MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

4 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online di PC dan Android

Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.

KacaTeknologi.com -  Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb atau sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) atau secara offline menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.

Seringkali kita mendapati file PDF yang berukuran besar dikarenakan kita tidak melakukan compress terlebih dahulu sehingga ukuran file membengkak. Proses kompres file PDF memang sangat dibutuhkan sekarang-sekarang ini, di mana biasanya jika kita ingin melamar kerja, daftar CPNS atau mengisi formulir secara online kita diharuskan meng-upload beberapa dokumen dalam bentuk PDF hanya saja dengan ukuran maksimal tertentu misalkan 2MB atau yang lebih kecil dari itu.

Baca Juga : Cara Menggabungkan File PDF Online di PC dan Android

Lalu bagaimana jika kita memiliki ukuran file PDF yang melebihi batas maksimal ? jika kita paksa untuk mengunggahnya tentu saja hal itu tidak akan bisa dan upload akan gagal. Solusinya Anda harus melakukan compressing file agar file bisa mengecil ukurannya.

Ada beberapa macam compress ukuran file PDF yaitu tanpa aplikasi (online) dan menggunakan aplikasi (offline), keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi silakan gunakan sesuai kebutuhan.

Cara kompres ukuran file PDF dengan mudah


1. Menggunakan Media Online seperti smallpdf.com

Untuk cara ini bisa dilakukan baik di PC maupun Android dan langkah-langkahnya masih sama, hanya saja perangkatnya yang berbeda.
  1. Silakan Anda siapkan file pdf Anda yang akan diperkecil ukurannya.
  2. Buka situs untuk kompres file pdf. Berikut beberapa situs untuk kompres file pdf secara gratis.
    • Smallpdf.com
    • Sodapdf.com
    • PDFCompressor.com
    • Ilovepdf.com
    • hipdf.com
  3. Anda bisa pilih salah satu diantara situs yang tertera di atas namun pada kali ini saya mencoba menggunakan smallpdf.
  4. Setelah situs berhasil dibuka, Anda akan melihat kotak lalu Anda bisa klik kotak tersebut untuk membuka file pdf atau Anda bisa langsung drag & drop file pada kotak tersebut.
  5. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  6. Jika file sudah dipilih nanti otomatis akan meng-upload jadi tunggu saja sampai proses upload selesai.
  7. Setelah proses upload selesai, akan terdapat 2 pilihan pada file yang berhasil dikompres yaitu Kompresi Dasar (free) dan Kompresi Kuat (trial). Untuk fitur Kompresi kuat bisa mengkompres lebih banyak ukuran hanya saja Anda harus mendaftar terlebih dahulu meskipun bisa coba gratis selama 14 hari. Jika Anda ingin lebih mudah maka pilih Kompresi dasar saja.
  8. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  9. Klik tombol merah dan Anda akan melihat detail dari file pdf Anda. Pada contoh gambar di bawah file pdf saya berhasil dikompres dari 18.7MB menjadi 137KB (berhasil dikompres sebanyak 99%).
  10. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  11. Selanjutnya klik unduh dan bandingkan dengan file semula.
  12. Adapun jika file masih berukuran besar maka Anda bisa ulangi cara di atas sampai file berukuran kecil.


2. Konversi file pdf ke format .docx dan .jpg (Online)

Jika file PDF di dalamnya adalah gambar saja maka Anda bisa ubah dari pdf ke jpg, adapun jika file PDF di dalamnya terdapat gambar dan tulisan maka Anda bisa ubah dari pdf ke doc / docx.
  1. Silakan buka link di bawah ini untuk mengkonversi file PDF.
  2. Cara konversi masih sama yaitu dengan meng-upload file PDF dan tunggu sampai terkonversi kemudian unduh file.
  3. Otomatis file PDF nanti akan berubah menjadi format yang dikonversi, jika yang Anda konversikan adalah dari pdf ke jpg dan pada file pdf terdapat beberapa gambar maka Anda bisa gabungkan kembali gambar-gambar tersebut menjadi file pdf semula di sini. Lalu jika yang Anda konversikan adalah pdf ke docx maka Anda bisa buka file docx di Microsoft Office Word dan simpan dengan format pdf atau Anda konversikan kembali dari docx ke pdf.
  4. Cara ini memang membuat kita kerja dua kali karena kita harus mengkonversi dari format asal ke format lain kemudian dikonversikan kembali ke format asal, namun hal ini juga cukup efektif dalam menurunkan ukuran file pdf.
  5. Jika selesai silakan bandingkan ukuran file asli dengan hasil konversi seharusnya file hasil konversi memiliki ukuran lebih kecil.

