalam mengatasi masalah ini karena setiap komputer memiliki penyebab yang berbeda-beda. Jadi pastikan Anda mencobanya satu persatu sampai masalah benar-benar teratasi.

1. Memperbaiki File Registry yang rusak

Ketika pesan error muncul biasanya sistem akan otomatis me-restart komputer dan mengarahkan pada menu "Automatic Repair - Your PC did not start correctly" di mana pada menu tersebut terdapat tombol Restart dan Advanced Options.
  1. Ketika Anda sudah masuk pada menu Automatic Repair, klik tombol Advanced Options → Troubleshoot → Advanced Options → Command Prompt → Administrator.
  2. Nanti akan muncul CMD (Command Prompt), lalu ketikkan C: yang bertujuan agar masuk ke partisi C atau partisi sistem.
  3. Kemudian, ketikkan kembali CD Windows\System32 untuk masuk ke direktori System32.
  4. Masih sama, ketikkan kembali CD config untuk masuk ke direktori config. Perhatikan besar dan kecilnya huruf dalam mengetik serta spasi yang digunakan.
  5. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  6. Setelah itu ketikkan lagi DIR untuk melihat seluruh isi yang ada pada direktori config. Nanti pada direktori ini akan terdapat folder Regback di sini lah Anda bisa memperbaiki file Registry yang rusak.
  7. Ketik CD RegbackDIR, maka nanti akan muncul isi folder Regback.
  8. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  9. Ketik CD untuk kembali ke direktori config.
  10. Pada folder Regback sebelumnya, terdapat lima folder utama yaitu DEFAULT, SAM, SECURITY, SOFTWARE, SYSTEM. Sekarang Anda perlu menduplikat lima folder tersebut dengan nama yang berbeda dengan mengetikkan perintah:
    • REN DEFAULT → DEFAULT1
    • REN SAM → SAM1
    • REN SECURITY → SECURITY1
    • REN SOFTWARE → SOFTWARE1
    • REN SYSTEM → SYSTEM1
  11. Masuk kembali ke folder Regback dengan perintah CD Regback.
  12. Kemudian copy folder hasil duplikat tadi dengan perintah COPY * c\WINDOWS\System32\config.
  13. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  14. Selanjutnya ketik exit untuk kembali ke menu dan pilih Turn off your PC.
  15. Nyalakan ulang PC Anda, seharusnya masalah sudah berhasil teratasi.
Jika cara pertama belum bisa menyelesaikan masalah Anda, lanjutkan membaca cara kedua dan seterusnya.


2. Ubah Memory Dump settings

  1. Tekan "Windows + R" lalu ketikkan control sysdm.cpl lalu klik OK.
  2. Masuk tab Advanced dan pada menu Start up and Recovery klik Settings
  3. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  4. Kemudian, unchecklist pada Automatically restart dan pada Write debugging information pilih Complete memory dump setelah itu klik OK.
  5. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.

3. Cek stabilitas komputer pada safe mode dan perbarui driver

Dalam beberapa kasus masalah ini juga dapat disebabkan karena driver perangkat yang kedaluwarsa atau rusak. Untuk memecahkan masalah ini, anda bisa masuk ke dalam Safe Mode dan lihat apakah kesalahannya masih ada.
  1. Untuk masuk safe mode klik di sini.
  2. Jika pesan error "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart" tidak muncul saat dalam safe mode, maka Anda mungkin memiliki masalah dengan perangkat lunak atau driver perangkat keras. Pada kasus ini:
    • Coba untuk menghapus antivirus.
    • Hapus instalan dan instal ulang beberapa driver perangkat penting di sistem Anda untuk mencari tahu apakah salah satu di antaranya menyebabkan masalah. Untuk melakukan itu, hapus instalan driver berikut dalam urutan ini (satu setiap kali selesai reinstall dan kemudian restart komputer).
      • Display Adapter Driver
      • Wireless Adapter Driver
      • Ethernet Adapter Driver
    • Baca Juga : Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows [Semua Merek Laptop]
    • Perhatian : Setelah menghapus driver, restart komputer dan periksa apakah kesalahan berlanjut sebelum melanjutkan untuk menghapus driver perangkat berikutnya. Ketika Anda menemukan driver perangkat mana yang menyebabkan masalah ini, kemudian lanjutkan untuk mengunduh dan menginstal ulang versi driver terbaru (untuk perangkat itu) dari situs web pabrikan tanpa menghapus instalan driver perangkat lain dari sistem Anda. 
  3. Untuk menghapus driver Anda bisa tekan "Windows + R" kemudian ketikkan devmgmt.msc.
  4. Nanti Anda akan diarahkan ke Device Manager, klik kanan pada daftar driver yang sudah dijelaskan di atas dan klik Uninstall.
  5. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  6. Ketika operasi Uninstall selesai, hapus juga semua perangkat lunak yang terkait dengan perangkat yang dihapus dari program yang diinstal (Control Panel > Programs and Features).
  7. Restart komputer Anda.
  8. Install driver versi terbaru.
  9. Restart komputer dan lihat apakah error masih muncul atau tidak.

4. Pindai dan perbaiki Windows System Files

Pada masalah ini juga mungkin disebabkan oleh sistem file yang rusak. Untuk mengatasi ini, gunakan perintah sfc /scannow (System File Checker) untuk memperbaiki file sistem Windows.
  1. Buka CMD (Command Prompt) dalam mode Administrator.
  2. Kemudian, ketikkan perintah sfc /scannow lalu tekan enter.
  3. Tunggu sampai proses perbaikan selesai.
  4. Ketika pemeriksaan dan perbaikan file Sistem selesai, nyalakan kembali komputer Anda dan periksa apakah komputer Anda bekerja dengan lancar.

Beberapa solusi lain yang dapat mengatasi masalah ini:
  1. Periksa apakah terdapat kerusakan perangkat keras?
  2. Periksa juga pada bagian RAM dari komputer Anda apakah baik-baik saja?
  3. Putuskan sambungan dari semua external device seperti harddisk eksternal, printer, dll.
Mungkin itu saja, saya harap artikel ini dapat mengatasi masalah Anda. Jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914