MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode / Gelap di Instagram untuk Android dan iOS

Bagaimana cara mengubah dan mengaktifkan latar belakang / background Instagram menjadi dark mode, mode gelap atau mode malam baik pada Android maupun iOS ? mode gelap menjadi salah satu fitur yang sedang ramai dibicarakan oleh para pengguna Instagram sendiri.

Bagaimana cara mengubah dan mengaktifkan latar belakang / background Instagram menjadi dark mode atau mode gelap baik pada Android maupun iOS ? mode gelap menjadi salah satu fitur yang sedang ramai dibicarakan oleh para pengguna Instagram sendiri.

Alasannya karena fitur ini memang menarik untuk dicoba dan mungkin para pengguna Instagram sudah bosan dengan latar belakang berwarna putih mencolok. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda tidak membutuhkan aplikasi khusus atau aplikasi pihak ketiga (3rd Party) karena Instagram sendiri resmi mendukung mode gelap. Hanya saja untuk Android saat ini masih versi Beta, oleh karenanya bisa saja masih terdapat bug di dalamnya.

Cara kerja mode gelap di Instagram

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya bagaimana fitur gelap tersebut bekerja pada Instagram ? jawabannya adalah sebenarnya Instagram sendiri tidak mengeluarkan tema khusus pada aplikasinya. Instagram hanya memanfaatkan saja fitur mode malam yang terdapat pada HP kemudian diimplementasikan kepada aplikasinya, sama halnya dengan aplikasi-aplikasi lain.

Baca Juga : Instagram Menghapus Fitur Penting Following

Jadi Instagram sendiri tidak mengeluarkan tema khusus untuk dark mode ini, melainkan hanyalah memanfaatkan fitur yang sudah ada.

Syarat untuk mengaktifkan dark mode Instagram

Sebelumnya, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa fitur ini tidak semua perangkat mendukungnya. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin menggunakan fitur ini. Syarat yang harus dipenuhi antara lain:
  • Untuk Android minimal versi 9 Pie / 10 sedangkan iOS versi 13.
  • HP yang digunakan mendukung mode malam / dark mode.
  • Baca Juga : Cara Merubah Akun Pribadi Menjadi Akun Bisnis di Instagram 2019
  • Anda harus memperbarui versi aplikasi Instagram nya di Playstore dan gabung ke versi (Beta) jika Anda menggunakan platform Android.

Cara mengaktifkan mode malam Instagram

1. Versi Android:

  1. Klik setelan / pengaturan pada menu Android Anda.
  2. Klik Aksesibilitas / Accessibility.
  3. Pada Tampilan, klik aktifkan Tema gelap / inversi warna.
    • Tema gelap ini berlaku pada semua aplikasi yang mendukungnya tidak sebatas Instagram saja. Namun tidak untuk video atau gambar (media).
    • Baca Juga : Cara Melihat Foto dan Video akun Instagram Private Tanpa Follow
    • Tema gelap ini akan mengubah dan menukar warna dasar. Misalkan, jika layarnya hitam maka teks akan berwarna putih dan begitu sebaliknya. 
  4. Simpan setelan, dan Instagram akan otomatis berubah menjadi dark mode.
2. Versi iOS:
  1. Pergi ke Pengaturan → Tampilan & Kecerahan.
  2. Pilih Dark / Gelap untuk mengaktifkan fitur dark mode.
  3. Bagaimana cara mengubah dan mengaktifkan latar belakang / background Instagram menjadi dark mode, mode gelap atau mode malam baik pada Android maupun iOS ? mode gelap menjadi salah satu fitur yang sedang ramai dibicarakan oleh para pengguna Instagram sendiri.
    Sumber : Support Apple
  4. Simpan setelan, dan dark mode berhasil diaktifkan.

Manfaat fitur dark mode

Lalu apakah manfaatnya dari fitur dark mode ini ? apakah hanya sebatas keren-kerenan atau memiliki dampak yang lebih spesifik ? manfaatnya antara lain adalah:
  • Menghemat baterai - Layar yang gelap tidak akan mengkonsumsi baterai terlalu banyak tidak seperti layar yang cerah yang cenderung mengkonsumsi penggunaan baterai yang cukup banyak.
  • Melindungi mata - Ketika Anda bermain HP terlalu lama dengan layar yang cerah hal itu akan menyakitkan mata, maka dark mode menjadi solusinya terutama jika Anda bermain di tempat yang gelap.
  • Membuat tampilan lebih elegan - Berdasarkan dari banyak pengguna mereka cenderung menggunakan mode gelap dibandngkan mode cerah karena mode gelap terlihat lebih elegan dan memiliki estetika lebih.
  • Baca Juga : Cara Mendownload Video Dari Instagram Story 2019
  • Mencegah orang lain membaca atau mengintip aktivitas kita di handphone - Ketika Anda sedang duduk ditempat umum, mungkin saja orang yang berada di samping Anda sedang melihat dan memerhatikan kegiatan yang Anda lakukan dengan HP Anda. Fitur dark mode ini akan sedikit mencegah hal itu terjadi, karena warnanya yang gelap akan membuat orang lain sulit melihatnya terlebih lagi dari samping.

Kesimpulan

Fitur mode gelap ini hanya bisa digunakan untuk versi Android minimal versi 9 Pie dan versi 13 untuk iOS. Untuk pengguna Android diharuskan bergabung menjadi beta tester dan memperbaruinya di Playstore pada aplikasi Instagram dan untuk pengguna iOS cukup memperbarui aplikasi saja tanpa perlu menjadi beta tester. Fitur ini tidak hanya untuk Instagram saja, namun akan ikut berefek ke aplikasi lainnya yang mendukung mode gelap kecuali media. Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu mengubah mode asal di pengaturan (HP) menjadi mode gelap / dark mode.

Bagaimana mudah bukan ? saya harap artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914