MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

10 Aplikasi untuk Melihat Pemakaian Bandwidth Dalam Jaringan

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

KacaTeknologi.com - Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu software terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth ? Anda datang pada situs yang tepat di mana artikel ini akan menjawab semua pertanyaan Anda.

Terkadang kita sering mengeluh mengapa internet terasa lambat padahal kita sudah menggunakan internet dengan kecepatan yang tinggi. Dari banyaknya faktor, ternyata penggunaan bandwidth yang tidak terpantau bisa jadi salah satu penyebabnya. Ketika Anda tidak memantau penggunaan bandwidth maka biasanya Anda tidak peduli paket mana yang memakan bandwidth lebih besar atau lebih kecil.

Seorang network adminsitrator juga harus paham akan hal ini, di mana dia harus mengetahui tentang penggunaan bandwidth dalam sebuah jaringan agar jaringan tetap stabil. Dengan ini, kita membutuhkan aplikasi monitoring jaringan untuk memantau pemakaian bandwidth sendiri.

Apa itu monitoring bandwidth dalam jaringan ?

Untuk memahami pemantauan bandwidth jaringan, penting untuk mengethaui istilah bandwidth terlebih dahulu secara umum. Bandwidth mengacu pada kapasitas jaringan untuk mentransfer data antar perangkat atau internet dalam rentang waktu tertentu. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan data untuk ditransfer dengan kecepatan lebih cepat dan untuk lebih banyak perangkat yang terhubung sekaligus.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi "Wifi Authentication Error Occurred" di Android dan PC

Bisa kita ibaratkan jaringan itu sebagai jalan raya dan bandwidth sebagai jalur. Semakin banyak jalur yang Anda miliki di jalan raya, semakin mudah lalu lintas dapat bergerak. Hal yang sama berlaku untuk jaringan. Jika terlalu banyak pengguna menonton video atau mengunduh file dan segala jenis aktivitas yang memerlukan pertukaran data yang tinggi kecepatan jaringan Anda akan menurun. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin sering melihat koneksi yang lebih lambat di tempat-tempat umum yang penuh dengan pengguna.

Lalu, adapaun monitoring bandwidth dalam jaringan adalah proses pemantauan bandwidth yang sedang aktif dalam sebuah jaringan. Hal ini akan memudahkan seseorang dalam menemukan dan melihat perangkat serta paket mana yang memakan bandwidth besar ataupun kecil.

Alasan mengapa monitoring bandwidth itu penting

Biasanya, seorang network administrator harus mengetahui seluk beluk masalah dalam sebuah jaringan apapun bentuknya termasuk bandwidth. Apabila mereka tidak melakukan monitoring, mana mungkin mereka tahu akan pemakaian yang tidak wajar sehingga menganggu klien yang lain ? nah pada situasi inilah monitoring bandiwdth sangat penting dilakukan.

Di sinilah pemantauan bandwidth jaringan ikut berperan. Dengan aplikasi monitoring bandwidth jaringan yang tepat, Anda dapat:
  • Identifikasi kebutuhan bandwidth. Meskipun server dapat dikonfigurasi ulang jika diperlukan, yang terbaik adalah menghitung besarnya bandwidth yang akan digunakan perusahaan Anda di awal untuk menghindari perombakan besar nanti. Ini berarti menentukan kebutuhan bandwidth jaringan area lokal (LAN) pada perusahaan Anda atau bahkan pada jaringan area luas (WAN). Memantau penggunaan bandwidth, Anda akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang kapasitas bandwidth yang dibutuhkan dalam jaringan Anda, dan Anda bisa mengevaluasi dengan lebih baik kapan saatnya untuk meningkatkan bandwidth.
  • Meningkatkan keamanan. Hacker semakin banyak dan mereka selalu siap untuk mengambil kesempatan untuk menyebarkan malware ke dalam sistem perusahaan Anda dan mengambil data serta informasi yang sangat sensitif. Pemantauan penggunaan bandwidth akan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengidentifikasi aktivitas dan host yang mencurigakan dengan memberikan snapshot terperinci dari arus lalu lintas yang berpotensi diserang hacker.
  • Meningkatkan kinerja jaringan. Solusi untuk keluhan bandwidth sangat jelas, setelah Anda tahu ke mana harus mencari. Penganalisa bandwidth memberikan gambaran lengkap bandwidth dan kesehatan jaringan Anda, memberdayakan Anda untuk mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan bandwidth paling banyak dan bagaimana mereka digunakan, menganalisis dan memantau pola trafik, melacak waktu respons, ketersediaan, dan uptime router, switch, dan perangkat yang mendukung SNMP lainnya, dan menelusuri semua detail ini sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan Anda untuk proaktif dalam menemukan masalah yang muncul dan dengan cepat Anda bisa menemukan akar masalah yang menyebabkan kinerja jaringan menjadi turun.

