Apa perbedaan antara vpn dengan proxy dalam soal keamanan, biaya serta kecepatan akses dan kestabilan koneksinya. Lalu bagaimana cara kerja vpn dan proxy dalam mengirim data serta mana yang lebih baik untuk digunakan?.
KacaTeknologi.com - VPN dan server proxy adalah layanan yang keduanya saling melindungi identitas pengguna dan merupakan alat yang hebat untuk mengakses konten yang dibatasi oleh geo (lokasi), contohnya reddit yang diblokir di Indonesia namun bisa diakses di negara lain.

Kedua metode ini dikenal metode terbaik untuk menjaga identitas secara anonim, menyembunyikan pertukaran alamat IP dengan yang baru, menghubungkan Anda ke server jarak jauh dan memungkinkan Anda untuk terhubung ke dan menjelajahi web seolah-olah Anda berada di lokasi lain. Namun, kemampuan fungsi kedua teknologi tersebut berbeda satu sama lain. Di sini, postingan ini membahas Perbedaan Antara VPN dan Proxy yang tepat serta cara kerjanya.


Apa itu layanan VPN?

VPN juga dikenal sebagai Virtual Private Network adalah secure tunnel (jaringan pribadi/private network) antara dua perangkat atau lebih di Internet (jaringan publik). Ketika perangkat Anda (komputer, smartphone, tablet, atau lainnya) terhubung ke VPN, semua lalu lintas Anda dialihkan melalui secure tunnel yang mencegah pengintai, peretas, dan ISP melihat aktivitas penelusuran web, messaging, unduhan, informasi mengenai kartu kredit Anda atau apa pun yang Anda kirim melalui jaringan. Dengan kata lain, Ketika Anda terhubung ke internet melalui VPN, semua lalu lintas internet Anda dialihkan melalui server yang terenkripsi sehingga orang-orang tidak bisa memantau aktivitas Anda terutama ISP.
Apa perbedaan antara vpn dengan proxy dalam soal keamanan, biaya serta kecepatan akses dan kestabilan koneksinya. Lalu bagaimana cara kerja vpn dan proxy dalam mengirim data serta mana yang lebih baik untuk digunakan?.

Bagaimana cara kerja VPN?

Saat Anda menggunakan layanan VPN, Atau tersambung ke jaringan klien yang menggunakan VPN, maka data Anda akan dienkripsi, kemudian ISP tidak akan melihat data Anda yang sebenarnya. Sebagai contoh nih, Anda surfing ke situs reddit dengan tidak menggunakan VPN, hasilnya Anda diblokir dari pengaksesan karena memang jalannya diblokir ISP. Kemudian Anda mencoba mencari jalan alternatif lain yaitu menggunakan VPN, yang biasanya Anda melewati jalur yang diblokir ISP, kini Anda memilih jalur bawah tanah / terowongan yang jelas-jelas tidak diblokir ISP. Nah, jalur bawah tanah / terowongan tersebut berfungsi untuk mengenkripsi data Anda sehingga tidak bisa dipantau oleh ISP dan alhasil Anda bisa mengunjungi reddit tanpa pemblokiran.

Adapun cara kerja VPN yang lebih spesifik kurang lebih sebagai berikut:
  • Situs yang Anda tuju melihat server VPN sebagai asal lalu lintas, bukan jaringan Anda yang sebenarnya.
  • Tidak ada yang bisa (dengan mudah) mengidentifikasi Anda atau komputer Anda sebagai sumber data, atau apa yang Anda lakukan (situs web apa yang Anda kunjungi, data apa yang Anda transfer, dll.).
  • Data Anda dienkripsi, sehingga meskipun seseorang melihat apa yang Anda kirim, mereka hanya melihat informasi yang dienkripsi dan bukan data aslinya.

Apa itu Proxy Server ?

Server proxy bertindak sebagai penghubung antara situs web yang Anda kunjungi dengan perangkat Anda melalui perantara. Server proxy menyembunyikan alamat IP asli Anda sehingga situs web hanya melihat IP proxy. Namun, proxy hanya berfungsi pada tingkat aplikasi, artinya proxy hanya mengalihkan lalu lintas yang berasal dari satu aplikasi yang Anda gunakan dan mereka tidak mengenkripsi lalu lintas jaringan Anda.
Apa perbedaan antara vpn dengan proxy dalam soal keamanan, biaya serta kecepatan akses dan kestabilan koneksinya. Lalu bagaimana cara kerja vpn dan proxy dalam mengirim data serta mana yang lebih baik untuk digunakan?.

