MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Tips Memaksimallkan Memori Internal Android Yang Berukuran Kecil



Android adalah sistem operasi ( OS ) berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti halnya smartphone dan tablet , android sendiri dikembangkan oleh android inc yang didukung juga oleh finansial google yang kemudian membelinya pada tahun 2005 silam. 

Berbicara tentang smartphone dan android merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan saat ini, seiring berkembangnya jaman smartphone juga menjadi semakin inovatif serta muncul terobosan-terobosan baru. 

Baca Juga : Cara Agar Kuota Hemat Pada Saat Menonton Video Youtube di Android

Smartphone sendiri terdiri dari 3 kategori yang dikelompokan berdasarkan kapasitas penyimpanan 


  1. Android kelas atas ( memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar dan diatas rata-rata ).
  2. Android Kelas tengah ( android yang memiliki penyimpanan ruang yang standar ). 
  3. Android kelas bawah ( biasanya hanya memiliki kapasitas penyimpanan android yang dibawah rata-rata ), ada beberapa orang yang memanggilnya dengan sebutan hp kentang
Nah, memiliki ruang penyimpanan yang diatas rata-rata saat ini menjadi incaran tersendiri bagi  para pengguna smartphone karena dianggap akan lebih memberikan ke leluasaan dimana si pemilik lebih mudah mengunduh segala jenis aplikasi yang dibutuhkan didalamnya. 

memiliki ruang penyimpanan dalam hal ini memori internal yang cukup besar memang didambakan setiap pengguna smartphone, namun biasanya smartphone dengan sebutan kelas atas ini memiliki harga yang kelas atas juga ( mahal ). 

terlebih lagi seperti sekarang ini android sudah dijadikan sebagai perangkat untuk bermain game dan seperti yang kita tahu permainan alias game jaman sekarang juga membutuhkan tempat yang lebih banyak memori karena faktor grafis dan kenyataan dari permainan itu sendiri. 


Namun, bagi sobat sekalian yang masih mengandalkan android kelas bawah jangan berkecil hati karena pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya tentang Tips memaksimalkan memori internal android yang berukuran kecil jadi meskipun penyimpanan internal android sobat kecil tapi sobat tetap bisa memaksimalkan nya demi keberlangsungan smartphone yang sobat punya tentunya. 

Tips Memaksimalkan Memori Internal Android Yang Berukuran Kecil 

memiliki android dengan kapasitas penyimpanan kecil memang sangat menyakitkan bagi sebagian orang, karena sangat susah tentunya untuk bisa mengunduh atau download sebuah file berkukuran besar  yang memakan banyak ruang.

berikut ini adalah tips memaksimalkan nya. 

1. Manfaatkan Kartu Memori SD Card 


SD Card


Tahu gambar diatas? betul, merupakan sebuah gambar dari kartu memori eksternal yang lebih dikenal dengan sebutan SD Card, bentuknya yang mungil dan imut sobat bisa memanfaatkan fungsi SD Card tersebut, dimana sobat bisa menggunakan kapasitas memori eksternal yang tersedia demi memaksimalkan ruang memori internal pada smartphone yang sobat punya.

Sobat bisa memidahkan file-file yang berukuran besar seperti halnya musik, foto dan video menjadi 1 folder ke memori eksternal, meskipun ditempatkan diluar memori internal, file-file yang disimpan di memori eksternal tersbut masih bisa terdeteksi oleh sistem pada android dan tentunya file yang disimpan di memori eksternal tidak akan hilang.

2. Gunakan Penyimpanan Awan ( Drive ) 



Pernah mendengar kata Cloud Drive ? atau penyimpanan awan? ya, sobat bisa juga memanfaatkan Cloud Drive atau penyimpanan dengan menggunakan media internet guna menghemat ruang yang ada pada smartphone, banyak sekali Cloud Drive yang bisa digunakan, salah satu yang paling populer adalah Google Drive dimana sobat bisa memanfaatkan ruang sebesar 15GB yang diberikan Google guna menghemat ruang pada memori internal. 

Cara penggunaannya pun sangatlah sederhana dimana sobat hanya perlu login ke akun google sobat, kemudian masuk ke menu Google Drive, disana sobat bisa menyimpanan berbagai jenis file penting hingga 15GB. 

3. Filter Aplikasi Yang Tidak Berguna



Nomor 3, sobat harus bisa memilih dan memilah aplikasi apa saja yang sekiranya tidak berguna untuk smartphone sobat, khusus untuk android dengan kapasitas penyimpanan yang minim, sobat harus mulai membiasakan diri menghapus aplikasi yang sekiranya tidak terlalu diperlukan. 

Langkah ini bisa menghemat ruang penyimpanan yang ada pada smarpthone sobat.


4. Bersihkan Cache Aplikasi Secara Rutin



Mungkin cara ini sangat jarang dilakukan para pengguna smartphone, ya membersihkan cache ( sampah sisa aplikasi ) pada smartphone setidaknya haurs sobat lakukan, usahakan untuk melakukan nya secara terjadwal entah itu seminggu sekali, atau setiap kali setelah pemakaian smartphone. 

Aplikasi yang kita buka selalu meninggalkan cache  ( sampah ) yang berakibat penuhnya memori internal android tanpa kita sadari.

sobat bisa menghapus cache ini pada manajemen aplikasi , mungkin pada setiap smartphone berbeda-beda letaknya. 

Nah sobat demikianlah Tips Memaksimalkan Memori Internal Android Yang Berukuran Kecil setidaknya dengan keempat cara diatas bisa menghemat dan memberikan ruang lebih banyak ke penyimpanan internal sobat.

Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914