Berikut daftar aplikasi terbaik untuk monitoring / melihat pemakaian bandwidth dalam jaringan:

1. PRTG Network Monitor

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Monitor Jaringan PRTG yang diterbitkan oleh Paessler adalah alat yang komprehensif namun sangat sederhana untuk memantau seluruh infrastruktur IT Anda. Perangkat lunak monitoring bandwidth ini memungkinkan Anda untuk mengukur semua lalu lintas / trafik di jaringan Anda dengan memonitor data secara langsung di router Anda. Monitor Jaringan PRTG juga membantu Anda menentukan berapa banyak bandwidth yang digunakan oleh perangkat dan aplikasi Anda dan memantau apabila ada kelebihan beban, sehingga dengan cepat dan akurat menunjukkan dimana letak macetnya trafik tersebut. Bergantung pada jaringan dan perangkat keras Anda, Anda dapat menggunakan protokol yang berbeda, seperti SNMP, flow, atau packet sniffing, untuk memanfaatkan alat dan menentukan siapa atau apa yang menggunakan bandwidth Anda. 

Alat PRTG berbasis Windows hadir dalam dua edisi: versi gratis untuk memantau hingga 100 sensor dan edisi komersial untuk mereka yang perlu memantau lebih banyak sensor. 

2. NetFlow Traffic Analyzer

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Dengan NTA, Anda mendapatkan semua pemantauan bandwidth, analisis jaringan, dan notifikasi peringatan dalam Bandwidth Analyzer Pack, monitoring jaringan nirkabel, multi-vendor dan baseline kinerja jaringan.

Dengan kata lain, jika Anda mencari penganalisa bandwidth arsitektur jaringan vendor tunggal yang mendalam, SolarWinds NetFlow Traffic Analyzer cocok untuk Anda. Platform ini menampilkan korelasi visual yang menurut saya mudah untuk dipahami dan juga lengkap dengan dasbor analisis kinerja jaringan. Anda dapat menelusuri elemen jaringan apa pun dan menganalisis pola lalu lintas selama berbulan-bulan, berhari-hari, atau menit. Dengan NetFlow Traffic Analyzer, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi penggunaan bandwidth oleh aplikasi, protokol, dan grup alamat IP untuk mengidentifikasi di mana bandwidth sedang digunakan.

Di luar fitur-fitur ini, jika Anda menggunakan aplikasi berbasis cloud, seperti VoIP atau sistem e-commerce, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk memverifikasi trafik yang bergerak pada bidang tersebut dan Anda bisa memprioritaskan penggunaan bandwidth di dalamnya.

3. Wireshark

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Aplikasi ini selain bisa memantau penggunaan bandwidth juga bisa melakukan pemantauan terhadap seluruh aspek pada jaringan seperti, protocol, source address, destination, packet, dll. Dengan fitur seperti itu membuat Wireshark menjadi aplikasi monitoring yang lebih kompleks. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan untuk sniffing atau merekam data yang akan kita masukkan pada sebuah website, contohnya seperti Facebook.

4. Network Bandwidth Analyzer

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Network Bandwidth Analyzer Pack (BAP) menggabungkan kekuatan SolarWinds Network Performance Monitor dan NetFlow Traffic Analyzer tadi, aplikasi ini bisa untuk memantau penggunaan bandwidth oleh aplikasi, protokol, dan grup alamat IP. Manfaatkan platform untuk melihat catatan aliran IPv4 bahkan IPv6 dan memonitor Cisco NetFlow, Juniper J-Flow, sFlow, Huawei NetStream, dan data aliran IPFIX, hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengidentifikasi aplikasi dan protokol yang memakan bandwidth paling banyak.

