MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Menggabungkan File PDF Online di PC dan Android

Cara menggabungkan file pdf secara online dan offline menggunakan smallpdf, ilovepdf, easypdf, adobe acrobat. pdf merge, pdf converter di PC dan Android terbaru

KacaTeknologi.com - File PDF terkadang sering tersimpan secara terpisah contohnya jika kita save menggunakan excel, maka kita harus menggunakan alat penggabung PDF untuk menyatukannya. Untuk menggabungkan PDF kita bisa menggunakan aplikasi dan juga secara online baik di PC maupun Android.

Baca Juga : Cara Menerjemahkan Dokumen PDF di Google Translate Tanpa Aplikasi di PC dan Android

Format PDF adalah jenis file populer yang digunakan untuk menyimpan dokumen, buku, dan catatan. Salah satu keuntungan menggunakan PDF adalah portable dan dapat dibuka pada UNIX, Windows bahkan Macintosh. Oleh karena itu, PDF sangat sering digunakan karena fleskibel dengan sistem operasi lainnya.

Fitur yang ada pada PDF

Selain format yang fleksibel, ada juga beberapa fitur lain dari format file PDF yang membuatnya lebih unggul dibandingkan format lain. Berikut keunggulan menggunakan format PDF:
  • Perlindungan Kata Sandi: Jika Anda memiliki dokumen rahasia atau buku yang ingin Anda jual, Anda dapat melindunginya dengan menyimpannya dalam format PDF dengan kata sandi. Jika ada proteksi kata sandi pada PDF, tidak ada yang bisa mengedit, menyalin atau mencetaknya.
  • Tidak Mudah Diedit: Jika kita berbicara tentang file docx misalnya, file tersebut mudah diubah. Namun tidak dengan PDF. Anda tidak akan diizinkan untuk mengubahnya kecuali jika Anda mengkonversinya terlebih dahulu menjadi format docx.

Cara menyatukan file PDF dengan mudah

Karena di sini kita berbicara menggunakan media online, maka yang akan saya berikan contohnya pun menggunakan media online. Adapun jika Anda ingin menggunakan aplikasi offline, maka Anda bisa menggunakan Adobe Acrobat bawaan Windows sendiri.
  1. Buka situs SmallPDF.
  2. Anggap saja Anda sudah memiliki file PDF yang siap untuk digabungkan, setelah Anda mengunjungi situs Anda akan melihat kotak dengan tulisan "Taruh PDF di sini" atau "Pilih file" yang berarti Anda bisa memilih file pdf nya atau bisa saja langsung tarik dan lepas file PDF (drag and drop).
  3. Cara menggabungkan file pdf secara online dan offline menggunakan smallpdf, ilovepdf, easypdf, adobe acrobat. pdf merge, pdf converter di PC dan Android terbaru
  4. Ketika Anda sudah memilih file PDF yang akan digabungkan, maka file Anda akan diunggah ke situs online tersebut kemudian klik Gabungkan PDF.
  5. Cara menggabungkan file pdf secara online dan offline menggunakan smallpdf, ilovepdf, easypdf, adobe acrobat. pdf merge, pdf converter di PC dan Android terbaru
  6. Jika proses penggabungan sudah selesai, sekarang Anda bisa mengunduhnya dengan klik tombol Unduh.
  7. Cara menggabungkan file pdf secara online dan offline menggunakan smallpdf, ilovepdf, easypdf, adobe acrobat. pdf merge, pdf converter di PC dan Android terbaru
  8. Silakan Anda unduh file tersebut dan silakan buka filenya untuk memastikan apakah PDF benar-benar tergabung.

Situs online dan aplikasi untuk menggabungkan file pdf

Selain situs SmallPDF banyak juga situs penggabung file PDF secara online antara lain:
Adapun untuk cara penggunaannya masih sama saja seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Berikut daftar aplikasi offline untuk menggabungkan file PDF:
  • Adobe Acrobat
  • TalkHelper PDF Converter
  • PDFSAM Split and Merge
  • PDF Merge
  • PDF binder
Masih banyak lagi aplikasi dan situs online lainnya, selebihnya Anda bisa cari sendiri di internet. Namun daftar di atas adalah situs dan aplikasi yang direkomendasikan atau paling banyak digunakan.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki akses internet namun tidak memiliki aplikasi penggabung PDF, maka saya sarankan untuk menggunakan situs online untuk penggabungannya terlebih itu Anda tidak diharuskan mengunduh aplikasi lagi. Adapun jika Anda sudah memiliki aplikasi penggabung PDF pada komputer Anda, sudah tentu Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut karena menghemat internet dan tentunya lebih cepat.

Sekian tutorial kali ini, saya harap dapat bermanfaat. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914