Ada tiga jenis utama dari server proxy:
  • HTTP Proxy - Ini hanya melayani halaman web. Jika Anda mengatur browser Anda dengan proxy HTTP, semua lalu lintas browser Anda akan dialihkan melalui itu. Mereka berguna untuk menjelajah web dan mengakses situs web yang dibatasi oleh lokasi/geo.
  • Proxy SOCKS - Proxy ini tidak terbatas pada lalu lintas web tetapi masih berfungsi pada tingkat aplikasi. Misalnya, Anda dapat mengaturnya di game, aplikasi streaming video, atau platform lainnya. Meskipun mereka dapat menangani semua jenis lalu lintas, mereka biasanya lebih lambat daripada proxy HTTP karena mereka memiliki beban yang lebih tinggi.
  • Transparent Proxy - Ini adalah jenis proxy yang berbeda karena penggunanya biasanya tidak mengetahui keberadaan mereka. Proxy ini dapat dibuat oleh orang yang ingin memantau aktivitas online pengguna dan memblokir akses ke situs web tertentu. Hotel, kafe, dan perusahaan biasanya menggunakannya. Salah satu contoh yang sering saya jumpai adalah, pada beberapa jaringan perusahaan ada yang memblokir akses terhadap Facebook pada jam kerja. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menghemat bandwidth.

Bagaimana cara kerja dari Proxy Server?

  • Saat Anda ingin terhubung ke server proxy, proxy akan menanyakan pengguna tentang host proxy yang akan dikoneksikan. Jadi kita mau connect ke proxy yang mana? lalu proxy akan meminta ID pengguna dan kata sandi yang diperlukan untuk mengakses layanan dari server proxy.
  • Sekarang Ketika Anda mengirim permintaan pada proxy misalkan surfing pada sebuah situs, maka permintaan Anda pergi ke server proxy terlebih dahulu.
  • Barulah server proxy membuat permintaan web atas nama Anda, mengumpulkan respons dari server web, dan meneruskan data halaman web agar Anda dapat melihat halaman di browser Anda.
  • Ketika server proxy meneruskan permintaan web Anda, itu dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim (contoh: jaringan teridentifikasi menggunakan proxy server) namun masih menampilkan informasi aslinya.

Perbedaan utama antara layanan VPN dan Proxy

  • VPN mengenkripsi lalu lintas Anda sementara server proxy tidak. Berarti, layanan VPN melindungi Anda dari pelacakan ISP, pengawasan pemerintah, dan peretas namun proxy sama sekali tidak memiliki perlindungan.
  • VPN bekerja pada level sistem operasi dan mengalihkan semua lalu lintas Anda, sementara proxy bekerja pada level aplikasi dan hanya mengalihkan lalu lintas aplikasi atau browser tertentu saja.
  • VPN bisa lebih lambat daripada proxy karena mereka perlu mengenkripsi data Anda terlebih dahulu. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna meningkatkan koneksi dan kecepatan internet Anda.
  • VPN yang bagus biasanya berbayar (saya sarankan Anda jangan mempercayai layanan gratis karena mereka memiliki keterbatasan dan cenderung untuk mencuri data dan informasi Anda) sementara server proxy gratis.
  • Koneksi VPN lebih dapat diandalkan kestabilannya sementara koneksi server proxy lebih sering down.

Kesimpulan

Jadi VPN dan Proxy sebenarnya tidak berbeda jauh dalam fungsinya, mereka sama-sama mengalihkan lalu lintas jaringan Anda dan juga menyembunyikan IP asli. Namun, jika dilihat dalam soal keamanan maka VPN yang menang. Alasannya karena VPN mengenkripsi data terlebih dahulu sebelum dikirim, berbeda dengan proxy yang tidak ada proses enkripsi di dalamnya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati karena VPN yang gratisan bisa saja mencuri data-data Anda.