Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
KacaTeknologi.com - Pernahkah Anda mencoba men-setting IP Address atau menerima alamat IP secara otomatis (DHCP) kemudian malah mendapatkan pesan "Windows has detected an IP address conflict" ? Jika iya, maka artikel ini akan membantu Anda untuk memperbaiki masalah tersebut.

Adapun pesan selengkapnya adalah sebagai berikut:
Network Error
Windows has detected an IP address conflict

"Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log." 
Pada kutipan kalimat pertama menyatakan bahwa perangkat komputer yang lain pada jaringan yang sama memiliki IP Address seperti yang ada pada komputer ini. Nah jadi dapat kita simpulkan bahwa IP pada komputer kita ini bentrok dengan alamat IP komputer lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mobile Network Not Available Pada Android

Namun, hal ini tidak hanya pada komputer saja dan berlaku juga untuk koneksi wireless seperti Wi-Fi. Selain itu, pada smartphone juga tidak menutup kemungkinan terpengaruh oleh masalah ini. Lalu jika IP Address-nya sama, apakah bisa connect ke internet? Tentu saja tidak bisa, karena setiap perangkat harus memiliki masing-masing alamatnya agar bisa terkoneksi ke internet.

Cara Memperbaiki IP Conflict di Windows

Ada beberapa cara yang saya berikan di bawah ini, silakan dicoba satu persatu untuk mengatasi masalah yang sedang Anda alami. Berikut adalah cara mengatasi "Windows has detected an IP address conflict" di Windows:

1. Setting Dengan IP Static

Biasanya jika Anda terkoneksi ke suatu jaringan maka Anda akan mendapatkan alamat IP DHCP (otomatis) sehingga Anda tidak perlu mengatur alamat IP sendiri agar bisa terkoneksi. Masalahnya, dikarenakan IP DHCP ini memberikan alamat secara acak terkadang menyebabkan terjadinya bentrok alamat IP yang berakibat tidak bisa terkoneksinya perangkat pada jaringan. Berikut adalah cara setting IP Address secara static:
  1. Silakan buka Control Panel\Network and Internet\Network Connections.
  2. Klik dua kali pada koneksi yang terhubung (ethernet/Wi-Fi).
  3. Setelah itu, klik Properties.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  5. Pilih Use the following IP address dan isikan alamat IP yang sesuai dengan alamat IP jaringan Anda.
    • Dalam mengisi host (192.168.1.199) saya sarankan gunakan angka yang jarang dipakai contohnya seperti yang saya gunakan adalah ratusan.
    Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Bagaimana Cara Mengetahui Subnet dan Default Gateway Dalam Jaringan?

Jika Anda bingung dalam pengisian default gateway dan subnetwork-nya, saya memiliki tips untuk mengetahuinya. Berikut caranya:
  1. Masih masuk ke Control Panel\Network and Internet\Network Connections.
  2. Lakukan cara yang sama seperti di atas, hanya saja kita tidak memilih Use the following IP address namun di sini kita gunakan Obtain an IP address automatically kemudian klik OK.
  3. Jika terdeteksi IP Conflict biarkan saja dan tunggu beberapa saat sampai proses request alamat IP selesai.
  4. Klik dua kali lagi pada interface koneksi Anda, kemudian klik Details.
  5. Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
  6. Anda akan melihat alamat gateway, dns dll pada jendela baru.
  7. Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
  8. Jika ternyata IP Gateway-nya adalah 192.168.2.1, maka dalam pengisian IP Address bisa diikuti 192.168.2.199 (pastikan subnet-nya sama dan host nya berbeda).

2. Reset IP DHCP Dengan CMD

Jika Anda tidak mau repot-repot mengubah mode DHCP ke Static, saya sarankan gunakan cara kedua ini yaitu dengan me-reset alamat IP DHCP pada Command Prompt (CMD). Berikut adalah cara reset IP DHCP:
  1. Buka CMD dalam mode administrator.
  2. Ketikkan kode di bawah ini  dan tekan enter pada setiap baris kode.
  3. 1. ipconfig /release
    2. ipconfig /renew
    Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
  4. Silakan cek apakah IP masih bentrok atau tidak.

3. Cabut Kabel atau Forget Network

Masalah juga sering terjadi pada jaringan yang terkoneksi, biasanya ini disebabkan karena ada masalah dalam proses autentifikasi. Untuk Anda pengguna komputer yang menggunakan kabel sebagai koneksinya silakan cabut terlebih dahulu kemudian colokkan lagi kabelnya dan lihat apakah masalah sudah teratasi.

Jika Anda adalah pengguna Wi-Fi baik laptop/Android maka saya sarankan untuk melupakan jaringan/forget network. Adapun cara forget network di laptop adalah sebagai berikut:
  1. Klik ikon internet/wireless yang ada di pojok kanan bawah laptop Anda.
  2. Pastikan Wi-Fi dalam keadaan ON kemudian klik kanan pada Wi-Fi yang terhubung selanjutnya klik Forget this network.
  3. Cara Mengatasi Network Error Windows has detected an IP address conflict "Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log."
  4. Silakan coba untuk mengkoneksikan perangkat pada Wi-Fi kembali.

Adapun cara forget network pada Android, reset network settings, dan konfigurasi IP Address dalam mengatasi masalah ini bisa Anda lihat di sini : Cara Mengatasi Wi-Fi Android Error.

4. Mulai Ulang Modem / Router

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan restart modem/router yang digunakan. Ini sudah menjadi hal umum bahwa terkadang modem seringkali error sehingga tidak dapat memberikan alamat IP yang benar. Adapun dalam proses restart ini Anda cukup menekan tombol power untuk mematikannya dan tunggu beberapa saat sebelum modem dinyalakan kembali.

Nah mungkin itu saja untuk mengatasi IP Address yang bentrok/conflict ini, saya harap artikel ini dapat segera mengatasi masalah Anda. Mohon berikan komentar yang positif dan bagikan artikel ini jika membantu. Terima kasih...