MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Penggunaan Teknologi Digital di Dunia Koperasi dan Kewirausahaan di Indonesia


Zaman semakin hari semakin berkembang, salah satunya adalah perkembangan teknologi digital yang lebih dikenal dengan sebutan revolusi industri 4.0 pada saat ini. Sayang sekali jika kita tidak bisa memanfaatkan dan mengikuti perkembangan teknologi digital ini, yang ada kita hanyalah tertinggal jauh di belakang sana dan terkalahkan oleh persaingan yang futuristik.

Apapun jenis usahanya, bentuknya dan sifatnya tentu akan terkalahkan jika enggan mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dari waktu ke waktu karena hal inilah yang akan menentukan bagaimana nasib kedepannya.

Apa itu teknologi digital ?


Berbicara soal teknologi digital, sebenarnya hal ini sudah tidak asing lagi untuk didengar. Namun masih banyak dari kita yang masih bingung sebenarnya apa itu teknologi digital ? 

Teknologi adalah suatu hal yang sudah tidak lagi menggunakan tenaga manusia dalam penggunaannya dan cenderung kepada kecanggihan alat yang serba otomatis yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, contohnya seperti komputer.

Sedangkan digital berasal dari kata digit yang berarti angka. Angka disini merupakan kumpulan kode-kode biner yang kemudian diterjemahkan menjadi hal yang dituju. Sebagai contoh, setiap huruf yang ada pada artikel ini memiliki kodenya masing-masing lalu diterjemahkan oleh sistem sehingga terbentuk menjadi sebuah huruf yang dapat dikenali oleh manusia.

Jadi teknologi digital adalah perkembangan antara teknologi dan digital yang saling berkaitan dan bekerja secara otomatis dan sistematis sesuai kehendak manusia untuk memudahkan pekerjaan dan tujuan mereka agar mudah tercapai.

Apa itu koperasi ?


Koperasi sendiri adalah organisasi ekonomi yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat pada umumnya dan ikut serta membangun perekonomian nasional agar lebih maju, adil dan makmur.

Apa itu kewirausahaan ?


Kewirausahaan adalah salah satu aktivitas mengatur bisnis dengan mengambil risiko finansial dan dengan harapan mendapatkan keuntungan. Aktivitas ini diikuti dengan ide dan inovasi di dalamnya dan juga dimulai dengan membangun, memelihara dan mengembangkan untuk menghasilkan dampak yang nyata bagi dunia.

Apa hubungan antara teknologi digital, koperasi dan kewirausahaan ?


Dari ketiganya tentu saja memiliki hubungan yang sangat erat dan saling berkaitan. Koperasi dan kewirausahaan sebenarnya sudah menjadi kesatuan yang padu, karena koperasi sendiri sudah memiliki dampak yang nyata bagi perubahan dunia ini menjadi lebih baik.

Akan tetapi, baik koperasi atau kewirausahaan diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan zaman agar selalu hidup, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital. Maka sudah saatnya, semua yang tadinya bergerak secara analog harus migrasi menjadi digital demi kepentingan dan kemajuan bersama. Dengan ini, barulah kita bisa menentukan ide-ide yang lebih brilian yang dapat meningkatkan kinerja koperasi dan kewirausahaan menjadi lebih efisien dan memudahkan masyarakat dalam menggunakan jasanya berkat teknologi digital.

Contoh implementasi teknologi digital bagi koperasi dan kewirausahaan

Berbicara soal teknologi digital seperti apa yang dapat diimplementasikan bagi koperasi dan kewirausahaan sebenarnya banyak sekali. Ada beberapa teknologi digital yang bisa dimanfaatkan, antara lain:

1. Mobile / Android


Mengapa Mobile Android ada pada urutan pertama ? alsannya karena hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki yang namanya smartphone dan sistem operasi yang digunakan adalah Android. Terlebih lagi dengan mengimplementasikan seluruh aspek baik yang ada pada koperasi dan kewirausahaan pada Android akan memudahkan jangkauan ke seluruh pelosok negri dan tentunya target pasar menjadi lebih terarah. Kita juga bisa mengimplementasikan pada sistem operasi lainnya seperti iOS.

