Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
KacaTeknologi.com - Kali ini saya membahas tentang error yang muncul pada flashdisk atau harddisk eksternal dengan pesan "F:\ Application Not Found" di Windows 7/8/10 yang menyebabkan drive menjadi tidak dapat digunakan padahal jika dicek kondisi fisik semuanya masih dalam keadaan baik.

Penyebab "Application Not Found":
  • Adanya kesalahan letter (huruf drive) sehingga tidak dapat terbaca oleh sistem.
  • Terdapat pengaturan pada Windows yang menyebabkan error muncul seperti Autoplay.
  • Flashdisk / drive sudah tidak layak pakai.
Jika kondisi drive Anda masih baik-baik saja maka Anda bisa coba ikuti cara yang dijelaskan pada artikel ini, namun jika kondisinya buruk silakan untuk memperbaikinya seperti, membersihkan kotoran/debu yang terdapat pada flashdisk dan sebagainya.

Berikut adalah cara mengatasi "Application Not Found" pada flashdisk / harddisk eksternal di Windows:

1. Gunakan Populate Option

Pengguna banyak yang melaporkan bahwa pesan error muncul setiap kali ingin memasukkan DVD, flashdisk atau drive lainnya. Hal ini menyebabkan pengguna tidak dapat mengakses drive yang digunakan. Berikut cara untuk menggunakan populate option:
  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan pada drive yang tidak terbaca kemudian klik Properties.
  3. Masuk ke tab Hardware → klik pada drive yang digunakan → klik Properties.
  4. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
  5. Selanjutnya, akan muncul jendela baru dan kita pindah ke tab Volumes kemudian klik Populate.
  6. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
  7. Silakan restart PC Anda dan cek kembali apakah masalah berhasil diatasi.

2. Mengubah Pengaturan Autoplay

Autoplay sendiri sebenarnya sering Anda temui ketika memasukkan drive ke komputer Anda. Fitur ini berfungsi untuk memutar multimedia dengan cepat, melihat file yang ada di dalamnya atau untuk memindai virus. Namun banyak pengguna yang melaporkan bahwa autoplay ini bisa menyebabkan pesan "Application Not Found" muncul sehingga mereka memilih untuk menonaktifkannya.
  1. Buka This PC.
  2. Klik kanan pada drive / flashdisk yang akan dinonaktifkan auto play-nya kemudian klik Open Autoplay.
  3. Terakhir klik Take no action.
  4. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.

3. Mengganti Pengaturan Autoplay Menjadi Ask Me Every Time

Perlu Anda ketahui bahwa menggunakan take no action untuk mengatasi masalah ini mungkin bisa bekerja bagi sebagian orang dan sebagian lagi tidak. Oleh karena itu, Anda juga perlu mencoba pengaturan Autoplay menjadi Ask me every time. Berikut caranya:
  1. Buka Control Panel.
  2. Cari Autoplay atau Anda bisa ketikkan Autoplay pada kotak pencarian. Untuk path-nya Anda bisa ikuti Control Panel\Hardware and Sound\AutoPlay.
  3. Pada bagian Removable drive ubah menjadi Ask me every time.
  4. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
  5. Selanjutnya, klik save untuk menyimpan pengaturan dan silakan cek apakah error masih muncul atau tidak.

4. Mengganti Drive Letter

Error ini juga bisa disebabkan karena ketidaksesuaian letter drive sehingga menyebabkan drive menjadi tidak terbaca. Jika Anda tahu akan letter dari drive sebelumnya maka saya sarankan untuk menggantinya ke huruf semula misalkan, dari F: ke G:. Namun, jika Anda tidak tahu huruf apa yang ada pada drive Anda sebelumnya maka Anda bisa ganti menjadi huruf baru saja.
  1. Tekan Windows + X kemudian klik Disk Management.
  2. Klik kanan pada DVD drive atau removable drive Anda kemudian Change Drive Letter and Paths.
  3. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
  4. Klik Change lalu pilih huruf baru untuk drive Anda.
  5. Cara mengatasi error "Application Not Found" pada Flashdisk / harddisk eksternal padahal kondisi flashdisk masih bagus di Windows 7/8/10.
  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
Setelah mengganti letter dari drive Anda, seharusnya pesan error sudah tidak muncul lagi.

Ok, that's all folks. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda, jangan sungkan untuk memberitahu kami jika Anda memilik cara lain yang dapat mengatasi error ini melalui kolom komentar yaa..