Apa itu Winbox dan Fungsinya? Pengertian Winbox adalah tool yang diciptakan untuk untuk me-remote Mikrotik. Download aplikasi Winbox versi terbaru v 3.12, 3.17, 3.18, dan 3.19 untuk Windows, Mac OS dan Linux.
KacaTeknologi.com - Tutorial Mikrotik: Belajar Mikrotik dari dasar sampai mahir bagian #3.

Sebelum kita melanjutkan ke tahap untuk mengakses router Mikrotik alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan yang namanya Winbox. Winbox ini sudah menjadi alat andalan untuk para network administrator dalam pengkonfigurasian Mikrotik.
Selain tampilan yang user friendly Winbox juga membantu kita menjadi lebih mudah dalam menggunakan Mikrotik dan memahami isinya.

Pengertian Winbox

Apa itu Winbox dan Fungsinya? Pengertian Winbox adalah tool yang diciptakan untuk untuk me-remote Mikrotik. Download aplikasi Winbox versi terbaru v 3.12, 3.17, 3.18, dan 3.19 untuk Windows, Mac OS dan Linux.
Apa itu Winbox? Pengertian Winbox adalah sebuah tool yang diciptakan untuk untuk me-remote router Mikrotik menggunakan mode GUI (Graphical User Interface) melalui sistem operasi yang digunakan seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Baca Juga: Pengertian Mikrotik, Fungsi, Jenis, Fitur, Cara Kerja dan Sejarahnya

Fungsi dan Kelebihan Winbox

Seperti yang kita ketahui fungsi utamanya adalah untuk remoting router Mikrotik agar dapat digunakan. Namun, di sisi lain Winbox ini memiliki beberapa fungsi/manfaat lainnya, anatara lain:
  • Memudahkan para network administrator dalam mengkonfigurasi Mikrotik.
  • Menghemat waktu karena kita lebih mudah menemukan fitur-fitur Mikrotik dengan tombol yang tersedia.
  • Tidak perlu bingung memikirkan script sehingga cocok untuk digunakan oleh pemula.
  • Ukuran aplikasi Winbox sangat kecil hanya berkisar sekian MB saja sehingga tidak akan membuat PC/laptop menjadi berat.
  • Aplikasi yang portable, artinya tidak perlu melakukan instal pada komputer yang belum terpasang Winbox. Anda hanya cukup copy-paste saja dan Winbox dapat digunakan.
  • Mendukung versi 64 dan 32 bit.

Kekurangan Winbox

Sedikit sekali untuk menguraikan kekurangannya karena memang aplikasi ini hampir tidak ada kekurangannya. Mungkin saya akan mencoba menjelaskan kekurangan Winbox secara umum.
  • Membuat pengguna Mikrotik menjadi ketergantungan pada mode GUI sehingga sulit dan bingung ketika dihadapkan dengan mode CLI (text).
  • Seringkali terdapat error yaitu tidak bisa login menggunakan IP Address atau MAC Address.
  • Terkadang membingungkan jika banyak router tanpa identitas terdeteksi pada Winbox dan kita tidak tahu dari IP router yang kita maksud.

Download Winbox Mikrotik Terbaru


Mikrotik Winbox For Windows & Linux


Versi 64 Bit

Versi 32 Bit


Mikrotik Winbox For Mac OS


Cara Instalasi Winbox

Agar dapat menggunakan Winbox, Anda tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu karena sifat dari aplikasi ini portbale. Jika Anda sudah mengunduh Winbox dan ingin diinstal pada perangkat yang lain maka Anda cukup "copas" saja aplikasinya kemudian jalankan.
  1. Silakan buka file lokasi di mana Winbox berada.
  2. Kemudian klik kanan → lalu klik Run as administrator.
  3. Apa itu Winbox dan Fungsinya? Pengertian Winbox adalah tool yang diciptakan untuk untuk me-remote Mikrotik. Download aplikasi Winbox versi terbaru v 3.12, 3.17, 3.18, dan 3.19 untuk Windows, Mac OS dan Linux.
  4. Jika sudah dijalankan, maka nanti Winbox akan otomatis terbuka dan mendeteksi router Mikrotik apabila sudah ada yang terhubung dengan perangkat yang Anda gunakan.
  5. Apa itu Winbox dan Fungsinya? Pengertian Winbox adalah tool yang diciptakan untuk untuk me-remote Mikrotik. Download aplikasi Winbox versi terbaru v 3.12, 3.17, 3.18, dan 3.19 untuk Windows, Mac OS dan Linux.
  6. Terakhir cukup klik MAC Address atau IP Address kemudian klik Connect jika Anda ingin menghubungkan Mikrotik dengan Winbox.

Mungkin itu saja mengenai Winbox kali ini. Selanjutnya kita akan bahas lebih dalam tentang cara penggunaan Mikrotik menggunakan tools yang ada. Mohon bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih...

Artikel selanjutnya: Cara Masuk ke Mikrotik Menggunakan Winbox, Telnet, SSH & Webfig