MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

8 Cara Mengatasi Pembatasan Penayangan Iklan Google Adsense

Cara mengatasi pembatasan penayangan iklan AdSense atau iklan AdSense yang dibatasi oleh Google. Hal ini tentu saja membuat resah bagi para publisher AdSense, karena mereka takut iklan tidak tampil pada halaman situs mereka yang akhirnya berdampak pada turunnya penghasilan.

KacaTeknologi.com - Akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan tentang iklan AdSense yang dibatasi  atau pembatasan penayangan iklan oleh Google sendiri. Hal ini tentu saja membuat resah bagi para publisher AdSense, karena mereka takut iklan tidak tampil pada halaman situs mereka yang akhirnya berdampak pada turunnya penghasilan.

Selain berdampak pada turunnya penghasilan, pembatasan iklan juga membuat situs menjadi dinilai kembali oleh Google apakah masih layak menampilkan iklan AdSense ataukah tidak?. Beberapa publisher melaporkan bahwa mereka mendapati situsnya sudah tidak layak menampilkan iklan AdSense yang berujung di-banned namun beberapa lagi mengatakan bahwa akunnya baik-baik saja.

Baca Juga : Cara Menghapus dan Mengatasi Akun Adsense yang Ditolak dan Duplikat Akun

Untuk Anda yang sedang membaca tulisan ini tidak usah khawatir akan ditangguhkannya akun AdSense Anda, apabila Anda tetap mematuhi penerapan kebijakan AdSense. Lalu apakah yang menyebabkan akun Anda dikenakan pembatasan iklan?

Penyebab pembatasan penayangan iklan Google AdSense

Sebagaimana yang dijelaskan pada halaman resmi Google, banyak poin-poin yang menyebabkan akun Anda terkena pembatasan iklan, berikut poinnya:
  • Traffic yang tidak valid.
  • Terlalu banyak iklan yang berujung pada buruknya kualitas iklan.
  • Penempatan iklan yang berdempetan sehingga menyebabkan invalid click atau klik iklan sendiri.
  • Kecilnya trafik situs.
  • Sedikitnya kata kunci yang dimiliki.
Poin-poin di atas tidak sepenuhnya berdasarkan penejelasan Google namun ada juga yang menurut pendapat saya sendiri.

Adapun alasan Google mengeluarkan kebijakan ini adalah untuk melindungi publisher, advertiser, dan user dari pengalaman iklan yang buruk seta penipuan. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, seharusnya Anda sudah tahu akan solusinya.

Berikut cara mengatasi penayangan iklan AdSense yang dibatasi oleh Google:

1. Lepas iklan pada situs

Untuk yang pertama Anda harus melepaskan iklan terlebih dahulu pada situs Anda baik itu berkategori manual atau auto ads. Alasan Anda harus melepas iklan karena situs Anda sedang ditinjau ulang oleh Google dalam penampilan iklan. Apabila situs Anda tidak layak dalam menampilkan iklan, sedangkan Anda masih tetap bersikukuh ingin menampilkannya maka sudah dipastikan Google akan menolak untuk menampilkan iklan mereka pada situs Anda.

Baca Juga : 17 Cara Mengatasi Iklan AdSense yang Tidak Muncul atau Tiba-Tiba Blank di Blog

Terlepas apakah iklan dibatasi hanya pada halaman tertentu ataukah semua halaman maka tetap saja, saya sarankan agar melepas semua iklan yang ada baik itu pada artikel atau pada beranda (home). Biarkan saja untuk melepas iklan sampai situs Anda memiliki pengunjung yang banyak dan juga diiringi dengan kualitas konten yang baik.

2. Tingkatkan kualitas trafik situs

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika iklan tampil namun tak ada yang melihatnya percuma saja, hal itu seperti Anda menjual barang di tempat yang kosong. Google juga tidak bodoh dan tidak mau rugi, mereka lebih suka terhadap situs yang memiliki trafik tinggi karena peluang iklan untuk dilihat dan diklik juga tinggi.

Jika situs Anda tergolong memiliki trafik yang rendah, maka Anda harus fokus terhadap trafik situs Anda terlebih dahulu. Namun perlu Anda ingat, Google lebih menyukai trafik organik yaitu berdasarkan dari search engine seperti Google, Yandex, Bing, Duck-Duck Go dll dibandingkan trafik dari sosial media.

Trafik dari sosial media bukanlah masalah, hanya saja jika trafik dari sosial media lebih tinggi daripada trafik organik maka itu yang menjadi masalah. Silakan Anda benahi semua artikel Anda agar bisa meningkatkan pengunjung pada situs, jika trafik dari search engine sudah cukup tinggi barulah Anda bagikan kembali artikel ke sosial media.