Pada tahun 2018, pengguna aktif Android di Indonesia mencapai 100 juta jiwa lebih dengan total penduduk 264 juta, yang berarti bisa mencapai seperduanya dari total penduduk Indonesia.

2. Media Sosial

 

Media sosial menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang-orang di dunia maya, dan ini merupakan langkah yang tepat untuk perusahaan agar target mereka terpenuhi. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi wadah untuk membangun hubungan dengan klien agar lebih baik dan aktif, memantau aktifitas pesaing, dan sebagai tempat berbagi informasi yang dapat menyebar dengan cepat. Media sosial juga bisa kita gunakan untuk mengikuti tren yang sedang hangat dibicarakan dan tentunya bisa langsung diterapkan pada perusahaan.

3. Cloud Computing


Cloud Computing akan mejadi suatu hal yang wajib bagi setiap perusahaan era revolusi industri 4.0 ini. Tentu saja, cloud computing membuat pemusatan data yang ada pada perusahaan menjadi lebih mudah. Di mana hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam mengakses informasi karena semuanya sudah terpusat pada satu lokasi yang sama dan ini akan meningkatkan kualitas perusahaan dan membuat pengalaman karyawan menjadi lebih baik.

4. Artificial Intelligence


Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin menarik untuk diperbincangkan karena dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien. Artificial intelligence tetap membutuhkan manusia agar dapat berjalan dengan baik dan agar perusahaan menjadi lebih maju.

Contoh sederhananya adalah dengan memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan apa yang audiens butuhkan. Koperasi dan kewirausahaan dapat membuat kecerdasan buatan mengenai apa yang akan audiens cari, apa yang mereka butuhkan dan apa yang akan mereka lakukan dengan layanan yang sudah diberikan. Sehingga dapat memudahkan audiens dalam proses kedepannya dan otomatis nilai perusahaan di mata mereka akan bertambah. Hal ini juga dapat memudahkan perusahaan dalam meriset sebuah data.

Masih banyak lagi contoh teknologi digital yang dapat diterapkan seperti, IoT, big data, dll.

Apa saja keunggulan dan kekurangan menggunakan teknologi digital bagi perusahaan ?

Keunggulan teknologi digital tentu saja banyak sekali karena teknologi digital ini memang benar-benar memiliki manfaat. Berikut keunggulan menggunakan teknologi digital:
  • Teknologi digital menawarkan biaya lebih rendah, karena semuanya dibuat menjadi lebih efisien.
  • Bersifat fleksibel, yang berarti dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
  • Menjangkau target pasar menjadi lebih luas.
  • Membuat proses komunikasi menjadi lebih baik dan menarik.
  • Memudahkan dalam berbagi informasi.
  • Meningkatkan user experience bagi perusahaan.
  • Meningkatkan kualitas dan kredibilitas perusahaan.
  • Membuat semuanya menjadi lebih mudah.
Selain keunggulan ada juga kekurangannya, berikut merupakan kekurangan teknologi digital bagi perusahaan:
  • Rentan terkena serangan hacker, dengan teknologi digital para hacker lebih mudah masuk atau mencuri data-data perusahaan yang tentunya dapat merugikan. Semua ini terjadi jika teknologi digital yang digunakan tidak aman.
  • Kesalahan pada digitalisasi, kesalahan ini dapat menyebabkan informasi yang akan disampaikan tidak sesuai dengan dengan presentasi digital. Sehingga, hal ini dapat membuat kesalahpahaman diantara pihak perusahaan dengan klien.
  • Bergantung pada internet, semua hal digital ini pasti membutuhkan internet. Jika hanya bergantung pada internet maka itu pun tidak baik karena biasanya akan mematikan sosialiasi, pihak perusahaan tetap perlu sosialisasi dengan klien atau masyarakat agar komunikasi secara asli tetap terjaga.

Kesimpulan

Pada era revolusi industri 4.0 ini seluruh perusahaan berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan mereka dan juga untuk mempertahankan agar tidak tertinggal dan tersaingi oleh perusahaan lain. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan inovasi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan membuat layanan mereka mudah untuk diakses. Teknologi bisa menguntungkan dan juga bisa merugikan bagi kita, semuanya akan menjadi bermanfaat jika digunakan dengan tepat. 

#PRAJA2019 #AnugerahMISGroup #Koperasi #Wirausaha
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914