3. Menggunakan Nitro PDF (Offline)

(Khusus PC) Anda juga bisa menggunakan aplikasi offline seperti Nitro PDF, Adobe Reader atau Adobe Acrobat dalam hal ini, sebagai contoh saya di sini menggunakan Nitro PDF.

Cara pertama (Otomatis) : 
  1. Buka aplikasi Nitro PDF.
  2. Buka file yang akan dikompres.
  3. Klik File → Optimize PDF, setelah itu akan muncul jendela kecil dengan beberapa pilihan di dalamnya. Silakan pilih Reduced size kemudian klik optimize.
  4. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  5. Tunggu sampai proses kompresi selesai.
  6. Jika sudah, nanti akan muncul file baru pada Nitro PDF biasanya nama file berakhiran _opt. Silakan untuk simpan file yang berakhiran _opt tersebut dengan format PDF.
  7. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  8. File berhasil dikompres.

Cara kedua (Memperkecil ukuran PDF sesuai keinginan sendiri): 
  1. Lakukan kembali cara pertama di atas dari langkah 1-3, hanya saja ketika jendela kecil muncul Anda jangan pilih Reduced size namun pilih Custom kemudian akan muncul jendela baru lalu klik Settings.
  2. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  3. Akan terdapat 3 bagian yang harus diubah pada langkah ini yaitu Color Images, Grayscale Images dan Monochrome Images. Pada ketiga bagian tersebut di bawahnya terdapat Downsample (DPI) silakan ubah angkanya sesuai keinginan, semakin kecil angkanya maka semakin kecil juga ukuran filenya.
  4. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  5. Selanjutnya klik OK dan tunggu sampai proses selesai.
  6. Apabila sudah selesai maka sama akan muncul file baru dengan nama akhiran _opt, silakan simpan file tersebut dalam format PDF kembali.
  7. File PDF berhasil diperkecil.


4. Menggunakan Adobe Photoshop

(Khusus PC) Jika Anda berpikir bahwa Photoshop hanya bisa digunakan sebatas edit foto, maka itu salah besar. Nyatanya, Photoshop bisa mengkompres file PDF menjadi lebih kecil. Berikut caranya :
  1. Silakan buka aplikasi Photoshop Anda berapapun versinya, namun disarankan versi cs3 ke atas.
  2. Silakan buka file PDF Anda menggunakan Photoshop.
  3. Nanti akan muncul jendela Import PDF, silakan tekan Shift + Klik pada halaman dokumen sampai terpilih semuanya lalu klik OK.
  4. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  5. Pada tahap ini halaman-halaman akan menjadi sebuah gambar karena Photoshop melakukan rasterizing pada dokumen. Langsung saja klik File → Automate → PDF Presentation.
  6. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  7. Pada bagian PDF Presentation, silakan centang Add Open Files kemudian susun halaman menjadi terurut seperti gambar di bawah. Jika sudah sesuai silakan klik Save dan sesuaikan nama file PDF Anda.
  8. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  9.  Nanti akan muncul jendela Save Adobe PDF, pada bagian ini klik Compression dan atur Image Quality menjadi Low lalu klik Save PDF.
  10. Bagaimana cara memperkecil / kompres ukuran file PDF menjadi 200kb, 300kb, sesuai yang diinginkan secara online (tanpa aplikasi) & offline, menggunakan Nitro PDF, Adobe Photoshop di HP (Android) dan PC.
  11. PDF berhasil dioptimasi.

Bagaimana jika saya ingin memperkecil ukuran PDF sesuai keinginan saya sendiri secara akurat ?

Jawabannya tidak bisa jika yang Anda inginkan akurat, karena setiap file memiliki ukuran dan kualitas yang berbeda. Namun sebagaimana yang sudah dijelaskan pada no 3 cara kedua, Anda bisa memperkecil sesuai ukuran bawaan dari aplikasi mungkin ukuran file bisa kurang atau lebih dari yang Anda inginkan hanya saja perbedaannya tidak terlalu jauh.

Bagaimana mudah bukan ? apabila ada langkah yang tidak dimengerti harap berkomentar dan mohon bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914