Mungkin Anda pernah berpikir bahwa situs Anda ini sudah memiliki konten yang berkualitas dan juga banyak namun masih saja sepi pengunjung ? untuk hal ini Anda bisa lihat tentang Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meskipun Artikel Banyak dan Cara Mengatasinya.

3. Tetap rutin update artikel baru

Anda mengaku seorang blogger namun malas menulis karena iklan AdSense dibatasi, berarti orientasi menulis Anda hanyalah untuk uang. Saya tekankan di sini, menulis janganlah berorientasi hanya karena uang semata namn tetap memperhatikan intensitas user / visitor. Anda harus tetap membuat artikel Anda bisa membantu mereka yang sedang mencari informasi sesuai yang mereka inginkan.

Berarti, Anda harus tetap rutin mempublikasikan artikel baru dan menginspeksinya pada webmaster agar terindeks. Hal ini bertujuan untuk memberikan sinyal kepada Google bahwa situs Anda ini sebenarnya masih aktif dan masih layak untuk menampilkan iklan.

Berbeda jika Anda berhenti untuk update artikel, yang ada Google menganggap bahwa situs Anda ini sudah mati sehingga tidak ada halaman baru dan kata kunci baru yang berpeluang untuk menampilkan iklan.

4. Bidik kata kunci yang belum ada sebelumnya

Untuk satu ini terdengar agak aneh dan kira-kira apa hubungannya dengan pembatasan iklan ? sebenarnya mudah saja, ketika Anda membidik atau memasukkan kata kunci yang belum pernah ada pada artikel-artikel Anda sebelumnya, ini akan berpeluang meningkatkan kualitas iklan yang didapat. 

Mengapa bisa seperti itu ? alasannya karena iklan AdSense tampil sesuai dari kata kunci yang ada. Ketika Anda membahas tentang sebuah virus pasti yang muncul adalah iklan antivirus dan begitu seterusnya, meskipun terkadang iklan tampil berdasarkan cookie atau apa yang diminati pengunjung namun tetap saja utamanya adalah sesui kata kunci.


Jika kata kunci organik Anda sudah cukup banyak, Google juga tentu melihat bahwa situs Anda ini berpotensi untuk menampilkan iklan kembali karena hampir semua iklan cocok dan relevan dengan konten yang Anda buat. Selain itu kata kunci yang banyak juga berpeluang mendapatkan pengunjung unik yang tentunya inilah yang diinginkan Google.

5. Jangan membuat konten yang melanggar kebijakan program AdSense

Membidik kata kunci yang banyak memanglah bagus, hanya saja jangan sampai kata kunci yang Anda masukkan adalah kata kunci yang melanggar kebijakan program AdSense. Contohnya seperti, kata kunci berbau dewasa, kejahatan, obat-obatan terlarang, atau peretasan.


Jangankan ketika situs sudah terkena pembatasan, terkadang situs yang masih bisa menampilkan iklan namun di dalamnya terdapat konten yang melanggar kebijakan malah seringkali iklan tidak tampil. Oleh karena itu tetap Anda harus mematuhi kebijakan program mereka.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat di sini : Kebijakan Program AdSense

6. Integrasikan akun Adsense dengan Analytics

Anda juga perlu untuk melihat perilaku pengguna terhadap situs Anda dan juga untuk melihat apakah ada trafik yang mencurigakan. Google akan lebih mudah untuk memantau perkembangan situs Anda dengan Google Analytics. Jika memang situs Anda memilii perkembangan yang cukup baik, maka tidak menutup kemungkinan situs Anda kembali layak untuk menampilkan iklan dengan normal.

7. Tunggu sampai semuanya membaik

Jangan dulu memasang iklan sebelum semuanya membaik. Perhatikan kembali kualitas konten, trafik, kata kunci, dan yang lainnya sebelum memasang iklan kembali. Apabila dirasa situs Anda sudah meningkat daripada sebelumnya, maka silakan untuk memasang iklan AdSense kembali.

Tetapi, saran saya jangan dulu memasang iklan selama 2 minggu sampai 1 bulan. Pada waktu itu Anda fokus saja terhadap optimasi situs Anda apapun bentuknya.

8. Jangan lupa ibadah

Nah poin ini yang seringkali dilupakan, semuanya ini sudah ada yang mengatur maka Anda serahkan saja pada yang Maha mengatur segalanya. Silakan perbanyak ibadah dibandingkan di depan komputer karena poin ini juga akan menentukan keberhasilan usaha Anda.

Itulah 8 cara untuk mengatasi pembatasan iklan, saya harap hal ini bisa bermanfaat bagi Anda. Mohon beritahu apa yang terjadi ketika Anda menerapkan 8 poin di atas pada kolom komentar. Terimakasih...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914