Lebih dari monitor bandwidth, aplikasi ini dilengkapi tidak hanya untuk menampilkan trafik data saja tetapi juga untuk menghubungkannya ke dalam format visual yang dapat digunakan melalui antarmuka berbasis web yang menampilkan grafik. Dasbor interaktif dan sangat intuitif menawarkan fitur drag-and-drop, sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungkan titik-titik antara berbagai metrik kinerja yang mencakup bulan, hari, atau bahkan menit.

Dari sudut pandang keamanan, BAP akan secara otomatis memperingatkan Anda ketika lalu lintas aplikasi tiba-tiba meningkat, menurun, atau hilang sama sekali. Lonjakan trafik tinggi mengindikasikan adanya cyberattackers yang sedang mencoba memanipulasi trafik atau kondisi jaringan Anda. Oleh karena itu,  memiliki aplikasi ini dapat membantu Anda untuk bertindak lebih cepat dan menghentikan peretas sebelum mereka beraksi lebih lanjut. 

5. NetFlow Analyzer

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

ManageEngine NetFlow Analyzer memuji dirinya sendiri sebagai alat analisis trafik data yang lengkap. Platform ini memanfaatkan teknologi leverages flow, termasuk NetFlow, sFLow, IPFIX, NetStream, J-Flow, dan Appflow, untuk memberikan visibilitas waktu-nyata ke dalam kinerja bandwidth jaringan. Setelah Anda memiliki akses ke analytics, Anda dapat mengklasifikasikan aplikasi yang memonopoli bandwidth jaringan Anda dan bahkan mengkonfigurasi ulang kebijakan Anda melalui pembentukan QoS (Quality of Service) tingkat aplikasi, membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas aplikasi yang membutuhkan bandwidth tersebut.

Baca Juga : Cara Melacak IP Address Orang Lain yang Sedang Online Dalam Jarak Jauh

Fitur keamanan alat pemantauan bandwidth ini juga patut diperhatikan. Aplikasi ini dapat mendeteksi ancaman eksternal dan internal, melacak anomali jaringan sehingga Anda dapat langsung bertindak ketika ada sesuatu yang tidak biasa.

6. FREE Real-Time Bandwidth Monitor

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

SolarWinds Real-Time Bandwidth Monitor adalah salah satu alat untuk monitoring penggunaan bandwidth gratis yang memungkinkan Anda untuk memeriksa penggunaan bandwidth server secara real-time dan memantau beberapa antarmuka (interface) secara bersamaan.

Semua data penggunaan bandwidth ditampilkan secara visual melalui grafik untuk membantu Anda melakukan analisis yang lebih kompleks.Alat ini gratis dan mudah digunakan. Cukup masukkan alamat IP perangkat jaringan dan kredensial SNMP terkait, lalu pilih antarmuka yang ingin Anda monitor, dan grafik akan dipenuhi dengan penggunaan bandwidth secara real-time — tidak ada proses instalasi yang rumit yang perlu dikhawatirkan di sini. Namun, alat ini tidak akan memberi tahu Anda aplikasi mana yang sedang memakan bandwidth. 

7. FREE Network Analyzer & Bandwidth Monitoring Bundle

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Alat gratis ini menggabungkan dua alat pemantauan jaringan gratis populer yang ditawarkan oleh SolarWinds: Real-Time NetFlow Analyzer dan Real-Time Bandwidth Monitor (yang sudah saya ulas di atas).

Memanfaatkan kedua alat memudahkan untuk dengan cepat mengidentifikasi jenis lalu lintas jaringan dengan menangkap data aliran termasuk data NetFlow, J-FLow, dan sFlow dan menyediakan pemantauan multi-antarmuka untuk penggunaan bandwidth secara real-time.

Dilengkapi dengan tingkat informasi yang cukup detail, Anda akan lebih siap untuk mendiagnosis masalah jaringan dengan cepat dan menghindari macetnya trafik jaringan.

8. ntopng

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Dahulu aplikasi ini disebut ntop, ntopng ("ng" adalah untuk "generasi berikutnya") adalah penyelidikan lalu lintas to-the-point sederhana yang menggunakan libpcap, alat untuk menangkap paket, untuk melaporkan lalu lintas jaringan dan penggunaan jaringan. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengurutkan lalu lintas jaringan sesuai dengan berbagai kriteria, termasuk alamat IP, port, protokol Layer 7, sistem otonom, dan banyak lagi. Ntopng menampilkan lalu lintas jaringan dan host aktif secara real time, sehingga Anda dapat tetap up to date saat membuat laporan historis untuk meninjau data dan mengidentifikasi tren dengan lebih baik. Meskipun kemampuan pelaporan ini tidak sekuat beberapa produk lain yang telah saya bahas, aplikasi ini melakukan pekerjaan yang cukup baik dan dapat melacak data seperti protokol aplikasi dan throughput.

