MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 Cara Mengatasi Kursor Laptop yang Hilang di Windows 7, 8, & 10

Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
KacaTeknologi.com - Apakah Anda pernah mengalami kursor/pointer laptop yang hilang? lalu bagaimana cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, dsb.

Kursor laptop yang tidak muncul ini memang akan merepotkan dikarenakan Anda tidak bisa mengoperasikan laptop dengan biasanya. Terlebih lagi jika Anda tidak sedang menggunakan mouse, maka hal ini akan membuat Anda bingung.

Sebenarnya, banyak penyebab dari kursor laptop yang hilang ini antara lain seperti, driver yang tidak kompatibel, pengaturan mouse yang salah, perangkat mouse yang dinonaktifkan, atau adanya shortcut yang mencegah mouse untuk aktif dan masih banyak lagi.

Jika Anda tidak bisa menggerakan kursor sama sekali dengan touchpad maka Anda bisa menggunakan perangkat eksternal yaitu mouse, namun Anda juga bisa memanfaatkan keyboard dalam mengoperasikan laptop/komputer Anda.

Namun, jika kursor sama sekali hilang maka untuk setiap perpindahan area, Anda bisa gunakan tombol Tab dan untuk perpindahan bagian/menu pada area tersebut maka bisa gunakan arah/panah pada keyboard.

Berikut cara memunculkan kursor laptop yang hilang pada Windows:


1. Menggunakan Shortcut Pada Keyboard

Banyak pengguna secara tidak sengaja mematikan pointer mouse melalui keyboard mereka. Tombol F5 umumnya digunakan untuk menonaktifkan mouse, jadi cobalah menekan F5. Jika itu tidak berhasil maka coba (tombol fungsi) dengan menambahkan (FN) seperti FN + F5 atau FN + F9 jika Anda menggunakan laptop ASUS, FN + F7 jika Anda menggunakan laptop Acer dan FN + F8 jika Anda menggunakan laptop Lenovo.

Baca Juga : Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Pada Windows [Semua Merek Laptop]

Perlu Anda ketahui bahwa shortcut pada setiap laptop itu berbeda, jadi silakan Anda mencoba menekan tombol fungsi satu persatu baik dengan menekan FN atau tidak. Biasanya pada beberapa merk laptop, seringkali terdapat ikon/logo dari touchpad jadi Anda bisa langsung menentukan tombol mana yang berfungsi untuk menonaktifkan dan mengaktifkan touchpad/mouse laptop.

2. Mengaktifkan Perangkat Mouse

Metode ini digunakan untuk memperbaiki masalah dengan mengaktifkan perangkat mouse Anda. Terkadang, perangkat mouse dinonaktifkan baik secara tidak sengaja atau sengaja. Mengaturnya kembali untuk diaktifkan sebagian besar akan memecahkan masalah ini. 

Saya di sini menganggap bahwa Anda tidak bisa menggunakan kursor, oleh karena itu kita coba menggunakan keyboard dalam langkah-langkahnya.
  1. Tekan ikon Windows pada keyboard.
  2. Ketikkan Settings kemudian tekan enter untuk masuk ke pengaturan.
  3. Setelah itu gunakan tab/arah pada keyboard untuk mengakses menu PC and devices.
  4. Pada menu PC and devices, pilih Mouse & touchpad → Additional mouse options → Touchpad → Enable Device → klik Apply lalu OK.
  5. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
Jika tidak terdapat tombol Enable pada menu Touchpad, Anda bisa cek pada menu bernama Device Settings.

3. Nonaktifkan Hide Pointer While Typing

  1. Tekan Windows + R pada keyboard.
  2. Nanti akan muncul jendela kecil, ketikkan main.cpl kemudian tekan enter.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke jendela Mouse Properties dan pada menu tersebut silakan Anda menuju ke tab Pointer Options.
  4. Pada tab Pointer Options, tekan tombol tab sampai pada checkbox yang bertuliskan "Hide pointer while typing".
  5. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa tekan tombol spasi pada keyboard sampai tanda ceklis-nya hilang.
  6. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  7. Alternatifnya, Anda bisa aktifkan fitur "Show location of pointer when i press CTRL key" hal ini berfungsi untuk mengetahui di mana posisi kursor ketika Anda menekan tombol CTRL.
  8. Arahkan ke tombol Apply lalu tekan enter kemudian lakukan hal yang sama pada tombol OK.

4.  Update Driver Mouse

Terkadang, masalahnya berada pada driver mouse. Anda mungkin memiliki driver mouse yang tidak kompatibel dengan sistem Windows yang digunakan. Akhirnya hal ini menyebabkan kursor/pointer laptop menjadi hilang. Maka dari itu, Anda diharuskan untuk melakukan update driver mouse untuk mengatasi masalah ini.

Pada proses update ini terdapat dua cara, yaitu menggunakan cara otomatis dan cara manual. Untuk cara otomatis terkadang bisa bekerja bisa tidak, namun menurut pengalaman saya cara otomatis untuk update driver jarang sekali bisa mengatasi masalah. Jika memang demikian, Anda harus update driver mouse dengan cara manual.

