Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
KacaTeknologi.com - Banyak orang yang sering mendapatkan pesan error "Destination Folder Access Denied - You need permission to perform this action" baik pada Windows 7, 8, atau 10. Hal ini terjadi biasanya ketika Anda mencoba untuk meng-copy dan paste file/folder, memindahkan file/folder dsb.

Adapun penyebab "Destination Folder Access Denied" ini muncul dikarenakan Anda tidak memiliki akses penuh terhadap komputer Anda, biasanya Anda menggunakan akun atau user yang tidak memiliki full control terhadap komputer/laptop Anda. Penyebab lainnya adalah, mungkin Anda baru saja melakukan update Windows sehingga sistem ingin mencoba memodifikasi file/folder yang ada pada sistem operasi yang lama.

Banyak penyebab lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu, karena setiap komputer memiliki masalah yang berbeda. Untuk itu silakan ikuti langkah-langkah mengatasinya di bawah ini.

Berikut cara mengatasi "Destination Folder Access Denied - You need permission to perform this action":

1. Cek Konektivitas dan Sharing File

Bisa jadi masalah ini muncul dikarenakan konektivitas pada jaringan lokal mengalami masalah sehingga Anda tidak bisa terhubung dengan baik. Selain itu, bisa jadi juga bahwa akun yang digunakan tidak memiliki akses penuh.
  1. Buka CMD lalu ketikkan ipconfig /all. Anda bisa cari berapa IP yang Anda gunakan pada laptop/komputer.
  2. Kemudian jalankan kode berikut pada CMD:
  3. ping -t 192.168.1.1
  4. Ganti kode berwarna merah di atas dengan IP komputer Anda kemudian tekan enter. Jika muncul pesan reply maka hal tersebut menunjukan bahwa Anda terknoneksi pada jaringan, jika tidak coba matikan windows firewall dan antivirus untuk langkah ini.
  5. Sekarang klik kanan pada file/folder yang digunakan dan pilih Properties.
  6. Masuk tab Sharing → Share.
  7. Ubah permission level menjadi Read/Write → Share.
  8. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
Baca Juga : 6 Cara Mengatasi "Unspecified Error Copying File or Folder" di Windows

2. Mengatur Izin untuk Akun Pengguna

Izin yang dibatasi akan menyebabkan file/folder tidak bisa dipindahkan atau di-copy. Oleh karena itu, Anda harus memberikan hak akses penuh terhadap file/folder yang akan Anda gunakan.
  1. Klik kanan pada file/folder yang akan Anda gunakan.
  2. Kemudian pilih Properties.
  3. Nanti akan muncul jendela baru, di sana Anda klik tab Security → akun Administrators → klik Edit.
  4. Akan muncul jendela baru lagi, di sini Anda pilih Authenticated Users dan centang allow pada kotak Full control.
  5. Klik Apply → OK.
  6. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.

3. Memindahkan Kepemilikan File/Folder

Ketidaktersediaan kepemilikan ke akun Anda dapat menyebabkan sistem membatasi Anda untuk memodifikasi file / folder yang dimaksud. Ini biasanya terjadi ketika folder di-copy dari komputer yang berbeda, atau terletak di drive eksternal. Untuk memiliki kepemilikan penuh, maka Anda harus log in dengan akun administrator.
  1. Masih lakukan cara yang sama dengan klik kanan pada file/folder yang digunakan lalu pilih Properties dan masuk tab Security.
  2. Pada tab Security, Anda pilih SYSTEM → klik Advanced.
  3. Nanti akan muncul jendela baru, klik SYSTEM lagi → pada bagian Owner klik Change. Pada beberapa versi Windows seperti Windows 7 Anda biasanya Anda harus masuk ke tab Owner terlebih dahulu kemudian klik Edit.
  4. Jika sudah, ketikkan "administrator" tanpa tanda petik pada bagian "Enter the object name to select" lalu klik Check Names terakhir klik OK.
  5. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
  6. Jika "administrator" tidak bisa ditemukan, maka sesuaikan dengan nama akun admin Anda.
  7. Silakan coba kembali untuk execute file/folder Anda.