Baca Juga : Cara Menghubungkan atau Connect ke Wifi yang Disembunyikan

ntopng memiliki versi komersial yang disebut ntopng pro dengan fitur tambahan, tetapi versi open-source tidak kalah hebatnya untuk memberikan informasi tentang perilaku lalu lintas jaringan. Ini juga dapat berintegrasi dengan aplikasi pemantauan eksternal seperti Nagios untuk memberi notifikasi dan menyediakan data untuk pemantauan.

9. Cacti

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

Cacti merupakan alat grafik open-source open-end untuk data sistem, tetapi juga dapat menangani pengumpulan data. Perangkat lunak ini memanfaatkan RRDTool, sistem pencatatan data dan grafik, sehingga Anda dapat mengumpulkan data dari hampir semua elemen infrastruktur, termasuk penyeimbang beban server, router, sistem switching, firewall, dan sebagainya, serta menampilkannya dalam format grafis yang berbeda.

Cacti juga mendukung polling SNMP, yang mencakup berbagai perangkat jaringan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memonitor penggunaan bandwidth dengan membuat grafik pada sebuah antarmuka. Grafik garis sederhana namun yang diproduksi oleh Cacti dapat menunjukkan lonjakan dan penurunan dalam lalu lintas, tetapi grafik tersebut tidak menawarkan analisis kinerja menyeluruh dari grafik kecuali untuk grafik yang ditampilkan dalam opsi berbayar barulah semuanya tercantum di sini. Ini adalah pilihan yang tepat dan gratis bagi Anda terlebih lagi aplikasi ini dapat diinstal pada Unix atau OS Windows.

10. BandwidthD

Bagaimana cara monitoring penggunaan bandwidth di dalam jaringan termasuk Wi-Fi? lalu aplikasi terbaik apa saja yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian bandwidth di PC dan Android?.

BandwidthD adalah alat gratis, sangat sederhana untuk pemantauan bandwidth. Meskipun program ini belum diperbarui sejak 2013, ia masih mempertahankan aliran data jaringan dan lalu lintas dengan melacak penggunaan subnet jaringan TCP / IP dan membangun file HTML, lengkap dengan grafiknya. Saat menjalankan aplikasi, Anda mungkin merasa agak kebingungan dan Anda akan membutuhkan sedikit pengetahuan  untuk menyiapkan konfigurasi manual. Tapi itu efektif jika Anda mencari alat monitoring sederhana dan gratis BandwidthD berjalan pada sebagian besar platform, termasuk Windows.

Kesimpulan

Terlepas dari ukuran aplikasi atau biaya, semua orang harus menerapkan pemantauan bandwidth ini. Memantau bandwidth akan membantu Anda meningkatkan kinerja jaringan dan mengidentifikasi kebutuhan bandwidth, berpotensi menghemat uang, dan menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk aktivitas sehari-hari Anda. Dengan alat yang tepat, Anda akan bisa dengan cepat mengidentifikasi masalah kinerja pada jaringan dan bahkan bisa langsung mengatasinya.

Meskipun ada sejumlah alat pemantauan bandwidth yang lebih hebat, namun aplikasi favorit saya sejauh ini adalah SolarWinds Network Bandwidth Analyzer Pack. Aplikasi ini memudahkan untuk menelusuri data, menganalisis aplikasi dan lalu lintas bandwidth melalui dasbor berbasis web yang jelas dan intuitif. Jika Anda masih ragu, saya sarankan Anda untuk mengunduhnya (free trial) atau mulai dengan salah satu alat gratis seperti Network Analyzer & Bandwidth Monitoring Bundle.

Nah itulah 10 Macam Aplikasi untuk Melihat Pemakaian Bandwidth Dalam Jaringan. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan juga kekurangan, saya harap Anda sudah tidak kebingungan dalam menentukan aplikasinya karena sudah saya jelaskan spesifikasi aplikasi dengan sangat detail.
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914