Cara update driver mouse laptop secara otomatis:

  1. Tekan Windows + R.
  2. Ketikkan devmgmt.msc kemudian tekan enter.
  3. Anda akan diarahkan ke jendela Device Manager, di sana terdapat banyak driver-driver dari perangkat yang terpasang dan terhubung dengan komputer Anda. Sekarang, gunakan panah bawah sampai pada menu "Mice and other pointing devices".
  4. Setelah itu, tekan panah kanan untuk membuka menu dropdown dan Anda akan melihat daftar driver yang terpasang untuk mouse.
  5. Silakan pilih driver yang bernama "HID-compliant mouse" kemudian tekan enter.
  6. Tekan tombol tab sampai pada menu bagian atas, kemudian arahkan ke tab Driver.
  7. Tekan tombol tab lagi sampai tombol Update Driver lalu tekan enter kembali.
  8. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  9. Setelah Anda menekan tombol Update Driver, nanti akan muncul jendela baru dengan pilihan "Search automatically for updated driver software" dan "Browse my computer for driver software". Untuk ini silakan Anda pilih yang pertama.
  10. Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian dan pemasangan driver selesai.

Cara update driver mouse dengan cara manual:

  1. Unduh driver mouse/touchpad sesuai jenis merk laptop yang digunakan. Saya sarankan Anda untuk mengunduh pada situs resminya demi mencegah infeksi virus, karena driver yang bukan dari situs resmi seringkali sudah dimodifikasi.
  2. Kemudian setelah proses pengunduhan berhasil, Anda cukup instal seperti Anda menginstal aplikasi dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  3. Apabila sudah selesai, silakan restart laptop/komputer Anda agar driver otomatis diperbarui dan diterapkan oleh sistem.
  4. Cek apakah kursor sudah muncul atau belum.

5. Roll Back Driver Mouse

Jika kita tadi membahas tentang update maka sekarang saatnya untuk roll back. Rollback driver adalah fitur yang diciptakan oleh Windows untuk mengembalikan driver yang baru saja di-update agar kembali ke driver asal.

Cara ini cocok apabila Anda mengalami error setelah memperbarui driver-driver perangkat Anda khususnya driver untuk mouse. Mungkin saja driver yang baru Anda instal tidak kompatibel dengan laptop Anda atau mungkin masih memiliki bug, oleh karena itu roll back driver harus dilakukan untuk mengetahui apakah cara ini bekerja bagi Anda.
  1. Tekan Windows + R.
  2. Ketikkan devmgmt.msc kemudian tekan enter.
  3. Masih lakukan cara yang sama, yaitu dengan membuka menu dropdown dari menu "Mice and other pointing devices" menggunakan panah dan tab.
  4. Pada tahap ini driver yang akan dikembalikan ke versi awal masih sama yaitu "HID-compliant mouse" tekan enter pada driver tersebut.
  5. Pindah ke tab driver, kemudian pilih Roll Back Driver.
  6. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  7. Jika diminta alasan mengapa Anda melakukan Roll Back Driver, maka cukup pilih salah satu dari opsi alasan yang tertera kemudian klik Yes/OK.

6. Menggunakan Driver Pack

Jika Anda tidak mau repot perihal update & roll back pada driver, maka saya sarankan Anda untuk menggunakan paket driver. Paket driver ini banyak jenisnya dan yang paling terkenal adalah DriverPack Solution.

Kekurangan menggunakan DriverPack ini adalah ukuran file-nya yang besar, untuk versi terbaru kurang lebih sampai 15GB. Namun, versi-versi lama ada yang kurang dari 6GB bahkan kurang dari 3GB hanya saja tentunya driver yang akan terpasang adalah driver yang lama juga. 

Sebenarnya DriverPack ini cocok untuk Anda yang baru saja melakukan instalasi ulang Windows karena Anda tidak perlu mengintsal driver nya secara manual. Namun, apa salahnya bukan jika Anda menggunakan DriverPack untuk mengatasi masalah ini? karena beberapa pengguna Windows mengatakan bahwa menggunakan paket driver juga berhasil mengatasi masalah kursor/pointer laptop yang hilang.
  1. Unduh DriverPack Solution.
  2. Buka aplikasi DriverPack, kemudian Anda bisa instal driver yang diinginkan atau bisa juga instal semua driver dengan mengklik tombol Install automatically.
  3. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  4. Selanjutnya, tunggu sampai proses instalasi selesai. Lamanya proses tergantung banyaknya driver yang diinstal.
  5. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  6. Apabila sudah selesai, biasanya akan muncul pemberitahuan "The drivers have been installed!" kemudian Anda cukup klik Finish.
  7. Bagaimana cara mengatasi kursor/pointer laptop yang hilang? dan cara memunculkan serta mengembalikan kursor laptop yang hilang pada Windows 7,8,10 dan pada laptop Asus, Acer, Lenovo, HP, Dell, Sony.
  8. Silakan restart laptop Anda, dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

Kesimpulan

Dari berbagai cara yang dijelaskan di atas semuanya bekerja pada setiap masalah, yang membedakan adalah apa penyebab kursor laptop Anda tidak muncul? jika penyebabnya dikarenakan tidak diaktifkan maka Anda bisa gunakan cara no. 1 dan no. 2 begitu juga seterusnya. Jika ternyata beberapa cara yang Anda coba masih belum bisa mengatasi masalah, silakan Anda coba sampai cara terakhir. Jika tidak bisa juga silakan Anda berkomentar dan kami akan membantu sebisa kami.

Terima kasih sudah berkunjung, mohon bagikan artikel ini jika bermanfaat...
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914