4. Mematikan User Account Control (UAC)

UAC juga bisa mencegah Anda untuk melakukan perubahan pada direktori file di Windows. Jadi Anda harus mencoba untuk mematikannya dengan cara berikut.
  1. Masuk ke menu pencarian dan ketikkan "UAC" atau "User Account Control" tanpa tanda petik.
  2. Klik pada UAC untuk membukanya.
  3. Di sana terdapat slider di sebelah kirinya. Silakan geser slider  ke bawah sampai mendekati never notify.
  4. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
  5. Jika sudah silakan klik OK.

5. Menggunakan Advanced Sharing

Saat mengakses source file yang dibagikan di komputer lain, kita dapat menggunakan Advanced Sharing, hal ini akan memberikan lebih banyak kontrol atas apa saja yang dibagikan dengan siapa dan dengan tingkat akses apa.
  1. Klik kanan dan pilih Properties pada file/folder yang akan digunakan.
  2. Masuk ke tab Sharing → Share.
  3. Silakan isi/pilih menggunakan tanda panah kecil untuk nama komputer/nama pengguna yang ingin diberikan akses penuh terhadap file/folder Anda kemudian klik Add. Jika sudah terdaftar Anda bisa lewati langkah ini.
  4. Jika sudah didaftarkan, ganti "Permission Level" menjadi Read/Write kemudian klik Share Done.
  5. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
  6. Sekarang kembali ke tab Sharing pada Properties, silakan klik Advanced Sharing.
  7. Pada menu Advanced Sharing, centang kotak kecil yang bertuliskan "Share this folder".
  8. Klik Permissions lalu klik Add.
  9. Isikan nama komputer/nama pengguna pada kotak yang tersedia (pastikan hurufnya sesuai) klik Check Names lalu klik OK.
  10. Kembali ke tab Share Permissions, centang kotak Change dan Full control pada bagian Allow.
  11. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
  12. Silakan cek apakah masalah sudah bisa diatasi atau belum.

6. Menyalakan Network Discovery & File Sharing

Jika Anda mencoba mengakses atau memindahkan file/folder dari jaringan yang terkoneksi, pastikan Anda sudah menyalakan Network Discovery dan File Sharing di Windows.
  1. Masuk ke Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings.
  2. Pada bagian Private (Current Profile)/Home Work, pilih "Turn on network discovery", "Turn on file and printer sharing" dan "Turn on sharing so anyone with network access can read and write files in the Public folders".
  3. Cara mengatasi error Destination Folder Access Denied, you need permission to perform this action di Windows 7/8//10 saat copy & paste file/folder dan juga unspecified error.
  4. Klik Save changes untuk menyimpan perubahan.

7. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Pada tahap ini, kita akan coba untuk mengatasi "Destination Folder Access Denied" dengan cara mengubah kepemilikan/ownership dari folder/file melalui command prompt. Cara ini cocok jika beberapa cara di atas belum bisa mengatasi masalah Anda.
  1. Buka CMD dalam mode administrator.
  2. Ketikkan kode berikut:
  3. icacls “path of file” /grant %username%:F /t
  4. Kode berwarna merah di atas ganti dengan path/lokasi dari file/folder yang ingin diubah hak akses nya. Untuk mengetahuinya Anda bisa buka file/folder Anda dan copy pada bagian address bar di atasnya. Jika sudah tekan enter.
  5. Masih lakukan hal yang sama dengan menggunakan kode di bawah ini.
  6. takeown /f “path of file” /r
  7. Silakan cek apakah masalah masih muncul atau tidak.
Mungkin itu saja untuk mengatasi masalah ini, jika Anda mencoba caranya dari nomor 1 dan belum bisa mengatasi masalah Anda harap untuk mencobanya sampai nomor 7 karena kita tidak tahu dimana penyebab dari masalah Anda.

Selebihnya silakan berkomentar apabila masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih...