Bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan layar laptop / komputer/ monitor yang terbalik (rotate) atau miring kembali ke tampilan dekstop seperti semula (menjadi normal) di Windows 7/8/10
KacaTeknologi.com - Bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan layar laptop / komputer yang terbalik atau miring kembali ke tampilan dekstop seperti semula (menjadi normal) di Windows 7/8/10. Terkadang ketika kita bermain komputer seringkali kita tidak sengaja menekan tombol pada keyboard yang akhirnya menyebabkan layar monitor menjadi terbalik (rotate).

Hal ini umum terjadi, karena saya sendiri pernah mengalaminya dan masalah ini bukanlah masalah yang serius. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya dalam waktu hitungan detik.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Semua Aplikasi "Has stopped working" di Windows 7/8/10

Banyak yang menganggap bahwa hal ini adalah masalah yang termasuk kepada kerusakan hardware, padahal sama sekali tidak ada kaitannya dengan hardware. Layar monitor terbalik disebabkan karena terubahnya pengaturan display yang ada pada Windows, jadi seharusnya pengaturan pada display diatur dalam mode landscape ketika terbalik maka berubah menjadi flipped.

Cara mengembalikan tampilan layar monitor laptop / PC yang terbalik


1. Menggunakan shortcut keyboard

Cara yang termudah diantara cara yang lain adalah dengan menekan variasi tombol yang terdapat pada keyboard. Anda hanya diharuskan untuk menekan tombol CTRL + ALT + Tanda Panah untuk mengubah tampilan layar monitor Anda kembali ke bentuk semula. Namun, terkadang cara ini tidak bekerja pada sebagian PC tetapi cara ini juga bekerja pada sebagian PC lainnya. 

Berikut tombol untuk mengembalikan tampilan desktop seperti semula:
  • CTRL + ALT + ↑ (Tanda Panah Atas): Tombol ini untuk mengubah layar monitor kembali menjadi normal dan tidak terbalik karena berputar 360°.
  • CTRL + ALT + ← (Tanda Panah Kiri): Variasi yang satu ini berfungsi untuk mengubah tampilan layar berputar 270°, berarti mengarah ke samping kiri.
  • CTRL + ALT + ↓ (Tanda Panah Bawah): Menekan tanda panah bawah akan mengubah tampilan layar berputar 180°, berarti mengarah ke bawah.
  • CTRL + ALT + → (Tanda Panah Kanan): Adapun tombol ini akan mengubah layar menjadi 90° yang mengarah ke samping kanan.

Mudahnya Anda bisa lihat tanda panahnya saja, apabila mengarah ke atas berarti Anda hanya perlu menggunakan tanda panah atas dan begitu seterusnya.

2. Menggunakan Graphic Options

Jika cara pertama tidak berhasil maka cara kedua mungkin berhasil bagi Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur rotation yang terdapat pada graphic options di Windows. Di sana terdapat empat pilihan utama yaitu Rotate to 0 Degress, Rotate to 90 Degress, Rotate to 180 Degress, Rotate to 270 Degress.

Berikut cara mengakses menu rotation pada graphic options di Windows:
  1. Klik kanan pada desktop komputer Anda.
  2. Pilih Graphic Options → Rotation.
  3. Bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan layar laptop / komputer/ monitor yang terbalik (rotate) atau miring kembali ke tampilan dekstop seperti semula (menjadi normal) di Windows 7/8/10
  4. Anda akan menemukan 4 pilihan dengan keterangan sebagai berikut:
    • Rotate to 0 Degress (Arah atas / normal)
    • Rotate to 90 Degress (Arah samping kanan)
    • Rotate to 180 Degress (Arah bawah)
    • Rotate to 270 Degress (Arah samping kiri)
  5. Jika ingin kembali ke normal maka bisa pilih Rotate to 0 Degress.

3. Menggunakan Screen resolution

Apabila cara kedua tidak di atas juga tidak bisa, maka Anda bisa gunakan screen resolution yang masih bawaan Windows. Menu graphic options memang tidak selalu ada pada setiap komputer, namun untuk cara ketiga ini biasanya selalu ada pada komputer. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ketiga ini.
  1. Masuk ke desktop, klik kanan → pilih Screen resolution.
  2. Bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan layar laptop / komputer/ monitor yang terbalik (rotate) atau miring kembali ke tampilan dekstop seperti semula (menjadi normal) di Windows 7/8/10
  3. Anda akan melihat menu orientation di sana dan akan terdapat beberapa macam pilihan.
  4. Bagaimana cara mengatasi dan mengembalikan layar laptop / komputer/ monitor yang terbalik (rotate) atau miring kembali ke tampilan dekstop seperti semula (menjadi normal) di Windows 7/8/10
    • Landscape (Mengarah ke atas / normal).
    • Portrait (Mengarah ke samping kanan).
    • Landscape flipped (Mengarah ke bawah).
    • Portrit flipped (Mengarah ke samping kiri).
  5. Silakan pilih Landscape agar tampilan desktop kembali normal, kemudian klik Apply lalu klik OK.

4. Menggunakan aplikasi iRotate

Cara alternatif terakhir adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga (3rd Party). Di sini Anda diharuskan untuk mengunduh aplikasi pemutar layar yang bisa bekerja pada platform Windows.
  1. Silakan unduh aplikasi bernama iRotate yang bisa Anda cari di internet.
  2. Instal dan jalankan aplikasi iRotate pada komputer Anda.
  3. Nanti akan muncul beberapa menu yang bisa Anda pilih.
    • Normal Landscape (Ctrl + Alt + Up) = layar akan mengarah ke atas / normal.
    • 90 Degrees (Ctrl + Alt + Left) = layar akan mengarah ke samping kiri.
    • 180 Degrees (Ctrl + Alt + Down) = layar akan mengarah ke samping kanan.
    • 270 Degrees (Ctrl + Alt + Right) = layar akan mengarah ke bawah (terbalik).
  4. Silakan Anda pilih Normal Landscape agar tampilan kembali normal.
  5. Atau, Anda bisa langsung klik ikon iRotate yang ada pada taskbar atau tray icon di pojok kanan bawah (berlambangkan segitiga kecil) kemudian memilih opsi yang sama seperti di atas.

Selain karena ketidak sengajaan dalam menekan tombol atau mengubah pengaturan sampai membuat tampilan layar monitor terbalik, sebenarnya terdapat juga keuntungan dalam membalikan layar. Contohnya seperti, dalam proses editing yang terkadang perlu membalik layar untuk melihat proporsinya, membaca bacaan yang panjang, atau memudahkan tampilan pada proyektor yang terbalik agar menjadi normal.

Terlepas dari itu semua, rotasi layar ini memang sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan orang namun sebaliknya terkadang justru menganggu karena kita tidak bisa menggunakan komputer dengan nyaman.

Terimakasih sudah berkunjung, saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan dan upvote agar orang lain tahu bahwa ini adalah artikel yang bermanfaat.